13 Pertanyaan yang Bisa Kamu Tanyakan Ketika Sesi Interview Kerja

Ketika kamu melamar kerja dan melakukan sesi interview, biasanya perusahaan akan memberikan kamu kesempatan untuk bertanya mengenai pekerjaan ataupun perusahaan itu sendiri. Nah, agar kamu tidak kebingungan ketika diminta bertanya di sesi interview, maka di bawah ini adalah beberapa pertanyaan interview kerja yang bisa kamu tanyakan langsung ke perusahaan maupun user yang melakukan sesi interview tersebut.

“Bagaimana lingkup kerja atau tugas sehari-hari dari posisi ini?”

Sesi interview merupakan kesempatan kamu belajar banyak tentang peran posisi yang kamu inginkan, sehingga nantinya kamu dapat memutuskan apakah ini adalah pekerjaan yang cocok untukmu atau tidak Selain itu, dengan mempelajari gambaran tugas sehari-hari, kamu juga akan mendapatkan lebih banyak wawasan tentang keterampilan yang diperlukan jika kamu diterima nanti. 

“Kandidat seperti apa yang paling sesuai untuk posisi ini?”

Dengan memberikan pertanyaan ini saat interview, kamu akan mendapatkan banyak informasi penting yang belum kamu peroleh dalam deskripsi pekerjaan yang dicantumkan perusahaan. Kamu pun nantinya bisa mempelajari budaya perusahaan tersebut. Jika jawabannya cocok denganmu, mengapa tidak mempertimbangkan perusahaan ini sebagai tempat kerjamu kelak?

“Bagaimana proyeksi karir posisi yang saya lamar di perusahaan ini?”

Pertanyaan interview ini merupakan pertanyaan yang dapat menggambarkan proyeksi karir kamu di perusahaan tersebut. Biasanya, kamu akan dijelaskan bagaimana perusahaan memberikan penilaian dan melakukan promosi untuk masing-masing karyawannya. Selain itu dengan pertanyaan ini, kamu pun bisa  lebih jelas mengetahui jenjang karir dan prospek di masa akan datang.

“Bagaimana prospek perusahaan dalam 5 tahun mendatang?”

Jika kamu berencana untuk berada dalam posisi tersebut selama beberapa tahun, pastikan perusahaan tersebut berkembang dan tidak bangkrut. Cari tahu juga tentang kondisi bisnis perusahaan. Jangan sampai kamu bergabung ketika perusahaan sebenarnya sedang nyaris gulung tikar.

“Apa potensi terbesar perusahaan saat ini?”

Pertanyaan ini bisa menunjukkan motivasimu untuk memanfaatkan peluang di perusahaan tersebut. Di samping itu, dengan memberikan pertanyaan inilah kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang fokus perusahaan dalam beberapa waktu mendatang. Sehingga membuatmu bersiap menghadapi tantangan di masa depan.

“Apa yang Bapak/Ibu sukai selama bekerja di perusahaan ini?”

Pertanyaan interview ini memang sedikit terang-terangan ditanyakan langsung ke user atau HR. Namun, dengan pertanyaan ini kamu bisa mengetahui kultur kerja yang berlaku di perusahaan tersebut. Di mana, kultur kerja sangat penting dan berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap produktivitas kerja nantinya. Dari jawaban yang kamu dapat, kamu akan bisa membayangkan apakah kultur kerja yang berlaku sesuai preferensi atau malah berbeda dengan ekspektasi yang kamu harapkan. Sehingga, kamu pun bisa lebih mudah memutuskan untuk bergabung atau tidak ke perusahaan tersebut.

“Bagaimana jalur karir untuk posisi saya ini?”

Pertanyaan ini dapat membantu kamu mempelajari apakah perusahaan mempromosikan kemajuan karirmu di sana nanti. Dengan mengajukan pertanyaan ini, kamu dapat menunjukkan minat untuk tumbuh bersama perusahaan. Namun, kamu mesti cukup berhati-hati untuk tidak mengucapkannya dengan cara yang terdengar terlalu mementingkan diri sendiri. 

“Bagaimana cara perusahaan menilai keberhasilan kinerja karyawan?”

Dengan mengetahui cara perusahaan mengukur keberhasilan kinerja karyawan adalah hal terpenting. Dengan pertanyaan ini, kamu bisa memahami bagaimana caranya bisa meraih karir yang baik di perusahaan tersebut.  Selain itu, lewat pertanyaan ini, kamu juga bisa memutuskan apakah nilai dan budaya perusahaan selaras dengan nilaimu atau tidak.

“Apa proses selanjutnya dalam rekrutmen ini?”

Pertanyaan ini menunjukkan bahwa kamu tetap berminat dengan posisi tersebut. Ini juga akan membantumu mendapatkan informasi penting tentang deadline perekrutan sehingga kamu dapat melakukan follow-up dengan tepat. Namun, hindari untuk terlalu mengejar-ngejar perusahaan. Karena nantinya akan berdampak buruk bagi kamu sebagai calon karyawan.

“Seperti apa program people development yang ada di perusahaan ini?”

Pertanyaan interview kerja terkait people development bisa menjadi bahan pertanyaan untuk mengetahui bagaimana rencana yang dimiliki perusahaan terkait pengembangan sumber daya manusia yang dimilikinya. Melalui jawaban yang kamu terima nanti, kamu bisa melihat sejauh mana perusahaan memberikan peluang karyawannya untuk berkembang menjadi profesional yang lebih baik. 

“Divisi dan siapa saja yang akan bekerja dengan posisi ini nantinya?”

Mengetahui divisi apa saja yang terlibat dalam pekerjaan sehari-hari kamu nantinya juga menjadi awal penting yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui informasi ini lebih awal, kamu dapat memproyeksikan sejauh mana kolaborasi yang akan dilakukan dalam pekerjaan kamu nantinya.

“Bagaimana ekspektasi kesuksesan posisi ini dalam 6 bulan pertama?

Pertanyaan interview ini berkaitan dengan ekspektasi perusahaan dalam posisi yang sedang kamu lamar. Melalui jawaban inilah kamu bisa mengetahui seberapa vital peran kamu nantinya. Kamu pun bisa lebih mudah merencanakan apa yang akan kamu lakukan untuk memenuhi ekspektasi perusahaan selama kamu bergabung di perusahaan tersebut.

“Apa saja benefit yang bisa saya dapatkan selain gaji”

Pertanyaan ini sangat penting kamu tanyakan, apalagi bagi kamu yang sudah memiliki tanggungan. Karena biasanya orang pindah kerja atau melamar kerja tidak hanya membutuhkan gaji, tapi juga kenyamanan dan keamanan mereka selama bekerja. Salah satunya aman dari sisi finansial seperti ketika sakit, perusahaan akan menanggung biayanya. Sehingga kamu tidak perlu pusing dan khawatir mengenai masalah keuangan jika di kemudian hari terjadi risiko tersebut.

Nah, salah satu benefit yang saat ini sangat membantu masalah keuangan karyawan adalah benefit pembayaran gaji instan. Di mana, dengan pembayaran gaji instan, kamu tidak lagi perlu memikirkan masalah keuangan jika di tengah bulan nanti tiba-tiba kamu membutuhkan biaya untuk memenuhi kebutuhan darurat. Karena kamu bisa mengakses gaji kapan pun dan di mana pun sesuai dengan uang yang kamu butuhkan.

Salah satu aplikasi yang membantu kamu mengakses gaji instan adalah aplikasi KINI.id. Jadi, pastikan perusahaan tersebut mendaftarkan seluruh karyawannya ke dalam aplikasi KINI.id ya!