Sudah Rencanakan Buka Bersama di Kantor? Ini Manfaat yang Bisa Didapatkan!

Tidak terasa, sudah masuk di pertengahan bulan puasa. Biasanya di waktu-waktu inilah, banyak teman atau keluarga yang mengajak bukber atau buka bersama. Selain untuk buka bersama, acara ini juga diadakan untuk menjalin silaturahmi, kumpul bersama keluarga besar, hingga reuni bersama teman-teman yang sudah lama tidak berjumpa. Nah, bukan hanya dengan teman atau keluarga, biasanya acara ini juga sering diadakan perusahaan untuk mempererat hubungan antar rekan di kantor. Bukan hanya itu, nyatanya ada banyak sekali manfaat buka bersama di kantor. Apa saja manfaatnya?

Mengakrabkan dan Mempererat Silaturahmi Antar Rekan Kerja 

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dengan mengadakan buka bersama di kantor adalah mendekatkan dan mempererat hubungan karyawan dengan manajemen perusahaan atau antar karyawan itu sendiri.

Meski setiap hari bertemu, nyatanya tidak semua orang di kantor saling kenal dan dekat satu sama lain. Padahal, untuk bekerja lebih produktif, hubungan kerja di kantor merupakan kunci penting yang harus dimiliki. Oleh karena itu, dengan acara buka bersama di kantor, maka perusahaan bisa memberikan wadah bagi karyawan maupun pihak manajemen mendekatkan diri dan sebagai ajang mengenal rekan-rekan kantor di luar urusan pekerjaan.

Saling berkomunikasi dengan rekan kerja sambil menyantap santapan buka puasa juga bisa membuat suasana lebih hangat dan akrab sehingga silaturahmi dapat terjalin lebih erat.

Baca Juga: 6 Kegiatan Perusahaan di Bulan Ramadan yang Tingkatkan Produktivitas

Meningkatkan Kerjasama

Selain mengakrabkan dan mempererat tali silaturahmi yang sudah terjalin, buka puasa bersama juga bisa membantu meningkatkan kerja sama, baik antar tim maupun antar divisi.

Kenapa harus dekat dan akrab? Karena biasanya sebagian besar orang akan lebih nyaman ketika bekerja dengan orang yang sudah dikenal dan sudah akrab. Nah, buka bersama inilah yang menjadi awal memulai kerja sama yang lebih baik antar rekan kerja, tim, maupun antar divisi.

Membangun Hubungan Baru dan Memperluas Jaringan 

Biasanya seorang karyawan cenderung fokus pada rekan-rekan kantor yang memiliki hubungan profesional dalam pekerjaan. Padahal, banyak karyawan lainnya yang mungkin cocok untuk menjadi teman dari karyawan itu sendiri, meski tidak pernah bekerja sama dalam satu pekerjaan di kantor.

Dengan memfasilitasi buka bersama untuk seluruh karyawan inilah, maka karyawan bisa memperluas jaringan dengan rekan-rekan kantor di luar lingkup pekerjaan mereka saat ini. Saat bukber, pastikan seluruh karyawan bisa melakukan komunikasi dengan rekan-rekan kantor yang belum dikenal dekat atau bahkan belum kenal sama sekali.

Bagaimana caranya? Mungkin bisa dengan membuat kegiatan kuis dengan tim yang diambil secara acak dan tidak boleh satu tim atau satu divisi. Sehingga, mereka bisa membaur dengan karyawan lainnya yang belum pernah melakukan kerja sama di hari-harinya.

Mengisi Waktu Luang yang Bermanfaat 

Selama bulan Ramadan, umat muslim akan sangat dianjurkan untuk fokus beribadah, memperbanyak kebaikan, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Cobalah buat acara buka puasa yang tidak hanya bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan, tapi bisa juga melibatkan pihak lain.

Misalnya buka bersama dengan mengundang anak yatim dan memberikan santunan, atau mengadakan buka bersama kemudian disusul acara pengajian, dan sebagainya. Dengan begitu, perusahaan bisa meningkatkan citra positif ke internal maupun eksternal, sekaligus memberikan manfaat bagi karyawan maupun lingkungan. 

Promosi dan Branding Perusahaan

Kegiatan buka puasa bersama di kantor juga bisa jadi kesempatan untuk perusahaan mempromosikan bisnis atau mempromosikan pekerjaan kepada calon karyawan. Gunakan juga kesempatan ini untuk branding dan mengajak rekan bisnis  berinvestasi atau mengerjakan proyek sampingan bersama yang bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis.

Agar kegiatan promosi dan branding dalam acara buka bersama di kantor lebih maksimal, perusahaan bisa memberikan tantangan kepada seluruh karyawan untuk berbagi keseruan melalui social media mereka dan perusahaan akan memberikan hadiah untuk pemenang terbaik.

Nah itulah beberapa manfaat mengadakan buka bersama di kantor. Selain mendapatkan banyak manfaat seperti di atas, buka bersama juga bisa menjadi salah satu benefit karyawan di bulan Ramadan.

Selain buka bersama di kantor, perusahaan juga bisa memberikan benefit karyawan lainnya seperti akses pembayaran gaji di muka. Benefit ini akan membantu karyawan memenuhi kebutuhannya selama bulan Ramadan ketika uang THR dan gaji belum diterima. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan segera sekarang juga seluruh karyawan dalam aplikasi KINI.id dan manfaatkan benefit yang diberikan!