5 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan bagi Karyawan

Tidak ada manusia yang puas dengan apa yang telah mereka dapatkan saat ini, termasuk dalam hal penghasilan. Apalagi kebutuhan terus bertambah setiap tahunnya, dan gaji yang diterima saat ini dirasa kurang. Hal ini sering membuat beberapa orang memutar otaknya untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Nah, bagi kamu yang saat ini sudah bekerja namun tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Mencoba Menjadi Dropshipper atau Reseller

Saat ini banyak orang yang mulai memanfaatkan bisnis online untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi, saat ini banyak konsumen yang juga mulai beralih belanja melalui online dibanding harus datang langsung ke toko. Hal ini membuat bisnis dengan sistem dropship dan menjadi reseller banyak diminati, terutama bagi pemula yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan namun tidak memiliki modal, kamu bisa menjadi dropshipper dengan menjual barang milik supplier tanpa harus memiliki stok. Kamu hanya perlu memanfaatkan platform online untuk berjualan. Kamu hanya perlu menaikan harga dari supplier dan seluruh pengiriman akan dibantu langsung oleh supplier atas nama toko kamu.

Sedangkan, bagi kamu yang memiliki modal kecil dan ingin penghasilan yang lebih besar, kamu bisa menjadi reseller. Bedanya, di sini kamu harus memiliki stok barang dan melakukan proses jual beli lebih leluasa mulai dari quality control produk ditangani sendiri, bisa berjualan offline, dan juga margin penjualan bisa lebih tinggi.

Mengambil Job Freelance Online

Bagi kamu yang memiliki skill tertentu, kamu bisa coba menambah penghasilan dengan mencari pekerjaan freelance di Internet. Dengan mengambil pekerjaan freelance, waktu kamu bekerja di kantor pun tidak akan terganggu dan kamu bisa mendapat penghasilan tambahan.

Ada banyak situs-situs penyedia job freelance yang bisa kamu kunjungi mulai dari freelancer, sribulancer.com, projects.co.id, fiverr.com, dan masih banyak lagi. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan skill kamu. Di sana, kamu akan menemukan berbagai pekerjaan di beberapa bidang seperti desain grafis, web development, copywriting, penerjemah, dan lain sebagainya

Namun, sebelum mencari pekerjaan, pastikan juga kamu membuat profil yang menarik dan share portofolio terbaik kamu agar kamu bisa bersaing dari banyaknya pencari job freelance lain. Dengan profil dan reputasi baik, kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Memulai Investasi 

Bagi kamu yang memiliki dana berlebih, kamu bisa memasukkan uang tersebut ke instrumen investasi. Ini merupakan salah satu cara kamu mendapatkan passive income. Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu manfaatkan mulai dari emas, trading forex, tabungan deposito, trading saham, reksa dana, dan lain sebagainya

Selain itu, untuk memulai investasi di zaman sekarang pun sangat mudah. Kamu bisa memanfaatkan platform investasi online yang saat ini sudah banyak kamu temukan. Pastikan juga kamu sudah mengecek platform tersebut telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan, agar kamu tidak terjerumus ke dalam investasi bodong.

Sebelum memilih investasi yang tepat, pastikan juga kamu telah memahami instrumen yang kamu pilih, mulai dari cara kerjanya, risikonya, dan sebagainya. 

Menjadi Agen Asuransi

Buat kamu yang suka ngobrol dan mendengarkan cerita orang, serta memiliki networking yang luas, kamu bisa mengambil kesempatan untuk menjadi agen asuransi. Dengan menjadi agen asuransi, kamu bisa menerima komisi antara 5-30% dari total pendapatan premi per tahun. Bahkan, jika kamu berhasil menjual produk asuransi dengan jumlah yang besar, kamu bisa mendapatkan reward dari pihak asuransi, mulai dari liburan gratis, smartphone, laptop, dan hadiah lainnya.

Menjadi Content Creator

Buat kamu yang hobi berselancar di dunia maya seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan sebagainya, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuat konten, bisa dalam bentuk gambar atau video dan menguploadnya di social media kamu.

Cobalah buat konten secara konsisten untuk menambah followersmu, karena semakin banyak followers, maka semakin besar kesempatan kamu mendapatkan penghasilan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat penghasilan, mulai dari menjadi influencer dengan mempromosikan produk dari brand, mengaktifkan fitur Monetization di akun YouTube, dan masih banyak lagi.

Dengan menjadi content creator, penghasilan yang akan kamu dapatkan pun tidak sedikit. Bahkan ada seorang content creator yang bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta per bulan. Menarik bukan?

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan memiliki penghasilan tambahan, kamu tidak perlu khawatir jika gajimu habis di tengah bulan. Kamu juga tidak perlu repot meminjam uang ke pinjaman online, KTA, atau ke temanmu hanya untuk memenuhi kebutuhan daruratmu.

Namun, jika saat ini kamu belum memulai cara di atas dan membutuhkan uang segera, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kini.id. Dengan aplikasi Kini.id, kamu bisa mencairkan gaji kamu di muka tanpa harus menunggu tanggal gajian. Sehingga, kamu tidak perlu repot melakukan pinjaman online dan tetap fokus bekerja tanpa memikirkan cara mendapatkan kas untuk memenuhi kebutuhan daruratmu saat ini.

Jadi tunggu apalagi? Daftarkan diri kamu dan perusahaanmu di aplikasi Kini.id dan dapatkan akses gajian lebih awal!