Mau Merayakan Momen Kemerdekaan di Kantor? Ini 7 Ide Lomba Agustusan yang Bisa Dilakukan

Sebentar lagi Indonesia merayakan hari Kemerdekaannya. Di momen ini, biasanya banyak orang, kelompok, hingga perusahaan memeriahkannya dengan membuat perlombaan 17an. Bagi perusahaan, momen atau kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kerja sama karyawan hingga meningkatkan keterlibatan karyawan dalam perusahaan. Apalagi jika perusahaan memberikan hadiah yang menarik. Bukan hanya dari sisi materi, perusahaan juga bisa memberikan hadiah berupa jatah cuti tambahan atau benefit lainnya yang memang dibutuhkan karyawan. Lalu, ide lomba agustusan apa yang menarik dan bisa mengajak seluruh karyawan terlibat didalamnya?

Tebak kata

Perlombaan pertama yang bisa kamu lakukan di dalam kantor adalah lomba tebak kata. Permainan ini tidak membutuhkan ruangan yang luas, namun seluruh karyawan tetap bisa berpartisipasi didalamnya. 

Kamu bisa membagi seluruh karyawan dalam beberapa tim, kemudian berikan suatu kata. Di mana, kata tersebut harus disampaikan hingga peserta terakhir dalam tim menebaknya. Agar lebih menantang, kamu bisa memasangkan headset atau penutup telinga lainnya. Dengan adanya lomba ini, karyawan bisa menjalin kerja sama yang baik hingga nantinya membuat mereka lebih kompak.

Tebak lagu

Perlombaan ini hampir sama dengan tebak kata, di mana tiap peserta dibagi dalam tim. Peserta pertama akan diperdengarkan musik dan diharuskan untuk menebak lagu tersebut.  Jika berhasil ditebak, peserta selanjutnya akan diperdengarkan musik yang berbeda, dan dilakukan hingga peserta terakhir hingga waktu yang ditentukan telah selesai.

Estafet sarung

Permainan ini juga dilakukan dengan membagi karyawan dalam beberapa tim. Di mana, setiap tim harus memindahkan sarung dari peserta satu ke peserta lainnya dengan berpegangan tangan tanpa boleh melepaskan tangannya. Tim tercepat akan menjadi pemenang dalam lomba ini. Selain seru, lomba ini juga bisa meningkatkan kerja sama antar tim lho!

Tebak gerakan

Seperti lomba sebelumnya, permainan ini juga dilakukan dalam tim, di mana peserta pertama akan memberikan gerakan untuk ditebak oleh peserta kedua. Jika peserta kedua sudah yakin jawabannya benar, ia harus menyampaikan gerakan terhadap jawaban tersebut ke peserta selanjutnya, hingga ke peserta terakhir.

Nah, peserta terakhirlah yang  bertanggung jawab untuk menebak kata berdasarkan gerakan yang diberikan peserta sebelumnya. Jika salah, tim tersebut akan kalah. Jika benar, pemenang dilihat dari yang paling cepat menebak gerakan dengan benar. 

Memindahkan karet dengan wajah

Bagi kamu yang ingin mengadakan lomba untuk karyawan perorangan, kamu bisa coba lomba memindahkan karet dengan wajah. Cara mainnya adalah seseorang akan diberikan karet di wajahnya dan yang tercepat memindahkan karet dari atas hingga ke bawah hanya dengan ekspresi wajahnya adalah pemenangnya.

Lomba dekorasi ruang/meja kerja

Perusahaan juga bisa memeriahkan momen kemerdekaan di kantor dengan lomba dekorasi ruang atau meja kerja. Dengan ini, kegiatan kantor tetap bisa berjalan sambil tetap memeriahkan perayaan kemerdekaan. Selain itu, dengan lomba ini, ambience di kantor pun makin terasa sedang merayakan kemerdekaan.

Lomba yel-yel antardivisi

Perusahaan juga bisa membuat lomba adu yel-yel antar divisi. Dengan lomba ini, maka perusahaan bisa melihat kekompakan divisi yang ada di perusahaan. Apalagi biasanya, tiap divisi akan cukup intens berkomunikasi demi membahas pekerjaan. 

Dengan lomba ini, ikatan antardivisi dapat menjadi lebih erat karena dituntut untuk membuat yel-yel secara bersama. Kekompakan dan keunikan yel-yel menjadi poin penilaian dalam penentuan pemenangnya. 

Itulah beberapa ide lomba Agustus di kantor yang dapat kamu lakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Dengan mengadakan perlombaan ini, perusahaan pun punya banyak manfaat mulai dari meningkatkan kerja sama antar tim, meningkatkan kekompakan, dan sebagainya. Selain itu, karyawan pun bisa makin bersemangat dalam menjalankan lomba sekaligus bisa mendapatkan benefit berupa hadiah yang ditawarkan perusahaan.

Nah, selain benefit hadiah yang bisa diterima karyawan di momen agustusan ini, perusahaan juga bisa memberikan benefit akses gaji dibayar di muka untuk menarik dan meningkatkan loyalitas karyawan. Dengan adanya akses gaji dibayar di muka, karyawan bisa lebih fokus bekerja tanpa harus khawatir masalah keuangan yang ditimbulkan karena kebutuhan darurat.

Sekarang perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk memberikan akses pembayaran gaji di muka tanpa harus pengelolaan keuangan yang ribet atau menggunakan anggaran perusahaan. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan seluruh karyawan di perusahaan dalam aplikasi KINI.id sekarang!