9 Destinasi Libur Lebaran yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga

Momen lebaran sering dijadikan sebagai liburan bagi beberapa orang, terutama orang yang tidak bisa mudik karena berbagai alasan. Bukan hanya berlibur, tempat wisata di momen lebaran juga sering dijadikan tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan bertemu sanak saudara lainnya. Namun, kamu harus pintar-pintar memilih destinasi libur lebaran, pasalnya di momen ini akan ada banyak tempat wisata yang penuh dan kemungkinan akan ramai. Lalu apa saja destinasi libur lebaran yang bisa jadi rekomendasi untuk liburan bersama keluarga?

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor menjadi destinasi wisata libur lebaran terfavorit dan juga populer yang banyak diminati wisatawan. Selain sebagai tempat edukasi, Kebun Raya ini juga bisa menjadi taman rekreasi wisata di alam terbuka yang nyaman. Di sini, kamu bisa melihat koleksi 15 ribu jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Konon Kebun Raya Bogor ini merupakan salah satu kebun botani tertua yang ada di Asia.

Tidak hanya itu, di Kebun Raya Bogor jugalah kamu bisa melakukan piknik bersama keluarga sambil menikmati pemandangan kebun raya bogor atau memberi makan rusa yang ada di sekitar lokasi.

Taman Safari Indonesia

Bagi kamu yang ingin mengisi liburan sambil berpetualangan dengan keluarga, maka Taman Safari Indonesia bisa jadi pilihan. Di Taman Safari ini kamu bisa berwisata edukasi sambil menyapa hewan-hewan yang dilepas secara liar di Taman Safari Indonesia.

Tak hanya itu, di Taman Safari Indonesia ini, kamu juga dapat menyaksikan beragam atraksi dari hewan hingga permainan anak-anak yang cukup menantang. Oleh sebab itu, Taman Safari Indonesia wajib masuk daftar destinasi wisata liburan kamu saat libur lebaran.

Air Terjun Leuwi Lieuk

Masih dari wisata Bogor, air terjun Leuwi Lieuk ini berada di Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di sini, kamu bisa melihat bagian sungai yang diapit oleh bebatuan yang menjulang tinggi. Kamu dan keluarga bisa menghabiskan waktu untuk bermain alam sambil menikmati cuaca sejuk kota Bogor.

Pulau Bidadari

JIka kamu ingin wisata yang cukup privat dan eksklusif, Pulau Bidadari bisa jadi pilihan wisata yang tepat bagi kamu. Karena lokasinya yang masih sangat alami, kamu bisa bertemu dengan lumba-lumba. Tentu itu akan menjadi pengalaman wisata yang tidak terlupakan. Di Pulau Bidadari juga kamu bisa melakukan berbagai kegiatan mulai dari berenang, snorkeling, bermain pasir, hingga melihat matahari terbenam.

Curug Bugbrug

Bagi kamu yang ingin berlibur di Kota Bandung, kamu bisa coba mengunjungi Curug Bugbrug. Air terjun satu ini berada di Bandung Utara dan menjadi air terjun yang wajib kamu dan keluarga kunjungi saat berlibur lebaran. Di sini, kamu dan keluarga bisa berfoto sambil menikmati suhu yang sejuk dan pemandangan yang benar-benar alami di Curug Bugbrug.

Saat lebaran, curug ini mungkin akan menjadi sebuah destinasi wisata yang favorit. Namun, keindahan alamnya tidak akan mengecewakan meskipun sedang ramai dikunjungi orang.

Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Parangtritis? Pantai ini menjadi destinasi favorit wisatawan saat liburan ke Yogyakarta. Pasir yang menghampar luas dengan indahnya laut selatan membuat siapa pun betah berlama-lama menikmati panorama di Pantai Parangtritis. Ditambah lagi dengan adanya berbagai wahana bermain seperti kolam renang, paralayang, ATV hingga delman yang bisa membuat libur lebaranmu semakin seru.

Lawang Sewu

Semarang juga memiliki destinasi wisata yang populer di mata wisatawan, apalagi kalo bukan Lawang Sewu. Bangunan yang unik dan penuh sejarah ini berlokasi di area Tugu Muda Semarang. Banyak wisatawan dari berbagai daerah menjadikan Lawang Sewu menjadi tujuan wisata mereka dan destinasi ini akan ramai pengunjung saat hari menjelang malam.

Malioboro

Kawasan Malioboro Yogyakarta adalah tempat andalan pariwisata saat libur Lebaran. Lokasinya yang penuh dengan tempat belanja, kuliner, hingga tempat wisata yang menarik menjadi alasan utama wisatawan berbondong-bondong memadati tempat ini.  Berbagai hasil kerajinan, batik, benda-benda seni, makanan khas hingga barang-barang antik bisa kamu temui di sepanjang jalan Malioboro.

Baca Juga: Tips Mengatur THR untuk Liburan Setelah Lebaran!

Cukang Taneuh

Cukang Taneuh atau terkenal dengan julukan Green Canyon Pangandaran menawarkan pemandangan air terjun, tebing, dan gua yang menawan di daerah Kertayasa. Sepanjang perjalanan menuju lokasi ini, kamu akan disuguhi pemandangan yang teduh dengan air sungai berwarna hijau. Di sini, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti body rafting, panjat tebing, berenang, atau menaiki sampan sambil memancing.

Itulah beberapa destinasi libur lebaran yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Namun, pastikan sebelum berlibur cek terlebih dulu anggaran yang kamu miliki. Jangan sampai keinginan berliburmu justru membuat tagihan kartu kredit melonjak dan membuat keuanganmu menjadi berantakan setelah libur lebaran.

Jika danamu tipis, kamu bisa memanfaatkan KINI.id untuk mengakses gajimu kapan saja tanpa harus menunggu tanggal gajian. Dengan KINI.id, kamu bisa mengakses gaji lebih fleksibel kapan pun sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan KINI.id sekarang sebagai solusi darurat di akhir bulan.