Di bulan puasa tentu ada plus minusnya. Plusnya, di bulan ini kamu akan mendapatkan THR yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hingga menabung dan investasi. Namun, biasanya di bulan puasa ini ada tantangannya tersendiri, terutama ketika kita bekerja. Ada beberapa orang yang sering mengeluh atau lemas ketika bekerja di bulan puasa, dan menjadikan puasa sebagai alasan untuk lemas dan bermalas-malasan. Nah, agar tetap semangat menjalankan puasa sambil bekerja, di bawah ini adalah beberapa tips bekerja di bulan Ramadan yang bisa kamu terapkan.

Tekadkan & Kuatkan Niat

Untuk bisa semangat bekerja di bulan Ramadan, tentu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki tekad yang kuat untuk bisa semangat bekerja dan tetap optimal. Meski tantangan di bulan puasa bertambah dengan harus kewajiban agama, seperti menahan lapar, menahan nafsu, dan lainnya, pastikan kamu tetap memiliki niat untuk bekerja dengan semangat. Jangan juga jadikan puasa sebagai alasan kamu bisa bermalas-malasan. Cobalah bayangkan hari kemenangan yang semakin hari semakin dekat.

Hindari Makan Sahur Berlebih

Ketika sahur dan berbuka puasa, disitulah kamu mengisi energi selama berpuasa. Namun, bukan berarti porsi makanan yang kamu ambil harus berlebihan. Untuk sahur, makanlah secukupnya, karena makan berlebih hanya akan membuat kamu mengantuk dan lemas di siang hari. Selain itu, pilihlah menu yang seimbang, dengan kandungan karbohidrat, protein, dan serat. Kamu juga bisa memilih makanan berserat yang bisa membantu kamu menahan rasa lapar. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah selama berpuasa.

Atur jam tidur

Ketika berpuasa, kamu perlu mengatur jam tidur dengan baik. Karena di bulan ini, kamu perlu mengatur dua jam tidur. Pertama adalah ketika malam hari, jika kamu punya kebiasaan tidur larut, lebih baik kamu hindari di bulan puasa ini. Cobalah tidur lebih awal karena di bulan ini kamu akan bangun lebih awal dari bulan-bulan lainnya. 

Kedua adalah ketika setelah sahur dan shalat subuh. Namun, ada baiknya kamu tidak melanjutkan tidur, karena bisa-bisa kamu malah merasa tidak segar ketika terbangun. Lebih baik kamu mengisi waktu dengan berolahraga atau refreshing. Jika kamu bekerja di pagi hari, misalnya jam 7-9, maka kamu bisa langsung berangkat kerja. 

Manfaatkan Waktu Istirahat dengan Baik

Di bulan puasa ini, kamu juga bisa memanfaatkan jam istirahat makan siang untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang menyegarkan diri. Misalnya, berolahraga atau sekedar berjalan-jalan di lingkungan kantor, dan sesekali ngobrol dengan rekan sekantor.

Jika kantor kamu memiliki fasilitas seperti billiard, menonton tv, bermain video game, maka manfaatkanlah momen ini untuk refreshing. Bisa juga kamu mengisinya dengan tidur siang, selama 20-30 menit. Dengan begitu kamu akan merasa segar dan siap bekerja kembali.

Hindari Kafein

Jika di hari biasa kamu selalu rutin mengonsumsi kafein, maka di bulan puasa ada baiknya kamu menghindari mengonsumsinya. Karena ketika kamu mengonsumsi kafein di saat sahur atau berbuka, maka lambungmu akan terluka dan justru bisa membuatmu sakit. Jadi, pastikan selama 1 bulan penuh ini kamu ‘libur’ dulu untuk mengonsumsi kafein ya!

Daripada menghabiskan uang untuk membeli kafein, kamu bisa menyisihkannya untuk menabung. Karena di bulan Ramadan ini akan ada banyak kebutuhan darurat yang mungkin kamu keluarkan.

Jika hal ini terjadi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk mencairkan gaji di awal. Sehingga kamu tidak perlu lagi mengambil pinjaman atau mengambil dana darurat di tabunganmu.

Jaga Kesehatan Tubuh

Kamu adalah orang yang paling tau tentang diri kamu dan kapasitas tubuhmu sendiri. Jadi, untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa, kamu pun orang yang paling memahaminya. Pastikan kamu menghindari makanan yang tidak menyehatkan, kegiatan yang tidak mendukung produktivitas, dan lainnya. Jika badanmu sehat, maka pekerjaan apapun dapat kamu lalui dan kamu pun bisa  berkontribusi maksimal.

Nah, itulah beberapa tips bekerja di bulan Ramadan yang bisa kamu lalui agar kegiatanmu ketika bekerja lebih bersemangat dan tetap segar. Dengan semangat tinggi ketika beraktivitas, maka kamu pun bisa bekerja lebih produktif dan waktu berpuasa pun tidak akan terasa.