Ada banyak faktor yang memengaruhi karyawan untuk tertarik dan bertahan lama dalam perusahaan? Salah satunya adalah benefit karyawan yang ditawarkan. Seorang karyawan tentu berharap perusahaannya tidak hanya memberikan gaji yang besar tapi juga benefit yang dibutuhkan. Benefit inilah yang akan menjadi faktor untuk menentukan apakah menerima atau menolak tawaran pekerjaan tersebut bagi calon karyawan baru, atau bertahan atau resign untuk karyawan lama.

Karena, pada dasarnya para pencari kerja atau karyawan akan menerima dan bertahan pada perusahaan yang dapat memberikan kepedulian serta kenyamanan terhadap mereka. Lalu, benefit apa saja yang bisa diberikan karyawan? Nah, di bawah ini adalah beberapa benefit yang sedang tren di tahun 2022.

Jaminan Kesehatan

Bukan hanya menarik bagi karyawan, namun benefit satu ini adalah benefit yang wajib diberikan perusahaan, minimal memberikan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan menjadi benefit wajib yang perlu diberikan perusahaan untuk melindungi karyawan.

Selain BPJS, perusahaan juga bisa memberikan jaminan kesehatan lainnya yang bersifat pribadi. Misalnya saja asuransi kesehatan, reimbursement ketika karyawan dan keluarga karyawan sakit, pembelian vitamin yang menjaga kesehatan karyawan, dan masih banyak lagi. Dengan memberikan jaminan kesehatan ini, maka karyawan akan merasa dilindungi dan perusahaan pun bisa menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan karyawan.

Dana Pensiun

Tidak selamanya karyawan akan bekerja terus di dalam sebuah perusahaan. Pastinya mereka akan pensiun di kemudian hari. Oleh karena itu, banyak karyawan yang tidak hanya memikirkan gaji saja, tapi juga mencari perusahaan yang memberikan benefit dana dana pensiun atau jaminan hari tua .

Dengan adanya benefit ini, maka perusahaan juga bisa menurunkan tingkat turnover karena beban finansial yang sering terjadi. Setidaknya karyawan tersebut akan merasa masa tuanya menjadi aman jika bekerja di perusahaan tersebut.

Entertainment

Benefit satu ini bersifat hiburan dan sangat digemari oleh banyak karyawan, khususnya milenial dan generasi Z. Setelah bekerja keras, tentu mereka juga butuh hiburan. Perusahaan bisa memberikan benefit entertainment berupa fasilitas jalan-jalan, company gathering, fitness membership, hingga voucher belanja, dan sebagainya.

Dengan adanya benefit satu ini, perusahaan juga telah menunjukkan rasa kepeduliannya terhadap kerja keras karyawan. Sehingga, nantinya akan berdampak positif bagi kinerja karyawan. Misalnya, setelah mereka lelah bekerja dan mendapatkan hiburan, maka tubuh mereka pun secara otomatis terasa di’charge’, sehingga mereka pun bisa lebih siap menghadapi pekerjaan di hari selanjutnya.

Family Care

Benefit lainnya yang tidak kalah favorit bagi seluruh generasi karyawan adalah benefit family care. Benefit ini biasanya akan diberikan kepada karyawan yang telah berkeluarga atau baru menikah. Ada beberapa benefit yang bisa ditawarkan perusahaan misalnya biaya pendidikan anak, asuransi kesehatan untuk seluruh keluarga, dan sebagainya. Ini juga bisa jadi salah satu strategi perusahaan untuk mempertahankan karyawan.

Akses Gaji Fleksibel

Benefit yang sedang tren di 2022 dan menjadi incaran banyak karyawan adalah benefit pembayaran gaji fleksibel atau instan. Di mana, dengan akses gaji fleksibel ini, karyawan bisa mencairkan gajinya kapan dan di mana saja secara prorata sesuai dengan hari kerja yang sudah mereka lalui, tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Sehingga, mereka bisa menyelesaikan masalah finansial yang mungkin terjadi, tanpa harus berutang atau mengambil tabungan.

Nah, untuk memberikan benefit satu ini, perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan masalah anggaran atau arus kas, karena perusahaan tidak perlu mengeluarkannya. Hal ini karena, dana yang diambil karyawan sebagai gaji instan baru akan ditagihkan ke perusahaan setelah KINI.id memberikan laporan dan perusahaan bisa membayarkannya berbarengan dengan tanggal gajian karyawan. Mudah bukan? Yuk daftarkan sekarang juga seluruh karyawan kamu dalam aplikasi KINI.id.