Karyawan merupakan aset penting bagi perusahaan yang dapat membantu bisnis berkembang dengan lebih mudah. Namun, mengelola banyak orang mungkin akan terasa lebih sulit dan memiliki banyak tantangan, terutama untuk pihak manajemen. Di mana, kamu harus menyatukan visi dan misi beberapa orang untuk bisa mencapai tujuan bersama. Nah, agar kamu bisa mengelola karyawan dengan baik, di bawah ini adalah beberapa tips mengelola karyawan dengan mudah untuk mengembangkan bisnis.

Tentukan Ekspektasi dengan Jelas

Banyak karyawan yang salah persepi dan sering dianggap tidak memenuhi ekspektasi perusahaan setelah bekerja beberapa lama. Hal ini biasanya akan membuat perusahaan tidak puas dan karyawan pun akan menjadi salah paham karena hal tersebut.

Misalnya, kamu merasa karyawan A bekerja dengan lambat dan membuat pekerjaan jadi lama selesai, maka jangan langsung kamu tegur. Cobalah pahami terlebih dulu bahwa setiap orang punya ide dan pemikiran yang berbeda mengenai kecepatan, sehingga kamu tidak bisa memerintahkan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat tanpa tenggat waktu atau deadline. Jelaskan secara detail tentang apa yang ingin dicapai dari proyek dan tugas yang sedang dikerjakan. Pastikan juga bahwa kamu siap membantu ketika mereka memerlukan saran dan penjelasan.

Lakukan Komunikasi Secara Rutin

Komunikasi tatap muka mungkin akan sulit dilakukan setiap waktu, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Namun, pastikan komunikasi online tetap harus dilakukan secara rutin, baik lewat chatting, email, atau telepon. Gunakan beberapa saluran yang memudahkan kamu dan karyawan saling berkomunikasi dan buatlah jadwal rutin untuk rapat online, misalnya sekali dalam seminggu dan rapat langsung sekali dalam sebulan.

Gunakan Sistem Kolaboratif

Mengirim banyak dokumen atau memberikan tugas melalui email menjadi sistem yang kurang efektif dan efisien. Ketika ada terlalu banyak email yang masuk, beberapa email penting mungkin saja bisa terlewatkan. Jadi, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan software kolaboratif yang memudahkan karyawan untuk menerima berbagai tugas dan kamu bisa mengecek kemajuan dari setiap tugas, misalnya Google Drive.

Monitor Kinerja Karyawan Setiap Hari

Di masa pandemi ini, mungkin kamu akan sulit memonitor kinerja karyawan secara langsung. Namun, kamu masih bisa memonitor kinerja mereka dengan software kolaboratif misalnya Google Drive, Absensi Online, Slack, dan masih banyak lagi.

Berikan Pelatihan untuk Karyawan

Pelatihan atau training tidak hanya penting untuk karyawan baru, tapi juga untuk karyawan lama. Berikan mereka kesempatan untuk menambahkan hard skill maupun soft skill mereka, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun tidak.

Selain bisa membuat karyawan berkembang, pelatihan ini juga bisa menjadi nilai tambah perusahaan di mata karyawan maupun calon karyawan, yang nantinya juga berdampak positif bagi bisnis. 

Kurangi Stres di Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja juga sangat berdampak pada kinerja karyawan dan perusahaan. Tidak ada karyawan yang tahan bekerja di lingkungan yang terlalu stres dan tidak baik. Jadi, cobalah buat lingkungan kerja yang baik dan nyaman untuk karyawan kamu.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat lingkungan kerja yang nyaman, mulai dari memberikan program karyawan yang menarik, cuti ekstra, reward spesial, dan sebagainya. Dengan begitu, karyawan akan merasa diperhatikan, dan mereka jadi bisa lebih fokus dalam bekerja.

Berikan Reward atas Keberhasilan Karyawan

Untuk membuat lingkungan kerja lebih menyenangkan dan memotivasi karyawan, cobalah untuk memberikan reward dan merayakan sekecil apapun keberhasilan yang sudah mereka capai. Misalnya, ketika suatu tim berhasil mendapatkan billing besar, ketika mereka berhasil menyelesaikan proyek tepat waktu, atau ketika ada klien yang memuji kinerja karyawan.

Karyawan yang merasa diakui dan dihargai akan termotivasi untuk bekerja dengan lebih baik. Jadi, meskipun kamu harus mengeluarkan sedikit biaya untuk hal ini, perusahaan akan tetap mendapat keuntungan.

Buat Program Benefit Karyawan

Ketika karyawan memutuskan untuk bekerja di suatu perusahaan, selain gaji mereka juga akan menanyakan tunjangan atau benefit apa yang akan mereka dapatkan jika bergabung di dalam perusahaan. Oleh karena itu, pastikan kamu sebagai pihak manajemen maupun HR juga telah memikirkan dan membuat beberapa program benefit karyawan. Bukan hanya tunjangan wajib seperti asuransi kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, tapi juga beberapa benefit lain seperti penggantian kacamata, biaya olahraga, atau pembayaran gaji di muka.

Bagi kamu yang ingin memberikan manfaat pembayaran gaji di muka untuk karyawan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kini.id. Di mana, dengan Kini.id, kamu bisa memberikan gaji di muka tanpa harus mengeluarkan kas perusahaan sebelum tanggal gajian. Selain kamu bisa mempertahankan dan mengelola SDM, karyawan pun akan terbantu secara finansial, terutama ketika mereka membutuhkan dana darurat di pertengahan bulan sebelum tanggal gajian.