5 Kesalahan Keuangan Anak Kos yang Sering Menyebabkan Gaji Habis

Tengah bulan menjadi momen yang menyedihkan bagi sebagian anak kos. Meratapi tengah bulan hingga akhir bulan dengan dompet kosong sudah menjadi hal wajar bagi anak kos yang tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Jika kamu tidak ingin menjadi bagian dari anak kos yang sering meratapi isi dompet di tengah bulan dan terpaksa berutang hanya demi mengisi perut untuk makan, tentu kamu harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Bagaimana caranya? Pastikan kamu menghindari kesalahan keuangan anak kos yang sering dilakukan dan membuat gaji habis di tengah bulan.

Di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari mulai hari ini agar terbebas dari masalah keuangan di tengah bulan

Tidak memiliki catatan anggaran pengeluaran bulanan

Ketika kamu tidak memiliki catatan anggaran keuangan belanja bulanan, apa yang bisa kamu harapkan? Kamu tidak akan mengetahui kemana uang kamu pergi, apa saja kebutuhan yang sudah terpenuhi, dan sebagainya.

Dengan memiliki anggaran belanja bulanan, kamu akan lebih mudah mengalokasikan setiap uangmu ke pos-pos yang tepat. Sehingga, nantinya semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik. Jika tidak ada anggaran, maka bisa saja uangmu habis untuk hal yang sebenarnya tidak penting.

Kebiasaan menunda bayar tagihan

Sebagai anak kos, tentu akan ada banyak biaya-biaya yang harus kamu penuhi setiap gajian. Misalnya saja biaya sewa kos, biaya internet, biaya listrik, dan sebagainya. Nah, kesalahan yang sering dilakukan anak kos adalah menunda kewajiban tersebut dengan alasan “ah jatuh temponya masih minggu depan”.

Jika hal ini sering dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan uang yang seharusnya kamu gunakan untuk membayar kewajiban tersebut akhirnya terpakai untuk kebutuhan lain yang tidak penting. Apalagi jika kamu termasuk orang yang mudah tergoda dengan banyak hal seperti diskon, nongkrong bareng teman, dan sebagainya. Jika sudah begini, maka uangmu akan habis dan kewajibanmu pun tidak akan terpenuhi.

Tarik tunai dalam jumlah besar dan membawa uang cash ke mana-mana

Mengambil uang cash sekaligus banyak di ATM memang bisa menghemat waktu dan tenaga. Namun, jika kamu bukan tipe orang yang bisa mengontrol keuangan, hal ini juga sangat berisiko, mulai dari risiko hilang atau terpakai di luar rencana keuangan. Kebiasaan membawa uang dalam jumlah banyak seperti inilah yang akan membuatmu cenderung lebih boros dan membelanjakan uang untuk hal-hal yang mungkin sama sekali tidak penting. Jadi bagi kamu yang ingin coba mengelola keuangan dengan baik, cobalah mulai dengan mengambil cash seperlunya. 

Mudah terpengaruh gaya hidup FOMO

Bersosialisasi dengan orang lain memang penting dan menjadi kebutuhan. Namun, kamu mesti berhati-hati agar tidak terbawa suasana dan jadi asal menggunakan uangmu tanpa melihat keuanganmu sendiri.

Perlu dipahami bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Mungkin saja teman-temanmu memiliki dana yang cukup untuk melakukan gaya hidup seperti itu, namun apakah keuangan dan kebutuhanmu sama dengan mereka? Jadi pastikan untuk cek kembali keuanganmu sebelum kamu FOMO.

Belanja bulanan sedikit tapi sering

Umumnya, setelah gajian tiba anak kos akan membeli kebutuhannya untuk sebulan penuh. Pastikan kamu membelanjakan kebutuhanmu secara sekaligus untuk kebutuhan 1 bulan setelah gajian. Hindari untuk melakukan belanja bulanan secara berulang, karena besar kemungkinan kamu akan melakukan pemborosan dengan membeli lebih banyak barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Namun, pastikan kamu membelanjakan uang dengan bijak sesuai anggaran yang telah kamu buat. Sehingga kamu tidak membelanjakan sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Itulah beberapa kesalahan yang wajib kamu hindari agar gajimu tetap bertahan hingga tanggal gajian tiba. Namun, meski sudah menghindari kesalahan di atas dan sudah mengelola keuangan dengan baik, ada kalanya juga tiba-tiba masalah datang dan membutuhkan dana darurat.

Misalnya saja ketika motor tiba-tiba mogok dan butuh service, tiba-tiba sakit dan butuh biaya darurat sebelum biaya tersebut diganti perusahaan, dan masih banyak lagi. Nah, jika masalah ini datang menghampiri jangan panik dan terburu-buru meminjam uang. Karena sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji sebelum tanggal gajian yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Sehingga kamu tidak perlu mengajukan pinjaman atau mengambil tabungan yang sudah kamu persiapkan.