Baby boomers merupakan generasi yang lahir di rentan tahun 1946 hingga 1964. Menurut data CNBC Indonesia pada awal tahun 2021 lalu, jumlah generasi ini semakin langka yaitu di angka 11.56%. Meski begitu, generasi ini masih ditemukan di beberapa perusahaan, khususnya perusahaan korporasi atau corporate. Biasanya generasi ini telah memiliki banyak pengalaman dan memiliki posisi manajemen teratas. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan memerhatikan generasi ini agar mereka lebih loyal terhadap perusahaan dan memberikan kinerja terbaiknya. Karena merekalah yang selama ini membantu perusahaan berkembang hingga saat ini. Lalu, apa saja benefit untuk baby boomer?

Asuransi Kesehatan

Biaya kesehatan akan terus meningkat dari tahun ke tahun, biasanya sekitar 10% hingga 11% per tahunnya. Dengan meningkatnya biaya kesehatan inilah, asuransi kesehatan bisa menjadi salah satu benefit yang menarik bagi seluruh karyawan, termasuk karyawan di generasi baby boomer.

Bagi baby boomer, asuransi kesehatan ini menjadi hal paling penting, di mana semakin bertambah usianya, risiko terjadinya penyakit menjadi lebih besar. Sehingga, banyak generasi baby boomer yang mengatakan bahwa benefit asuransi kesehatan menjadi salah satu benefit yang paling membantu mereka mencapai tujuan keuangan di usianya saat ini.

Program Kesehatan

Generasi ini umumnya akan mulai memprioritaskan kesehatan mereka dan mulai peduli dengan gaya hidup sehat. Biasanya, mereka akan mulai menjaga makan dan melakukan olahraga dengan rutin demi tubuh yang sehat. Oleh karena itu, program kesehatan dari perusahaan sangat menarik bagi mereka. Tidak hanya membuat mereka lebih muda dan vital, program kesehatan ini juga membantu menekan biaya perawatan kesehatan dan mengurangi risiko penyakit di usia tua.

Pelatihan Profesional

Banyak orang yang berstereotip bahwa generasi boomers adalah generasi yang tidak dapat atau tidak akan mengikuti perubahan, teknologi, dan lainnya. Namun, pada kenyataannya, hal ini dilatarbelakangi karena tidak adanya kesempatan yang diberikan kepada mereka untuk berubah.

Menurut Gallup, terdapat 3 dari 10 Boomer yang setuju bahwa mereka menerima kesempatan untuk belajar dan berkembang di tempat kerja. Meskipun mereka tidak tumbuh dengan teknologi seperti rekan kerja yang lebih muda, generasi boomer tetap memiliki pandangan optimis dan orientasi muda, sehingga mereka bisa beradaptasi dengan perubahan teknologi.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menawarkan peluang bagi generasi boomers untuk mengikuti pembelajaran atau pelatihan terbaru sebagai investasi. Dengan adanya pengalaman dan keterlibatan boomers, maka mereka bisa lebih engage dengan perusahaan dan membantu meningkatkan loyalitas mereka.

Fleksibilitas Kerja

Bukan hanya generasi millennial saja yang menginginkan fleksibilitas kerja, nyatanya hampir banyak generasi boomer juga menginginkan fleksibilitas kerja, sehingga mereka bisa memiliki waktu yang seimbang, antara pekerjaan dan keluarga. Mereka lebih mengingnkan waktu kerja yang seimbang dibandingkan kenaikan gaji.

Dengan fleksibilitas waktu bekerja inilah mereka bisa memanfaatkan waktu mereka bersama keluarga di rumah, dan sering digunakan bagi mereka yang sudah harus membantu merawat pasangan atau anggota keluarga di rumah.

Akses Gaji Lebih Fleksibel

Sama halnya dengan fleksibilitas kerja, generasi ini juga berharap bisa mengakses gajinya lebih fleksibel. Meski generasi ini sudah bisa dibilang bebas finansial, namun masih ada beberapa kebutuhan yang terkadang perlu dipenuhi secara dadakan. Misalnya saja ketika ban mobil bocor atau membantu sanak saudara ketika terkena musibah.

Generasi ini lebih memilih untuk menggunakan gajinya dibandingkan mengambil uang tabungan mereka. Namun, biasanya jika kebutuhan ini diperlukan di tengah bulan, mereka tidak memiliki uang untuk kebutuhan dadakan tersebut. Hal ini karena mereka sudah melakukan saving di awal bulan.

Untuk itu, sangat menarik bagi mereka jika perusahaan menawarkan benefit akses pembayaran gaji yang lebih fleksibel. Dengan benefit ini, mereka bisa lebih mudah mengakses gajinya kapan dan di mana saja, dan mengambil gaji mereka secara prorata sesuai dengan kebutuhan mereka saat itu juga.

Perusahaan bisa memberikan benefit akses pembayaran gaji fleksibel ini dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, karyawan bisa mengambil gaji kapan pun dan di mana pun tanpa perlu menunggu tanggal gajian dengan jumlah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!5 Benefit untuk Baby Boomer yang Menarik & Membuat Mereka Lebih Loyal