Sambut Karyawan dengan Memberikan Welcome Gift Karyawan Baru Berikut Ini!

Siapa karyawan yang tidak berbunga-bunga ketika disambut dengan hal yang menyenangkan ketika pertama kali masuk ke kantor baru. Bukan hanya membuat karyawan merasa dihargai, hal ini juga bisa jadi salah satu strategi branding perusahaan. Salah satu strategi branding yang bisa dilakukan perusahaan untuk memberikan kesan positif bagi karyawan baru adalah dengan menyiapkan welcome gift karyawan baru.

Welcome gift atau hadiah sambutan ini penting untuk diberikan agar anggota tim baru merasa lebih diterima oleh tempat kerjanya. Tidak hanya itu, hal ini juga akan membantu perusahaan memberikan kesan pertama yang baik dan memperkuat budaya perusahaan sejak awal.

Memberikan hadiah pun bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan employer branding yang telah diluncurkan perusahaan. Lalu, apa saja welcome gift yang bisa diberikan perusahaan untuk karyawan baru dan memiliki kesan yang baik?

Ucapan selamat datang tulisan tangan

Tidak melulu uang atau barang, perusahaan juga bisa memberikan ucapan selamat datang sederhana dalam tulisan tangan, kemudian tambahkan sentuhan pribadi pada hari pertama kerja karyawan baru.

Tidak harus berisi panjang, pesan singkat yang mengungkapkan kegembiraan ini sudah cukup untuk menyambut setiap karyawan baru. Ucapan ini juga bisa disediakan dalam bentuk pos dengan gambar tim dan pesan selamat datang dari rekan-rekan kerjanya.

Jika hal ini dilakukan perusahaan, karyawan baru akan merasa disambut oleh manajer dan tim. Sehingga nantinya akan membantu menciptakan kesan pertama yang baik terhadap perusahaan. Inisiatif tersebut juga bisa meningkatkan angka retensi karyawan baru.

Headphone 

Jika perusahaan memiliki anggaran lebih untuk mempersiapkan welcome gift, maka perusahaan bisa coba memberikan sepasang headphone  untuk karyawan baru.

Dengan headphone ini, secara tidak langsung bisa membantu karyawan lebih berkonsentrasi di tempat kerja. Selain itu, headphones sendiri sifatnya fleksibel, bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan di luar jam kerja, seperti saat karyawan sedang commuting.

Jika ini menjadi pilihan hadiah yang bisa diberikan perusahaan, pastikan perusahaan untuk memberikan headphone yang nyaman untuk digunakan setiap hari, serta bisa diisi ulang dengan cepat. Sehingga, karyawan baru juga akan merasa lebih senang untuk memilikinya. Pastikan juga untuk mengecek kembali harga dari headphone tersebut, apakah sesuai dengan anggaran yang dimiliki perusahaan atau tidak.

Perlengkapan kantor

Perlengkapan kantor merupakan salah satu hal paling umum yang diberikan untuk karyawan baru. Tujuannya pun cukup jelas, yaitu untuk menunjang kinerja karyawan saat nanti mulai bekerja di kantor.

Selain itu, hadiah ini juga bisa kamu berikan untuk mempermudah pengalaman kerja karyawan baru di perusahaan. Misalnya dengan memberikan paket spesial karyawan baru mulai dari buku catatan, pulpen, spidol, stabilo, kartu nama, gunting, dan lainnya. Meski sederhana, perlengkapan ini akan membantu karyawan ketika menjalankan pekerjaannya.

Powerbank

Saat ini, powerbank sudah menjadi barang yang perlu dibawa kemana pun saat bepergian. Terutama bagi karyawan yang menempuh jarak jauh untuk pergi ke kantor dan sering tugas atau dinas luar. Tools tersebut bisa membantu karyawan ketika diperlukan agar device tidak kehabisan baterai. Sehingga,  mereka tetap bisa produktif menjalankan pekerjaannya. Kamu bisa memberikan powerbank yang memiliki kualitas baik, serta kapasitas yang mumpuni, minimal 10.000 mAh.

Aksesoris kantor

Rekomendasi welcome gift terakhir yang bisa diberikan perusahaan ke karyawan adalah dengan memberikan aksesoris kantor. Ada banyak aksesoris kantor yang bisa diberikan misalnya saja wireless mouse, flashdisk, keyboard, botol minum, mug, notepad, tas, dan lainnya. Pastikan aksesoris kantor yang diberikan perusahaan dapat menunjang produktivitas karyawan dalam bekerja. 

Itulah beberapa welcome gift karyawan baru yang bisa diberikan perusahaan. Dengan memberikan welcome gift inilah perusahaan bisa sekaligus menerapkan strategi employer branding hingga meningkatkan retensi karyawan di perusahaan.

Selain memberikan welcome gift, pastikan juga perusahaan melengkapi strategi retensi karyawan dengan memberikan benefit akses pembayaran gaji instan lewat aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa dengan mudah memberikan akses gaji instan bagi karyawan tanpa harus mengganggu cash flow perusahaan maupun anggaran perusahaan. Jadi, pastikan perusahaan mendaftarkan seluruh karyawan ke dalam program akses pembayaran gaji instan lewat aplikasi KINI.id sekarang!