7 Cara Hemat ala Anak Kos yang Bisa Kamu Terapkan Mulai Hari Ini!

Mengatur keuangan bagi anak kos bukanlah hal yang mudah. Berbagai cara sering dilakukan untuk bisa bertahan hidup di dunia perantauan. Sayangnya, kebutuhan anak kos juga tidak kalah dengan kebutuhan rumah tangga. Mulai dari biaya sewa kos-kosan, biaya makan, paket Internet, biaya transport ke kampus atau tempat kerja, biaya listrik dan AC, juga masih banyak biaya lainnya. Hal inilah yang terkadang sering membuat anak kos meringis di tengah bulan. Nah, agar kamu bisa bertahan hingga tanggal gajian, di bawah ini adalah beberapa cara hemat untuk anak kos yang bisa kamu lakukan.

Buat Alokasi Pengeluaran

Hal penting pertama yang harus kamu lakukan agar bisa menghemat uang bulanan yaitu dengan membuat anggaran atau alokasi pengeluaran. Pastikan kamu mencatat seluruh kebutuhan yang diperlukan setiap bulannya. Setelah itu, kamu bisa membuat anggaran sesuai pengeluaran tersebut. Pastikan juga kamu membuat pengeluaran berdasarkan pengeluaran yang paling prioritas. Agar bisa berhemat, pastikan juga untuk memenuhi terlebih dulu kebutuhan dibandingkan keinginan.

Beli Makanan yang Terjangkau

Biasanya anak kos identik dengan makan mewah di awal bulan dan makan mie instan di tengah bulan. Hal ini tentu kebiasaan yang salah dan tidak boleh terus kamu lakukan ya. Agar kamu bisa berhemat dan gaji cukup hingga akhir bulan, pastikan kamu membeli makanan yang harganya terjangkau. Misalnya dengan membeli di warung makan yang terkenal murah atau memasaknya sendiri. Dengan menghemat biaya makan, maka kamu bisa menggunakan sisa uang untuk keperluan lain.

Buat Daftar Kebutuhan Saat Belanja

Biasanya anak kos juga memiliki kebiasaan impulsif ketika belanja, apalagi ketika baru mendapatkan gaji. Nah, agar hal ini tidak terjadi di kamu, cobalah buat daftar kebutuhan saat sebelum belanja dan pastikan kamu hanya membeli barang-barang yang dibutuhkan saja dan tertera dalam daftar belanjaan tersebut. Sehingga, anggaran belanja kamu pun tidak membengkak.

Pilih Kos-Kosan dengan Fasilitas WiFi Gratis

Di zaman serba teknologi seperti sekarang, tidak ada satupun orang yang bisa hidup tanpa internet. Internet sudah menjadi kebutuhan, apalagi bagi kamu yang bekerja di dunia digital atau serba teknologi. Agar anggaran kamu tidak membengkak untuk biaya Internet, ada baiknya kamu mencari kos-kosan yang menyediakan fasilitas WiFi gratis. Sehingga, kamu tidak perlu lagi membeli kuota internet. Selain menggunakan WiFi gratis di kos, kamu juga bisa memanfaatkan WiFi di kantor untuk menghemat biaya internet bulanan.

Cuci Pakaian Sendiri

Banyaknya kesibukan dan pekerjaan di kantor, terkadang membuat kamu malas untuk mencuci dan menggosok pakaian sendiri, kemudian memutuskan untuk laundry. Mungkin jika biaya laundry sudah masuk ke anggaranmu, hal ini sah-sah saja dilakukan. Namun, jika kamu ingin menghemat, kamu bisa coba mencuci pakaian sendiri. Meski sepele, nyatanya mencuci pakaian sendiri bisa menghemat biaya bulanan. Tidak hanya hemat, pakaian yang dicuci sendiri juga relatif lebih bersih dan tidak ada risiko hilang atau rusak.

Kurangi Pengeluaran Sekunder dan Tersier

Biasanya pengeluaran sekunder dan tersier anak kos yang sering membuat pengeluaran bengkak adalah ketika belanja pakaian, membeli makanan kekinian, atau sekadar nongkrong di tempat-tempat tren. Agar bisa berhemat, sebaiknya pengeluaran seperti itu dikurangi bahkan dihindari. Sehingga, uang yang awalnya hanya untuk senang-senang, bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer atau kebutuhan utama. Namun, tidak ada salahnya juga kamu mengeluarkan uang untuk kebutuhan sekunder dan tersier, selama kebutuhan utama kamu sudah terpenuhi ya!

Biasakan Menabung Walaupun Sedikit

Cara hemat uang bulanan lainnya yaitu dengan membiasakan diri menabung. Meskipun jumlahnya sedikit asalkan sering dan rutin kamu lakukan, maka uang yang kamu kumpulkan pun bisa semakin banyak. Dengan menabung, kamu juga bisa memiliki uang lebih untuk beberapa kebutuhan mendesak yang dapat terjadi di masa yang akan datang. Misalnya menabung untuk biaya liburan, biaya pernikahan, biaya pendidikan anak nantinya, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa cara hemat ala anak kos yang bisa kamu lakukan agar gaji kamu cukup hingga akhir bulan. Jika kamu belum bisa hemat dan gajimu sudah habis di tengah bulan, pastikan juga kamu tidak mengajukan pinjaman. Karena melakukan pinjaman hanya akan membuat masalah keuangan di kemudian hari.

Jika terdesak butuh dana darurat, pastikan kamu memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji instan kapan dan di mana saja, sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi, kamu bisa terhindar dari masalah keuangan di kemudian hari.