6 Kegiatan Perusahaan di Bulan Ramadan yang Tingkatkan Produktivitas

Bulan Ramadan bukanlah alasan untuk menghentikan berbagai kegiatan. Di bulan ini justru perusahaan punya banyak kesempatan untuk memberikan benefit dan perhatian bagi karyawannya.  Di bulan ini, perusahaan bisa mengadakan berbagai kegiatan yang bermanfaat, bukan hanya untuk kepentingan keuntungan perusahaan dan karyawan, tetapi juga kepentingan masyarakat. Di bawah ini adalah beberapa kegiatan perusahaan di bulan Ramadan yang bisa dilakukan.

Buka Bersama

Biasanya perusahaan akan mengadakan acara buka bersama di kantor atau di luar dan mengundang seluruh karyawan maupun manajemen. Di mana, momen ini bisa menjadi ajang mempererat hubungan dan menjalin silaturahmi antara perusahaan dengan karyawan serta manajemen yang dinaunginya. Yang biasanya mereka bertemu untuk urusan pekerjaan, maka acara inilah yang bisa menjadi wadah saling melebur dan berbagi pemikiran di luar urusan kantor.

Kegiatan Ibadah Bersama Karyawan

Setelah seharian sibuk bekerja mengurusi kebutuhan perusahaan, perusahaan juga bisa mengadakan kegiatan ibadah bersama karyawan, misalnya dengan mengadakan pengajian, tarawih bersama, tadarus bersama maupun qiyamul lail bersama. Dengan agenda ini diharapkan perusahaan dapat menciptakan suasana yang lebih positif bagi karyawan.  

Sahur On The Road

Sahur on the road sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat Indonesia khususnya kalangan anak muda. Namun kegiatan ini sering menimbulkan kontra karena hal yang dilakukan didalamnya dianggap kurang bermanfaat. Di mana, orang-orang yang mengikuti sahur on the road biasanya akan berkeliling di jalan-jalan menggunakan motor dan kegiatan inilah yang bisa memicu tindakan kriminalitas.

Namun, bagi sebuah perusahaan, sahur on the road bisa menjadi kegiatan yang harus diagendakan. Sahur on the road bisa menjadi program CSR yang bermanfaat bagi masyarakat dengan membagikan makanan gratis kepada yang membutuhkan.

Perusahaan juga bisa menambahkan aktivitas lain seperti shalat subuh bersama, pengajian subuh, atau membantu bersih-bersih sampah. Ini tidak hanya memberi manfaat kepada sekitar, namun juga menumbuhkan citra yang baik bagi perusahaan.   

Safari Ramadan

Safari Ramadan merupakan kegiatan di bulan puasa dengan mengunjungi tempat-tempat ibadah umat muslim, baik masjid, mushalla, atau langgar yang aktif di bulan Ramadan. Kegiatan ini juga bisa jadi salah satu cara efektif bagi perusahaan mendekatkan diri dengan menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan masyarakat sekitar. Kegiatan ini juga bisa diisi dengan mengundang Ustadz, melakukan kegiatan sosial, ibadah bersama, dan berbincang dengan masyarakat.

Santunan Anak Yatim

Menyantuni anak yatim juga menjadi kegiatan CSR yang bisa dilakukan perusahan di bulan Ramadan. Kegiatan menyantuni anak yatim juga bisa digabungkan dengan buka bersama, sahur on the road, atau safari Ramadan. Perusahaan bisa menyantuni dengan memberikan uang tunai ataupun peralatan sekolah. Perusahaan juga bisa memberikan hiburan untuk menambah keceriaan. 

Program Mudik

Menjelang lebaran, arus mudik pasti akan sangat padat meskipun ongkos transportasi publik melambung tinggi, tapi tiket bisa langsung habis dalam sekejap. Sehingga, banyak orang yang memilih mudik menggunakan mobil pribadi. Namun, tidak semua karyawan memiliki mobil dan memutuskan untuk mengendarai sepeda motor untuk perjalanan yang jauh.

Untuk membantu meningkatkan loyalitas karyawan, maka perusahaan bisa memberikan program mudik bagi karyawannya. Dengan adanya program ini, maka perusahaan akan sangat dihargai karyawan dan bisa jadi cara meningkatkan kepercayaan karyawan kepada perusahaan.

Itulah beberapa kegiatan perusahaan di bulan Ramadan yang bisa kamu terapkan dalam bisnis. Dengan adanya kegiatan ini, kamu bisa mendekatkan diri kepada karyawan sekaligus menjadi benefit bagi mereka.

Misalnya saja di acara buka bersama, perusahaan bisa memberikan hadiah dadakan dengan membuat kuis atau tantangan berhadiah bagi karyawan, dan sebagainya.

Selain itu, untuk memberikan benefit bagi karyawan, perusahaan juga bisa memberikan kemudahan akses pengambilan gaji di awal dengan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, karyawan bisa dengan mudah mengakses gaji di muka tanpa harus menunggu tanggal gajian! Yuk daftarkan sekarang juga seluruh karyawan di perusahaan!