3 Cara Perusahaan Mengurangi Beban Karyawan Generasi Sandwich

Saat ini banyak karyawan generasi sandwich. Generasi sandwich adalah istilah bagi kelompok masyarakat, umumnya berusia matang atau produktif yang memiliki peran ganda. Peran ganda di sini merujuk pada tanggung jawab mereka sebagai penyedia finansial untuk dua generasi yang berbeda. Biasanya adalah orang tua dan anak istri.

Biasanya, karyawan yang termasuk dalam kategori generasi sandwich akan mengalami kesulitan secara emosional dan jasmani. Sebab, mereka diharuskan siap untuk memikul beban finansial yang besar. Berdasarkan laporan National Alliance for Caregiving, 61% karyawan generasi sandwich, mengaku mengalami masalah dalam bekerja.

Selain itu, data riset Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 menemukan bahwa 79,44% sumber dana rumah tangga lansia berasal dari anggota keluarga yang bekerja. Artinya, kebanyakan karyawan bertanggung jawab terhadap anak, orang tua, dan mertuanya yang tinggal bersama di rumah.

Oleh karena itu, sebagai HR dan manajemen perusahaan, Anda perlu memahami cara terbaik untuk membantu karyawan generasi sandwich di perusahaan.  Di bawah ini adalah beberapa cara bisa dilakukan perusahaan untuk mendukung karyawan generasi sandwich di perusahaannya.

Melakukan survei anonim

Biasanya, karyawan tidak akan mudah untuk menceritakan masalah mereka secara terbuka, seperti dalam sesei 1 on 1 atau meeting lainnya. Apalagi jika harus menceritakan kepada pihak HRD atau manajemen perusahaan. Oleh karena itu, untuk memberikan solusi bagi karyawan sandwich generation, perusahaan bisa mempertimbangkan untuk melakukan survei anonim.

Dengan survei tersebut, perusahaan bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai pikiran karyawan tentang perusahaan atau masalah yang sedang mereka hadapi. Sehingga, perusahaan nantinya bisa menyesuaikan kebijakan dan membantu mengubah norma dan budaya tempat kerja untuk mendukung karyawan generasi sandwich.

Menawarkan jadwal kerja yang fleksibel

Cara kedua yang bisa dilakukan perusahaan untuk membantu karyawan generasi sandwich adalah dengan memberikan penawaran jadwal kerja fleksibel. Biaya harian, seperti ongkos transportasi dan makan di luar sering menjadi pengeluaran terbesar bagi karyawan. Perusahaan bisa menerapkan jam kerja fleksibel bagi generasi sandwich untuk mengurangi beban biaya tersebut. Misalnya, perusahaan memiliki lima hari kerja, lalu menerapkan tiga harinya untuk bekerja dari rumah. Sehingga, karyawan bisa berhemat dan mengalokasikan biaya transportasi atau makan di luar untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting.

Menyediakan program kesehatan finansial

Untuk membantu karyawan generasi sandwich, perusahaan juga bisa menyediakan beberapa program kesehatan finansial. Di bawah ini adalah beberapa program finansial yang bisa jadi rekomendasi dan bisa diterapkan di perusahaan:

1. Program pensiun

Dengan menawarkan program pensiun, perusahaan bisa membantu karyawan untuk menabung demi masa depan mereka. Program tersebut juga bisa membantu karyawan untuk memutus rantai generasi sandwich ke depannya. Sebab, karyawan yang sudah memiliki tabungan yang cukup untuk hari tua, mereka tidak perlu lagi merepotkan generasi penerusnya.

2. Financial reimbursement

Benefit ini juga bisa membantu karyawan untuk meringankan beberapa beban keuangan yang mungkin dihadapinya. Perusahaan bisa mengganti pengeluaran karyawan, seperti saat perjalanan bisnis atau biaya kesehatan.

3. Benefit gaji instan

Perusahaan juga bisa memberikan benefit untuk pembayaran gaji instan yang akan membantu karyawan generasi sandwich ini siap menghadapi segala kondisi darurat di kemudian hari. Misalnya, ketika tiba-tiba ada biaya study tour anak-anak di sekolah, atau tiba-tiba orang tua sakit dan butuh biaya darurat.

Dengan adanya benefit ini, karyawan tidak perlu lagi pusing dan memikirkan biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan daruratnya. Karena dengan benefit ini, karyawan bisa mencairkan gaji kapan dan di mana saja, sesuai dengan jumlah yang mereka butuhkan. Selain itu, benefit ini juga membantu karyawan terhindar dari utang maupun pinjaman lainnya.

Bagi perusahaan yang ingin memberikan benefit gaji instan atau gaji fleksibel ke karyawan, perusahaan juga tidak perlu bingung masalah anggaran atau arus kas. Karena sekarang sudah ada aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa dengan mudah memberikan benefit gaji instan ke seluruh karyawan tanpa harus menyiapkan anggaran atau mengganggu arus kas. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan sekarang juga seluruh karyawan ke dalam aplikasi KINI.id!