6 Cara yang Jadi Solusi Ketika Butuh Uang Dadakan

Sebagai orang tua pasti kita akan memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita, terutama dalam masalah pendidikan. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya, biasanya orang tua sudah menabung jauh-jauh hari demi mempersiapkan pendidikan anaknya.

Namun, terkadang ada beberapa kebutuhan sekolah atau pendidikan dadakan yang terkadang belum dipersiapkan oleh orang tua. Misalnya, biaya untuk study tour, perlombaan antar sekolah, liburan akhir tahun, dan masih banyak lagi. Nah, jika hal ini terjadi, maka kamu sebagai orang tua tentu membutuhkan uang dadakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Lalu bagaimana jika kamu belum memiliki tabungan dan butuh uang darurat? Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dadakan untuk kebutuhan sekolah anak.

Gadai Barang

Jika kamu memiliki barang yang bernilai dan berharga seperti kendaraan, emas, atau properti lainnya, maka kamu bisa menggadaikannya untuk mendapatkan uang dadakan. Agar lebih aman dalam menggadaikan barang, pilihlah tempat gadai yang dapat dipercaya dan pastikan kamu memahami prosedurnya, juga tahu sistem pelunasan gadai tersebut.

Pakai Kartu Kredit

Jika kamu memiliki kartu kredit yang masih aktif, kamu juga bisa menggunakannya untuk saat penting seperti ini. Untuk membayar sekolah anak, kamu bisa coba menggunakan limit tarik tunai pada kartu tersebut sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan dan jangan gunakan atau tarik uang tunai seluruhnya ya, karena nantinya hanya akan membebani kamu ketika harus membayar cicilan bulanan.

Pinjaman Online

Untuk mendapatkan uang dadakan dengan cepat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pinjaman online. Selain cepat, syarat yang diperlukan pun mudah hanya bermodalkan KTP dan data diri lengkap kamu.

Namun, meski banyak kemudahan yang ditawarkan, pastikan kamu untuk mengecek kembali bunga, denda keterlambatan, biaya administrasi, dan biaya-biaya lainnya, serta keamanannya. Karena saat ini banyak aplikasi pinjaman online ilegal yang justru akan menjerumuskan kamu ke dalam masalah keuangan. Pastikan kamu memilih jasa yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan.

Pinjaman Dari Kerabat

Meminjam uang pada orang terdekat sering dijadikan solusi ketika butuh uang dadakan. Namun, pastikan kamu meminjam uang dengan orang yang sudah sangat dekat dan mudah. Sehingga, kamu bisa mengomunikasikan pinjaman dan proses pelunasannya dengan lebih nyaman.

Jual Barang

Jika kamu tidak bisa membayar pinjaman, baik menggadaikan barang atau meminjam di lembaga keuangan, maka kamu bisa coba menjual barang yang kamu miliki. Pastikan barang yang kamu ingin jual memiliki nilai yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Meski sangat disayangkan, ini bisa jadi solusi yang paling nyaman, karena kamu tidak perlu memikirkan cicilan yang harus dibayar.

Memanfaatkan Aplikasi Kini.id

Bagi kamu yang perusahaannya menggunakan aplikasi Kini.id, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan uang dadakan tanpa perlu mengajukan pinjaman atau menjual barang kesayangan. Karena dengan aplikasi Kini.id, kamu bisa mendapatkan gajimu sebelum tanggal gajian sesuai dengan uang yang kamu butuhkan.

Jadi, jika saat ini perusahaanmu belum menggunakan aplikasi Kini.id, yuk coba ajukan aplikasi ini ke perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kemudahan jika suatu saat nanti kamu membutuhkan dana darurat.