Pinjol Vs EWA, Mana yang Lebih Baik & Menguntungkan bagi Finansial?

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai memberikan akses pembayaran gaji instan atau earned wage access (EWA). Namun, masih banyak juga orang yang masih salah kaprah dah menganggap EWA sama dengan pinjol. Kesalahpahaman inilah yang akhirnya membuat banyak karyawan akhirnya tidak memanfaatkan benefit ini dan lebih memilih pinjol. Tapi tahukah kamu sebenarnya apa perbedaan pinjol dan EWA?

Pada dasarnya, pinjaman online (pinjol) sering menjadi alternatif ketika seseorang membutuhkan dana darurat. Sistem pengajuannya yang mudah dan cepat membuat pinjol semakin tren belakangan ini. Sayangnya, meski membantu pinjol juga sangat berisiko dan berbahaya bagi keuangan di kemudian hari. Mulai dari bunga tinggi, denda yang besar, hingga tekanan stres finansial.

Untuk mengatasi masalah inilah akhirnya beberapa perusahaan memutuskan untuk memberikan benefit EWA. Bedanya, EWA di sini bukanlah pinjaman online, melainkan layanan akses gaji fleksibel di mana karyawan perusahaan bisa menarik gaji kapan pun dan di mana pun. Dengan EWA, karyawan bisa menarik gaji dalam keadaan mendesak dan tidak perlu menunggu sampai akhir bulan untuk menerima upah.

Meski sudah jelas perbedaannya, masih banyak juga karyawan yang menganggap EWA mirip dengan pinjol. Padahal jelas keduanya berbeda dan EWA pun tidak berisiko seperti pinjol. Nah, agar tidak salah lagi, di bawah ini adalah beberapa perbedaan pinjaman online dengan earned wage access (EWA) yang perlu diketahui.

Pinjaman Online VS EWA

Pinjaman online merupakan aplikasi di mana pengguna bisa mengajukan pinjaman atau kredit secara online. Aplikasi ini menjadi salah satu inovasi teknologi di bidang finansial yang dikenal dengan istilah financial technology (fintech).

Dengan keberadaan pinjal, proses pinjam-meminjam yang dulunya dikenal repot dan membutuhkan waktu lama, kini menjadi lebih mudah dan cepat. Biasanya, untuk mengajukan pinjol, kamu hanya butuh KTP, Selfie, dan kuota Internet. Hanya dalam waktu 5 menit, dana pun sudah bisa masuk ke rekeningmu.

Sedangkan, earned wage access (EWA) adalah benefit yang dapat diberikan perusahaan kepada karyawannya. Dengan EWA, karyawan dapat mengambil gaji secara fleksibel tanpa perlu menunggu hari gajian yang sudah ditentukan perusahaan.

Sehingga, jika kamu membutuhkan dana darurat, kamu bisa mengambil gaji di depan sesuai dengan dana yang kamu butuhkan. Dan ini bukanlah sebagai pinjaman. Nantinya, dana yang sudah kamu ambil di depan atau sebelum tanggal gajian akan secara otomatis terpotong di tanggal gajian tersebut.

Biaya Pinjaman Online VS EWA

Pinjol dan EWA juga memiliki perbedaan dari sisi biaya yang harus dikeluarkan. Di mana, pinjaman online akan menerapkan sistem bunga harian. Sehingga, ketika seseorang memilih tenor pendek, beban bunga tidak akan begitu terasa. Namun, jika kamu memilih tenor panjang, tentu beban bunga akan menjadi lebih berat.

Baca Juga: Mengenal Aturan Benefit EWA (Earned Wage Access) dalam Perusahaan

Sistem bunga inilah yang akan membuat jumlah pinjaman yang dikembalikan menjadi lebih besar daripada dana yang didapat. Sehingga akan membuat kerugian besar bagi kamu. Bukan hanya bunga, ketika kamu mengalami keterlambatan pembayaran, kamu pun akan dikenakan denda yang jumlahnya cukup besar. Bahkan hitungan dendanya pun mulai berlaku jika kamu terlambat bayar dalam hitungan menit saja. 

Sedangkan, earned wage access (EWA) tidak memungut biaya apapun, apalagi meminta bunga dan denda. Pasalnya, uang yang diambil adalah uangmu sendiri sebagai hak kamu dalam penerimaan gaji karyawan. Selain itu, perusahaan yang hendak memberikan benefit EWA untuk karyawan tidak akan dikenakan biaya saat ingin bergabung. Sehingga, EWA bisa dinikmati dengan gratis tanpa dikenakan biaya awal ataupun bunga.

Risiko Pinjaman Online VS EWA

Perbedaan terakhir antara penjual dan EWA terletak pada risikonya. Di mana, pinjol memiliki risiko yang besar, apalagi jika kamu menggunakan jasa pinjol ilegal.  Misalnya, utang akan ditagih secara rutin, data pribadi kemungkinan tersebar atau bocor, hingga denda dan bunga yang terus menumpuk. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan mengganggu keuangan dan juga kesehatan mentalmu.

Apalagi saat ini sudah banyak berita dan kasus banyaknya orang bunuh diri atau melakukan tindakan kriminal karena terlilit utang pinjol. Jadi, pastikan kamu mewaspadai risiko-risiko yang mungkin akan kamu alami.

Baca Juga: 6 Bahaya Pinjol yang Perlu Dihindari Agar Tidak Terjerat Masalah Berkepanjangan

Sedangkan, ketika kamu memilih EWA untuk memenuhi kebutuhan daruratmu, maka kamu tidak akan menerima risiko apa pun. Hal ini berlaku karena uang yang diambil adalah gaji kamu sendiri. Bedanya, gaji ini bisa kamu ambil lebih dulu sebelum tanggal gajian. Sehingga, risiko seperti dikejar-kejar debt collector tidak akan dirasakan. Selain itu, EWA juga tidak memberikan bunga, sehingga kamu bisa terus menjaga kesehatan finansial.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara memanfaatkan pinjol dan EWA yang perlu kamu pahami. Jadi, setelah memahami perbedaan tersebut apakah kamu masih tertarik untuk lebih memilih pinjol? Atau ingin beralih ke benefit EWA?

Nah, sekarang kamu bisa menggunakan benefit EWA dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gajimu kapan dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan. Jadi tunggu apalagi? Mulai memanfaatkan aplikasi KINI.id sekarang dan hindari masalah keuangan karena pinjol!