Berhasil Mendapatkan Kenaikan Gaji Karyawan? Ini Hal yang Perlu Dilakukan!

Pasti senang banget kan ketika akhirnya pengajuan kenaikan gaji karyawan kamu disetujui oleh perusahaan? Namun, meski sudah mendapatkan kenaikan gaji, banyak orang yang masih merasa kurang dengan apa yang telah didapatkan. Ternyata bukan gaji yang menjadi permasalahannya, namun kebiasaan membelanjakan uang dan mengelola gaji tersebut lah yang sering menjadi permasalahan keuangan. Nah, agar kamu bisa mengelola peningkatan gaji dengan lebih baik. Berikut ini 6 hal yang seharusnya dilakukan setelah mendapatkan peningkatan gaji.

Tidak Perlu Memberi Tahu Rekan Kerja

Ketika kamu mendapatkan kenaikan gaji, hindari untuk membagikan informasi kenaikan gaji tersebut kepada rekan kerja. Hal ini berpotensi menimbulkan kecemburuan antara kamu dan teman. Apalagi jika kenaikan gaji karyawan yang kamu terima tidak serentak dilakukan atau hanya kamu yang mendapatkan karena kinerja yang baik. Jadi, pastikan kamu menghindari untuk memberikan informasi gaji tersebut ya!

Jangan Menghancurkan Anggaran Keuangan

Ketika mendapatkan kenaikan gaji, mungkin kamu akan tergoda untuk mulai memanjakan diri. Namun sebelum melakukan hal tersebut, sebaiknya pertimbangkan kembali pengeluaran yang akan dilakukan. Jangan sampai pengeluaran yang dilakukan melebihi jumlah penghasilan yang didapatkan. Hal inilah yang sering membuat gaji menjadi tidak cukup dan sering habis sebelum tanggal gajian tiba.

Fokus Membayar Tagihan yang Dimiliki

Ketika berhasil mendapatkan kenaikan gaji, cobalah manfaatkan gaji tersebut untuk membayar tagihan dan utang yang selama ini dimiliki. Semakin cepat kamu melunasi utang, maka semakin mudah kamu untuk mencapai berbagai tujuan keuangan yang lain. Tanpa adanya utang atau tanggungan inilah kamu bisa menabung lebih cepat.

Jangan Lupakan Dana Darurat

Tidak semua orang memiliki tabungan darurat yang bisa bermanfaat ketika keadaan mendesak terjadi. Namun, ketika kamu mendapatkan kenaikan gaji, maka inilah saat yang tepat untuk mulai mengumpulkan dana darurat. Jumlah dana darurat ideal yang harus dimiliki adalah sekitar 6 bulan biaya hidup. Dengan dana darurat inilah kamu bisa lebih tenang dan bebas khawatir menjalankan kehidupan.

Jika kamu belum memiliki dana darurat dan tiba-tiba ada keperluan mendesak, pastikan kamu tidak mengajukan pinjaman ya! Karena sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikaasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengambil gaji instan dan fleksibel tanpa harus menunggu tanggal gajian yang bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan darurat tersebut.

Tambahkan Investasi dan Tabungan

Tidak hanya untuk dana darurat saja, ketika berhasil mendapatkan kenaikan gaji, maka ini juga saatnya kamu bisa menambah jumlah investasi dan tabungan kamu. Karena ketika mendapatkan kenaikan gaji karyawan, artinya kamu memiliki akses ke lebih banyak sumber dana dan berpeluang untuk menabung dan berinvestasiĀ 

Hasil investasi tersebut nantinya bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, misalnya untuk dana pendidikan, dana liburan, dana membeli rumah, dan sebagainya.

Jangan Lupa Bersenang-senang

Setelah mendapatkan kenaikan gaji, kamu juga bisa melakukan self reward atas kerja keras yang dilakukan selama ini. Tidak ada salahnya bersenang-senang sebagai ungkapan syukur dan rasa terima kasih kepada diri sendiri. Kamu bisa coba meluangkan waktu untuk merayakan pencapaian dan memanjakan diri.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika mendapatkan kenaikan gaji. Pastikan kamu bisa mengatur keuangan dengan baik agar peningkatan gajimu bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk masa depan.