Terapkan Gaya Hidup Frugal Living Demi Keuangan yang Lebih Baik

Istilah frugal living mungkin terdengar asing di telinga beberapa orang. Apakah kamu termasuk orang yang pernah mendengar istilah frugal living? Nah, frugal living adalah salah satu cara mengatur keuangan di mana kita sadar ketika mengambil keputusan pengeluaran dan fokus pada prioritas yang ada.

Ketika kamu menerapkan gaya hidup ini, maka kamu akan lebih memahami prioritas dan memilih hal-hal terpenting sesuai kebutuhan saja. Sehingga, jika menerapkan frugal living, maka kamu akan membatasi budget untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Sama halnya seperti ketika kamu berhemat agar bisa memenuhi kebutuhan yang dianggap penting dan menjadi prioritas

Selain itu, tipe orang yang menerapkan frugal living biasanya tidak takut membeli barang dengan harga mahal, jika memang barang tersebut memiliki kualitas yang baik serta dibutuhkan. Nah, lalu apa sebenarnya manfaat menerapkan frugal living dan bagaimana cara menjalaninya?

Manfaat Frugal Living

Dengan menerapkan frugal living, maka kamu bisa membuat kondisi keuanganmu menjadi lebih sehat. Di mana, kamu akan berpikir dua kali ketika ingin berbelanja sesuatu, kamu pun tidak akan boros. Selain itu, barang yang kamu pilih untuk dibeli biasanya memiliki kualitas yang baik. Sehingga, barang tersebut bisa lebih awet digunakan untuk jangka waktu panjang. Hal inilah yang membantumu untuk lebih hemat jika dibandingkan membeli barang murah namun tidak berkualitas, dan membuat barang tersebut cepat rusak dan tidak awet.

Tips Menjalani Frugal Living

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menerapkan frugal living, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Menetapkan Anggaran

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menetapkan anggaran pengeluaran. Misalnya, kamu bisa menggunakan konsep 20, 30, 50, di mana 20% untukĀ  tabungan, 30% untuk cicilan, dan 50% untuk mencukupi kebutuhan.

Jika telah menetapkan budgetmu untuk satu bulan ke depan, uang tersebut harus cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan. Jangan sampai pengeluaranmu menganggu uang tabungan dan cicilan.

2. Mampu Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Untuk menerapkan frugal living, kamu pun harus bisa membedakan keinginan dan kebutuhan. Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan untuk memenuhi syarat kehidupan seperti, makanan, tempat tinggal, pakaian, dan sebagainya. Sedangkan, keinginan adalah sesuatu yang ingin kamu penuhi untuk memuaskan perasaan sesaat.

Terkadang kebutuhan ini bisa menjadi keinginan bila sudah terpenuhi. Misalnya, setiap orang perlu makan tiga kali sehari. Namun, kamu tidak perlu membeli kopi di coffee shop  setiap hari bukan?

3. Memanfaatkan Diskon dan Promo

Kamu juga bisa memanfaatkan diskon dan promo. Cobalah melihat tempat perbelanjaan yang sering membagikan pengumuman promo di media sosialnya. Gunakan promo tersebut untuk menerapkan hari belanjamu.

Jika ingin membeli barang yang sedikit mahal, kamu bisa menunggu hingga barang tersebut diskon. Biasanya diskon ini dimulai ketika awal tahun, momen Idulfitri, atau Harbolnas. Sehingga kamu bisa  mempersiapkan uang sebelum diskon dimulai.

4. Menegosiasi pada Diri Sendiri

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberi syarat kepada diri sendiri. Misalnya, ketika kamu butuh membeli handphone baru karena handphone lama sudah tidak optimal. Maka, kamu harus berjanji pada diri sendiri untuk mengurangi jajan dan beli makan di luar selama satu bulan.

Nah, apakah kamu tertarik menerapkan frugal living dalam kehidupanmu? Dengan menerapkan konsep ini kami bisa lebih mudah merencanakan keuangan dan membantu kamu menabung hingga mengumpulkan dana darurat.

Namun jika saat ini kamu masih belum memiliki dana darurat dan tidak bisa memenuhi kebutuhan mendesak, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kini.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji di muka sesuai jumlah uang yang kamu butuhkan. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!