4 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Memenuhi Biaya Kesehatan Darurat

Setiap tahunnya, biaya kesehatan kian meningkat. Kita juga tidak bisa memperkirakan kapan risiko kesehatan terjadi pada diri kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan dana darurat kesehatan sebelum sakit. Apalagi di musim pandemi seperti saat ini yang membawa kita pada perubahan dalam cara menjalankan hidup dan beraktivitas.

Tidak hanya masalah melindungi diri dari paparan virus COVID-19 ini, namun kita juga dituntut untuk berubah dan menyesuaikan diri, baik dalam gaya hidup, ekonomi dan keuangan, maupun interaksi sosial masyarakat. Apalagi di masa pandemi ini kita tidak hanya perlu  memenuhi kebutuhan pokok, namun juga kebutuhan kesehatan seperti untuk belanja vitamin, masker, hand sanitizer, termasuk tes COVID-19.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempersiapkan dana kesehatan yang bisa kamu manfaatkan ketika nanti terjadi masalah kesehatan darurat atau mendadak. Namun, bagaimana cara mempersiapkan dana kesehatan dengan tepat? DI bawah ini adalah beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan biaya kesehatan agar tidak khawatir jika suatu saat nanti terjadi masalah kesehatan darurat.

Nabung Ketika Sehat

Ketika kamu masih sehat, maka inilah waktu yang tepat untuk kamu mempersiapkan tabungan yang dialokasikan untuk biaya kesehatan. Tidak perlu banyak, namun penting untuk dilakukan secara konsisten dengan menyisihkan penghasilan setiap bulannya secara berkala.

Rumus ini berlaku bagi siapapun, baik kamu yang sudah atau belum memiliki jaminan kesehatan seperti BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan, atau health benefit dari perusahaan tempat kamu bekerja.

Menurut Prita Hapsari Ghozie, seorang perencana keuangan, kamu bisa coba menyisihkan minimal 30% dari pendapatan bulanan untuk saving, yang di dalamnya dibagi-bagi lagi untuk dana darurat, tabungan, dan investasi. Namun, Prita pun menambahkan bahwa kamu pun harus konsisten menabung setiap ada penghasilan. Nah, dana inilah yang bisa kamu gunakan untuk dana darurat, termasuk ketika kamu butuh perawatan atau tindakan medis ketika sakit.

Medical Checkup Berkala

Melakukan medical checkup secara berkala juga bisa membantu kamu memastikan risiko penyakit yang mungkin kamu hadapi. Sehingga, kamu bisa mempersiapkan hal-hal yang diperlukan, termasuk biaya untuk penanganannya. Jika kamu merasa biaya medical checkup lengkap terlalu berat, minimal kamu bisa mengecek kesehatan rutin dengan medical checkup standar seperti mengukur gula darah, tekanan darah, berat badan, dan sebagainya.  Kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, menjaga asupan makanan dan minuman yang sehat, dan konsumsi multivitamin berkala.

Mendaftar Asuransi Kesehatan

Selain jaminan kesehatan dari BPJS dan health benefit dari kantor, kamu juga bisa melengkapi “tabungan” untuk biaya kesehatan dengan mendaftarkan diri dan keluarga ke asuransi kesehatan swatra. Pilihlah asuransi sesuai dengan kebutuhan kamu, namun tetap pastikan jenis asuransi tersebut juga sesuai dengan budget yang kamu miliki. Selain itu, pastikan juga asuransi yang kamu pilih telah memiliki jaminan perlindungan yang memadai, termasuk fasilitas rawat inap, penyakit kritis, bahkan fasilitas medical check-up

Akses Gaji di Luar Tanggal Gajian

Banyak orang yang mengandalkan gaji bulanan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk kebutuhan darurat kesehatan. Sayangnya, kebanyakan orang baru bisa menikmati gaji setiap akhir bulan. Sedangkan, kita tidak ada yang tau kapan kita bisa sakit. Jika ini terjadi, kita pun tidak bisa menunggu akhir bulan hanya untuk berobat.

Jika hal ini terjadi, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk meminjam uang ke keluarga atau bahkan ke pinjaman online. Yang jika dibiarkan tentu bisa membuat keuangan pun menjadi tidak sehat. 

Oleh karena itu, KINI.id hadir untuk memberikan solusi bagi kamu yang membutuhkan dana darurat untuk memenuhi biaya kesehatan maupun biaya lainnya.  Dengan KINI.id, kamu bisa mengakses gaji lebih cepat, tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Sehingga, ketika terjadi kondisi darurat seperti sakit, maka kamu pun bisa lebih tenang dan siap menghadapi masalah tersebut tanpa khawatir masalah keuangan.