Keuntungan & Cara Bayar Pakai QRIS lewat Aplikasi KINI.id

Setiap orang pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan bayar QRIS. Teknologi ini telah diintegrasikan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah transaksi cashless. Metode pembayaran dengan QRIS ini juga memungkinkan kamu untuk bisa belanja hingga ke luar negeri. Hal itu karena Bank Indonesia telah melakukan kerja sama dengan bank sentral di berbagai negara. Lalu apa sebenarnya QRIS dan apa saja keuntungannya bayar pakai QRIS?

Apa itu QRIS?

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan sistem pembayaran yang menyatukan beragam kode QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang juga menggunakan kode QR.

QRIS sendiri dikembangkan Bank Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), dan sudah resmi diluncurkan sejak Agustus 2019.

Sejak saat itu, QRIS menjadi standar nasional yang wajib dimiliki oleh semua PJSP (bank dan non-bank) yang menyediakan kode QR dalam opsi pembayaran mereka.

Keuntungan Bayar Pakai QRIS

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bayar pakai QRIS, berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

1. Proses transaksi cepat

Ketika kamu bayar pakai QRIS, kamu hanya perlu scan kode dari aplikasi dompet digital atau mobile banking saat transaksi. Cara ini tentu membuat proses transaksi jadi lebih cepat sehingga kamu tidak perlu menyiapkan uang pas ataupun nungguin uang kembali ketika belanja.

2. Bebas biaya admin

Bayar pakai QRIS juga terbebas dari biaya admin di setiap transaksinya. Berbeda ketika kamu membayar menggunakan transfer bank atau sejenisnya.

3. Dijamin keamanannya

Pembayaran QRIS juga terjamin keamanannya, karena memiliki tingkat keamanan yang canggih dan setiap transaksi akan masuk dalam riwayat pembayaran.

4. Bisa digunakan berbagai merchant

QRIS dari Bank Indonesia ini inklusif, artinya bisa dinikmati semua orang dan di berbagai merchant, baik  pedagang di Pasar Tradisional sampai toko-toko di Mall.

Bertransaksi Menggunakan QRIS Lewat Aplikasi KINI

Ketika kamu ingin melakukan pembayaran menggunakan QRIS, kamu perlu dana di rekening atau e-wallet, sehingga ketika tidak memiliki dana didalamnya kamu tidak bisa menggunakannya.

Baca Juga: Sekarang Semua Bisa Dilakukan Lewat Aplikasi Kini

Namun ini tidak lagi berlaku bagi kamu yang menggunakan aplikasi KINI.id, karena sekarang KINI.id telah bekerja sama dengan partner yang telah memiliki lisensi dari Bank Indonesia. Lewat kerja sama ini, kamu sebagai pengguna aplikasi Kini.id bisa melakukan pembayaran lewat kode QR (QRIS) dengan menggunakan saldo EWA yang kamu miliki. Tidak ada minimum pembayaran dan berlaku di seluruh merchant di Indonesia.

Lalu, bagaimana sih cara bertransaksi menggunakan QRIS dengan aplikasi KINI.id?

  1. Pastikan saldo EWA kamu di aplikasi KINI.id mencukupi.
  2. Pastikan merchant yang kamu kunjungi menyediakan layanan pembayaran QRIS.
  3. Setelah tagihan keluar dan menunjukkan nominal yang harus dibayar, kamu tinggal membuka aplikasi KINI.id dan pilih opsi bayar menggunakan QR.
  4. Minta kode QR dari merchant, kemudian scan kode menggunakan smartphone milikmu.
  5. Pastikan identitas pemilik kode tersebut di aplikasi KINI.id sudah sesuai,
  6. Jika sudah sesuai, masukkan nominal tagihan yang harus dibayar, dan selesaikan transaksi.
  7. Setelahnya, saldo EWAmu akan terpotong sesuai nominal yang kamu masukkan, dan masuk ke rekening merchant tersebut.

Itulah beberapa hal mengenai cara bayar pakai QRIS yang sudah bisa kamu nikmati dengan aplikasi KINI.id. Menarik bukan? Mulai coba layanan QRIS lewat aplikasi KINI.id sekarang!