6 Tips Mudik yang Bisa Diterapkan Agar Mudik Sesuai Rencana

Ketika memutuskan untuk mudik di hari raya, tentu kamu butuh dana yang tidak sedikit, apalagi jika kamu mengajak seluruh anggota keluarga. Mulai dari biaya transport, bensin, tol, akomodasi, hingga biaya untuk keluarga di kampung.  Dengan jumlah yang tidak sedikit, tentu kamu perlu menyiapkan biaya mudik dari jauh-jauh hari dengan seoptimal mungkin Agar mampu mengumpulkan biaya mudik sesuai rencana. Berikut beberapa tips mudik yang bisa kamu terapkan.

Baca Juga: Punya Rencana Mudik Lebaran? Ini Biaya Mudik yang Wajib Dipersiapkan!

Siapkan Sedini Mungkin

Agar biaya mudik bisa terkumpul sesuai rencana, pastikan untuk menyiapkannya lebih awal, bahkan sebelum memasuki bulan Ramadan. Dengan waktu yang lebih banyak untuk mengumpulkan anggaran mudik, kamu pun lebih berpeluang untuk menyiapkan biaya mudik sesuai target yang ditentukan.

Sebaliknya, jika kebutuhan mudik disiapkan secara mendadak, kemungkinan besar rencana mudik akan sulit terwujud karena masalah biaya. Di samping itu, menyiapkan dana sejak awal juga bisa meringankan beban keuangan. Terlebih jika memutuskan untuk mudik dengan menggunakan transportasi umum karena mampu mendapatkan tiket dengan harga lebih terjangkau saat memesannya jauh-jauh hari.

Susun Rencana Anggaran dengan Jelas

Setelah mengetahui pengeluaran yang harus dimasukkan pada perkiraan biaya mudik, kamu juga bisa menyusun anggaran tersebut agar lebih jelas. Semakin lengkap anggaran biaya mudik yang dibutuhkan, nominal yang harus dikumpulkan juga akan menjadi lebih akurat.

Rencana anggaran ini juga termasuk kapan tanggal mudik, sehingga jangka waktu untuk menyiapkan anggaran bisa diketahui. Dana yang harus disiapkan tiap bulannya dapat terlihat sesuai dengan lama waktu mengumpulkan dan besaran biaya mudik yang harus disiapkan. 

Buat Rekening Khusus

Agar biaya mudik tidak tercampur dengan kebutuhan lainnya, kamu juga bisa mengumpulkan biaya mudik di rekening khusus. Dengan begitu, kecil kemungkinan risiko uang tersebut digunakan untuk kebutuhan lain yang tidak berhubungan dengan mudik. Jika memungkinkan, simpan dana tabungan mudik ini di instrumen investasi berisiko rendah, seperti reksa dana pasar uang atau deposito. Dengan begitu, nilai dana di dalamnya bisa terus bertambah seiring waktu dan mempermudah dalam mengumpulkan biaya mudik sesuai target. 

Gunakan Dana THR

Bagi kamu yang tidak bisa atau sulit menabung untuk mudik, kamu juga bisa memanfaatkan THR atau Tunjangan Hari Raya untuk biaya mudik. Namun, pastikan dana THR ini hanya kamu gunakan untuk menambah kekurangan dari biaya mudik yang sudah kamu kumpulkan sebelumnya.

Baca Juga: Kesalahan Menggunakan THR & Tips Menghindari Kesalahan Tersebut 

Pasalnya, dana THR bukan hanya kamu gunakan untuk mudik, melainkan untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idulfitri yang kian meningkat hingga menambah dana investasi atau tabunganmu. Yang terpenting, tetap sesuaikan jumlah anggarannya dengan kebutuhan agar kondisi keuangan tetap stabil dan terjaga. 

Sesuaikan Pengeluan Selama Ramadan

Agar mampu mencapai target dana mudik sesuai rencana, atur kembali kebutuhan dan pengeluaran selama bulan Ramadan. Pasalnya, pengeluaran selama berpuasa biasanya akan melonjak dibanding bulan-bulan biasanya. Hal ini terjadi karena adanya ajakan buka bersama, biaya kebutuhan yang harganya melonjak selama Ramadan dan menjelang Idulfitri, dan lain sebagainya. Untuk itu, tetap sesuaikan pengeluaran selama Ramadan dengan kondisi keuangan agar tabungan mudik bisa terkumpul sesuai target.

Baca Juga: 7 Persiapan Keuangan di Bulan Ramadan Agar Keuangan Tetap Aman 

Tambah Pemasukan

Jika kondisi keuangan terpantau tidak mampu meraih besarnya biaya mudik yang harus dikumpulkan, kamu bisa coba memanfaatkan momen Ramadan untuk kerja sampingan. Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa memberikan kamu penghasilan tambahan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba bisnis kecil-kecilan di bulan Ramadan misalnya menjual takjil, menawarkan hampers Ramadan, dan sebagainya. Dengan begitu, dana yang kamu dapatkan bisa menjadi tambahan untuk memenuhi biaya mudik.

Itulah beberapa tips mudik yang bisa kamu terapkan agar momen mudikmu berjalan sesuai rencana. Jika dana mudikmu masih kurang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id, alih-alih harus berutang. Dengan KINI.id, kamu bisa mengakses gajimu lebih awal sesuai dengan biaya yang kamu butuhkan, dengan angka maksimal gaji sesuai dengan hari kerja yang sudah kamu lalui.