Ketika kamu mulai merasa pengeluaranmu mulai bertambah dan dana untuk tabungan semakin berkurang, maka ada baiknya kamu segera mengevaluasi kembali keuanganmu. Jangan sampai pengeluaranmu nantinya lebih besar daripada penghasilan. Kamu bisa coba melakukan evaluasi pengeluaran pribadi yang sebenarnya masih bisa dikurangi. Cobalah tinjau kembali pengeluaran bulanan agar kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih baik. Di bawah ini adalah beberapa daftar pengeluaran yang bisa dikurangi.

Internet

Paket internet atau Wi-Fi termasuk ke dalam salah satu pengeluaran yang bisa dikurangi tiap bulannya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pembelian paket data misalnya dengan mengaktifkan mode hemat seluler di beberapa aplikasi, hingga nonaktifkan data seluler untuk aplikasi yang jarang digunakan maupun yang sering digunakan, agar bisa menahan diri untuk tidak memakainya terlalu boros.

Setelah pulang kerja, kamu bisa mencoba beberapa kegiatan lain agar tidak fokus bermain handphone dan membuat penggunaan internet jadi membengkak, seperti olahraga, baca buku, istirahat, mengobrol dengan keluarga, dan masih banyak lagi.

Gym membership

Jika selama ini kamu berlangganan gym dengan tambahan biaya untuk personal trainer, maka kamu bisa mulai menguranginya dengan mengajak seseorang berkonsultasi sekaligus membantumu menghindari risiko cedera.

Untuk awal-awal, keperluan tersebut sangatlah masuk akal. Namun, setelah melakukan gym beberapa waktu dan merasa sudah mampu olahraga sendiri di rumah dan mengontrol pola makanmu dengan benar, pengeluaran yang satu ini bisa dikesampingkan. Kamu juga bisa mencoba berbagai latihan di rumah misalnya push up, plank, dan sebagainya. Selain bisa menghemat, kamu juga tetap bisa jaga tubuh agar tetap fit.

Jajan kopi dan makan di luar

Saat ini kopi sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pekerja karena mampu mengusir rasa kantuk dan meningkatkan mood di kantor. Namun, kopi saat ini juga lumayan menguras kantong, terutama di kota-kota besar. Untuk mengurangi pengeluaran ini, kamu bisa membuat kopi sendiri di rumah. Meski rasanya mungkin berbeda dari coffee shop, yang terpenting adalah khasiat kafein di dalamnya.

Hal yang sama juga berlaku pada kebiasaan makan di luar. Untuk menekan biaya hidup, kamu bisa coba membawa bekal makan dari rumah. Namun, tidak ada salahnya kamu makan di luar sebagai self reward setelah gajian.

Entertainment subscription

Langganan beberapa platform hiburan juga menjadi pengeluaran yang sebenarnya bisa dikurangi. Cobalah mulai cek kembali biaya platform apa saja kamu keluarga dan bagaimana penggunaannya? Jika jarang digunakan, kamu bisa tunda dulu langganan bulan selanjutnya dan gunakan 1 platform saja.

Bila perlu, kamu bisa memilih alternatif media hiburan gratis lainnya, seperti podcast, video YouTube, dan lain-lain. Meski sulit, disinilah pengendalian kamu akan diuji, apakah kamu mementingkan rasa FOMO atau memprioritaskan tujuan keuanganmu?

Fashion

Biaya untuk kebutuhan fashion seperti baju, celana, sepatu, dan tas baru juga bisa kamu kurangi. Meski ini termasuk kebutuhan primer, tapi sering juga digunakan sekadar untuk memenuhi keinginan.

Kamu bisa coba mengikuti tren thrifting atau bekas pakai. Di mana, selain menghemat uang, gaya hidup seperti ini juga berdampak baik untuk lingkungan karena dapat menekan laju fast fashion. Seandainya mau membeli barang baru, mungkin kamu bisa memilih brand yang lebih murah atau mengurangi frekuensi beli.

Alat makeup dan skincare

Pengeluaran yang bisa dikurangi selanjutnya adalah makeup dan skincare. Pengeluaran ini seringkali menjadi pengeluaran besar bagi para wanita. Setiap wanita pasti memerlukan perawatan kulit. Namun, jika kondisi wajahmu tidak terlalu mengkhawatirkan, kamu tidak perlu mengikuti hingga 10 skincare steps dan boleh fokus mengikuti langkah dasarnya saja.

Untuk membuat kulit cantik dan sehat, kamu juga bisa mengandalkan nutrisi makanan yang dikonsumsi serta gaya hidup sehat. Untuk makeup sendiri, kamu bisa membeli produk dengan harga terjangkau. Karena produk terbaik bukanlah produk yang mahal. Ada banyak pengganti merk high end yang mampu memberi hasil serupa pada wajah. Jadi, pastikan kamu pintar-pintar memilih produk untuk makeup maupun skincare.

Salon

Pergi ke salon juga sering menjadi rutinitas yang sering dilakukan. Sekedar untuk potong rambut, styling, massage, dan sebagainya. Untuk menghemat uang, kamu bisa coba mengubah pilihan dari salon mewah ke salon reguler. Kamu juga bisa berhenti ke salon dan melakukan perawatan rambut sendiri di rumah. Jika dirasa tidak bisa, maka cobalah kurangi frekuensi kamu pergi ke salon. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Itu adalah beberapa daftar pengeluaran yang bisa dikurangi untuk menghemat demi nilai tabungan yang lebih besar. Dengan mengurangi beberapa pengeluaran di atas, kamu tidak akan lagi mengalami kondisi gaji habis di tengah bulan.

Namun, jika kamu mengalami kondisi gaji habis di tengah bulan dan butuh dana darurat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji instan secara fleksibel kapan pun dibutuhkan. Sehingga, kamu tidak lagi perlu berutang atau mengambil tabungan hanya untuk memenuhi kebutuhanmu di bulan tersebut.