Tips Melakukan Kredit Motor yang Wajib Kamu Terapkan!

Saat ini motor sudah menjadi kebutuhan banyak orang untuk mempermudah dalam menjalankan aktivitasnya. Motor juga dianggap sebagai alat transportasi yang efisien dan paling mudah digunakan. Banyak orang yang menggunakan motor sebagai alat transportasi utama untuk melakukan berbagai aktivitas. Motor juga bisa menjadi solusi bagi kemacetan. Banyaknya alasan untuk memiliki sebuah motor terkadang membuat seseorang untuk membeli motor. Sayangnya harga motor tidaklah murah. Hal inilah yang akhirnya membuat sebagian orang untuk melakukan kredit motor.

Dengan kredit motor, kamu hanya membutuhkan sejumlah uang muka dan berbagai persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak leasing yang digunakan. Ini juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin segera memiliki sebuah motor dengan mudah. Namun, saat membeli motor secara kredit, ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan. Apalagi pembelian secara kredit akan mempengaruhi keuangan selama kurun waktu yang cukup lama. Berikut beberapa tips membeli motor secara kredit yang bisa kamu terapkan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli motor, ketahui dulu dengan jelas apa yang sebenarnya kamu butuhkan dari motor tersebut. Sesuaikan jenis motor yang akan dibeli dengan kebutuhan, jangan sampai kamu beli motor yang tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Pilih jenis dan tipe motor yang benar-benar dibutuhkan dan jangan memaksakan untuk membeli motor yang hanya bisa digunakan oleh diri sendiri, terutama jika kamu telah berkeluarga dan anggota keluarga lainnya juga akan menggunakannya. Dengan begitu, motor tersebut bisa dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga.

Sesuaikan dengan Anggaran

Ketika memutuskan untuk membeli motor secara kredit, maka pastikan kamu membeli motor dengan harga yang masih terjangkau yang cicilannya tidak akan membebankan keuangan kamu tiap bulannya. 

Jangan memilih motor dengan harga yang mahal hanya karena jumlah uang muka yang dimiliki cukup untuk membawanya pulang. Hal ini akan membuat kamu kesulitan membayar cicilannya dan berisiko motor tersebut bisa ditarik jika kamu tidak kuat membayarnya. Selain itu, pastikan kamu pilih jangka waktu yang lebih singkat, meski cicilannya sedikit lebih besar, kamu bisa mendapatkan bunga yang lebih kecil.

Lakukan Survei dan Perbandingan

Jangan langsung mengambil penawaran yang diberikan salah satu dealer, cobalah terlebih dulu untuk mendatangi beberapa dealer dan dapatkan berbagai informasi mengenai motor yang akan dibeli. Cermati setiap penawaran yang mereka berikan, agar kamu memiliki beberapa dealer yang bisa dipertimbangkan.

Sebelum menentukan pilihan, cobalah juga untuk melakukan perbandingan. Hal ini akan membantu kamu mendapatkan penawaran terbaik dan paling menguntungkan dalam pembelian yang akan dilakukan. Pastikan kamu menemukan dealer dengan reputasi dan kinerja terbaik, sehingga kamu bisa menghindari berbagai macam risiko kerugian yang mungkin datang di masa akan datang.

Temukan Leasing Terbaik

Hampir sama dengan dealer, saat ini kamu juga bisa menemukan banyak leasing yang menawarkan jasa dalam pembelian kredit motor. Meski biasanya pihak dealer akan merekomendasikan leasing tertentu, namun kamu tetap bisa memilih sendiri leasing yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Dapatkan informasi yang jelas mengenai leasing, hal ini bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang mereka atau mencari informasi lewat internet. Lakukan perbandingan dan pertimbangkan berbagai layanan serta kemudahan yang ditawarkan, sehingga kamu mendapatkan keuntungan maksimal dari pengajuan kredit yang akan dilakukan. Pastikan juga leasing yang akan kamu pilih memiliki kredibilitas yang baik, serta kinerja dan layanan yang memuaskan.

Pilih Penawaran Leasing Terbaik

Dalam memilih leasing, kamu juga perlu mempertimbangkan penawaran yang diberikan. Lakukan simulasi kredit dan pertimbangkan mengenai penawaran yang paling menguntungkan. Pilihlah fasilitas kredit yang tidak membebani dan paling ringan bagi keuangan kamu.

Kamu juga harus mempertimbangkan besaran bunga kredit yang mereka terapkan, jangan sampai kamu dibebani oleh bunga tinggi yang akan menambah nilai cicilan bulanan yang harus dibayarkan nantinya. Selain itu, fasilitas pembayaran yang ditawarkan oleh leasing juga perlu dicermati, pilihlah leasing yang memberikan kemudahan dalam pembayaran sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan saat akan melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya.

Pertimbangkan Berbagai Biaya 

Selain suku bunga kredit, ketika kamu memutuskan untuk kredit biasanya ada beberapa biaya lainnya seperti biaya denda keterlambatan, biaya penalti jika terjadi pelunasan utang di awal, biaya pengambilan BPKB jika masa kredit telah selesai, dan berbagai macam biaya lainnya. 

Kamu juga perlu menanyakan proses pengambilan BPKB setelah masa kredit nantinya akan selesai, jangan sampai kelak direpotkan oleh berbagai macam prosedur dan biaya yang tidak Anda ketahui sejak awal.

Pastikan Motor Dilindungi Asuransi

Saat memiliki motor baru, maka kamu juga akan menanggung sejumlah risiko yang mungkin terjadi terhadap motor tersebut. Pastikan motor tersebut telah  dicover oleh asuransi, sehingga kamu bisa menghindari berbagai risiko yang mungkin saja terjadi pada motor. Ketahui juga jenis asuransi yang digunakan serta jumlah biaya yang akan dibayarkan, dengan begitu kamu bisa merasa tenang dan nyaman saat menggunakan motor.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan untuk Jaga Dana Daruratmu

Itulah beberapa tips dan pertimbangan yang perlu kamu perhatikan sebelum kredit motor. Dengan mengikuti tips di atas dipastikan kamu tidak akan mengalami masalah tunggakan cicilan di kemudian hari. Jika kamu saat ini sedang mengalami tunggakan cicilan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk membayar cicilan tertunggak tanpa perlu menunggu gajian.

Dengan KINI.id, kamu bisa mengakses gaji secara fleksibel sehingga dapat kamu gunakan untuk membayar cicilan yang tertunda maupun untuk memenuhi kebutuhan darurat lainnya.