Beda Hemat Vs Pelit, Kamu Termasuk Orang yang Mana?

Setiap orang punya cara masing-masing dalam mengatur keuangan dan pengeluaran. Salah satu cara yang paling sering diterapkan kebanyakan orang adalah berhemat. Sayangnya banyak orang yang salah mengartikan antara hemat vs pelit. Apa sebenarnya beda hemat vs pelit.

Hemat menurut KBBI adalah berhati-hati atau cermat dalam membelanjakan uang dan sebagainya agar tidak boros. Hemat juga menandakan bahwa seseorang memiliki kontrol diri yang bagus dan bisa menyesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan.

Namun, masih banyak anggapan bahwa orang hemat adalah orang yang pelit karena dirinya tidak mau mengeluarkan uang untuk kondisi-kondisi tertentu. Padahal, hemat dan pelit adalah dua hal yang berbeda. Berikut beda hemat vs pelit yang perlu kamu pahami.

Gaya hidup

Menurut J.I. Michell Suharli, salah satu perbedaan pelit dan hemat adalah gaya hidup. Hemat artinya gaya hidup yang tidak melakukan belanja untuk memenuhi keinginan. Sedangkan pelit berarti gaya hidup yang tidak belanja memenuhi kebutuhan.

Dengan kata lain, alih-alih belanja sesuai kebutuhan seperti orang hemat, orang yang pelit enggan menggunakan uangnya untuk hal apapun, termasuk soal kebutuhannya kecuali jika terpaksa.

Tujuan menabung

Orang hemat biasanya akan mengalokasikan tabungannya untuk investasi yang menguntungkan. Misalnya, kamu berhemat demi membeli gadget baru karena gadget lama sudah rusak dan mengganggu produktivitas kerja. Sedangkan, orang pelit akan menabung dan selalu merasa keberatan mengeluarkan uang karena merasa ketakutan akan kekurangan di kemudian hari.

Baca Juga: Tips Mengatur Gaji Pas-Pasan Agar Bisa Menabung

Pelit bisa merugikan orang lain

Meski sama-sama bisa diartikan menabung, orang hemat tidak akan merugikan orang lain seperti orang pelit. Biasanya, orang pelit cenderung memaksakan kehendak agar uangnya tetap dalam jumlah yang sama. Cara yang dilakukan biasanya meminta bahkan memohon kepada orang lain dengan alasan ia sedang dalam keadaan kekurangan. Padahal, itu hanyalah alasan agar ia tidak merasa rugi.

Pertimbangan ketika membeli

Orang hemat lebih suka membeli barang dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun tetap awet dalam jangka panjang dan tidak mudah rusak. Mereka akan memikirkan biaya maintenance di belakangnya, sehingga mereka akan lebih mempertimbangkan kualitas. Sedangkan, orang pelit akan mempertimbangkan harga. Dengan begitu, mereka tidak perlu repot membeli barang yang sama di kemudian hari karena itu sama saja dengan pemborosan.

Kedermawanan

Meski hal ini tidak bisa dipukul rata, namun biasanya orang pelit cenderung jarang memberi sumbangan bagi mereka yang kekurangan. Selalu ada alasan untuk menolak menyisihkan sedikit penghasilan untuk bersedekah. Sebaliknya, orang yang berhemat akan dengan senang hati menyumbang atau bersedekah sesuai kemampuannya apabila sumbangan tersebut jelas ditujukan untuk apa dan untuk siapa.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara si hemat dan si pelit, jadi kamu ada di posisi yang mana nih? Tentu tidak ada yang salah dengan berhemat, asalkan jangan sampai kamu menjadi orang pelit karena ingin berhemat ya. Apalagi jika kamu harus pelit pada diri sendiri ketika kamu membutuhkan sesuatu yang memang urgent atau darurat.

Namun, kamu bisa berhemat dan tidak perlu menggunakan uang ketika kondisi darurat datang, tapi kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji instan dan fleksibel yang nantinya bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan daruratmu. Sehingga, kamu tidak lagi perlu menahan untuk kebutuhan yang memang jadi prioritas di tengah bulan nanti.