Jangan Percaya! Ini 4 Mitos Dana Darurat & Pengelolaan Keuangan

Kaum milenial di zaman sekarang sudah mulai aware dan peduli tentang pentingnya mengelola keuangan. Hal ini terbukti dari banyaknya dari mereka yang mulai menabung dan mengatur keuangannya sendiri. Ada juga beberapa orang yang memilih investasi jangka pendek untuk menyimpan dananya sekaligus mendapatkan keuntungan. Sayangnya, masih banyak juga mitos tentang pengelolaan keuangan yang bertebaran sehingga membuat mereka  mengurungkan niat untuk mengumpulkan dana darurat setelah mendengar berbagai mitos tersebut.

Nah, agar kamu tidak terjebak pada mitos yang berujung keuangan yang berantakan, di bawah ini adalah beberapa mitos tentang mengatur keuangan yang perlu kamu ketahui.

Hanya orang yang banyak uang yang bisa menabung

Banyak orang yang beranggapan “bagaimana bisa menabung kalau uang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?” Nah, kepercayaan ini wajib kamu abaikan ya! Karena menabung adalah hal wajib dilakukan setiap orang, berapapun penghasilannya dalam sebulan.

Meskipun uang yang kamu tabung setiap bulannya sedikit, itu pun tidak masalah. Yang terpenting, kamu wajib menyisihkan dana untuk tabungan setiap bulan, sebelum digunakan untuk bersenang-senang.

Berinvestasi butuh banyak uang

Banyak juga orang yang masih salah tanggap bahwa berinvestasi butuh uang yang banyak. Padahal, saat ini investasi bisa dilakukan dengan dana yang terjangkau. Kamu sudah bisa mulai berinvestasi hanya dengan modal Rp10 ribu. Misalnya dengan membeli reksa dana.

Dengan investasi inilah kamu bisa mempersiapkan dan memperkuat kekebalan finansial dan mengamankan masa depan. Apalagi, investasi jangka panjang lebih baik dimulai sejak dini untuk memperoleh hasil yang lebih besar.

Dana darurat tidak terlalu penting

Jika kamu percaya dengan motos ini dapat dipastikan di kemudian hari kamu bisa mendapatkan banyak masalah. Memiliki dana darurat adalah komponen penting dalam perencanaan dan pengaturan keuangan.

Sayangnya, minimnya kesadaran dan manajemen keuangan yang baik membuat dana darurat sering diabaikan. Banyak juga yang meyakini bahwa keadaan darurat belum tentu menghampiri mereka sehingga tidak perlu mempersiapkan dana darurat.

Selain itu, ada juga yang lebih memilih untuk mengatasi keadaan darurat dengan meminjam uang atau berutang. Padahal ini bukanlah hal yang sehat. Tidak ada salahnya mempersiapkan dana darurat mulai sekarang. Sehingga, dana yang telah dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak perlu digunakan ketika kamu mengalami keadaan darurat. Kamu pun tidak perlu meminjam uang dan membayar bunga dari uang yang dipinjam tersebut.

Nah, jika kamu belum memiliki dana darurat hingga hari ini dan tiba-tiba butuh dana untuk memenuhi kebutuhan mendesak seperti mobil rusak, genteng bocor, atau keluarga sakit, pastikan kamu menghindari untuk berutang dan meminjam uang. Karena ini hanya akan membuat keuanganmu menjadi hancur.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gajimu secara fleksibel kapan dan di mana saja. Sehingga, kamu bisa mengambil sebagian gajimu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pastikan kamu hanya mengambil sesuai kebutuhan ya! Karena, di tanggal gajian nanti, gaji yang telah kamu gunakan sebelumnya akan dipotong dari gaji yang akan kamu terima.

Terlalu cepat jika mempersiapkan dana hari tua sebelum usia 40 tahun

Hari tua atau masa pensiun pasti akan datang. Kamu pun pasti berharap bisa memiliki masa tua yang menyenangkan sambil menikmati hidup sesuai keinginan. Nah, tabungan hari tua inilah yang memberikan kepastian bahwa kamu  memiliki cukup uang untuk mencukupi kebutuhan setelah pensiun. Bukan hanya itu, tabungan ini juga akan membantumu mewujudkan mimpi yang belum tercapai saat masih bekerja. Misalnya untuk travel bersama anak istri, membuat bisnis agar lebih produktif, dan sebagainya

Inilah mengapa kamu dianjurkan untuk menabung sesegera setelah kamu memperoleh penghasilan, bukan setelah berusia 40 tahun. Semakin awal menabung dan berinvestasi, semakin besar hasil yang bisa kamu nikmati.

Nah, itulah beberapa mitos mengenai dana darurat dan pengaturan keuangan yang tidak boleh kamu percaya. Pastikan mulai sekarang kamu bisa mengatur keuangan dengan baik demi memenuhi kebutuhan di kemudian hari.