Kesalahan Menggunakan THR & Tips Menghindari Kesalahan Tersebut

Siapa yang tidak senang ketika mendapatkan THR? Setiap karyawan pasti menunggu tanggal cairnya THR untuk memenuhi kebutuhan di hari rayanya. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengatur THR dengan benar dan akhirnya melakukan kesalahan ketika menggunakan THR. Salah satu kesalahan mengatur THR (Tunjangan Hari Raya) yang mungkin sering dilakukan sebagian besar karyawan menjelang hari raya adalah menghabiskannya dalam tempo singkat.

Agar kamu tidak termasuk ke dalam salah satu orang yang melakukan kesalahan menggunakan THR, berikut ini adalah beberapa kesalahan umum mengelola THR yang sering dilakukan dan tips menghindari kesalahan tersebut.

Kesalahan Mengatur THR 

Ada banyak sekali kesalahan mengatur THR yang paling umum dilakukan oleh karyawan yang mengakibatkan kesulitan ekonomi di kemudian hari. Apa saja kesalahan tersebut?

1. Membelanjakan seluruh THR

Banyak masyarakat menganggap bahwa THR berarti mendapatkan rezeki nomplok dalam setahun sekali.  Akhirnya, momen ini sering dimanfaatkan untuk membeli barang-barang incaran seperti barang elektronik, baju, hingga perabotan baru yang menyebabkan tidak adanya sisa uang THR..

Membelanjakan dana THR untuk kebutuhan hari raya bukanlah hal yang dilarang, namun ada baiknya kamu menyisihkan sebagian dari bonus tahunan untuk hal yang lebih bermanfaat seperti sedekah dan tabungan.

2. Tidak mempersiapkan dana darurat

Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di kemudian hari sehingga penting untuk mempersiapkan dana darurat untuk kebutuhan yang terduga di masa akan datang. 

Ada berbagai macam alasan kondisi keuangan masyarakat terus memburuk selama masa pandemi, salah satunya pendapatan usaha yang belum kembali normal, pemotongan gaji hingga potensi terkena PHK.

Momen cairnya THR inilah bisa menjadi waktu tepat mempersiapkan dana darurat sebagai salah satu langkah mitigasi untuk mengantisipasi kesulitan ekonomi yang mungkin memburuk di masa datang.

Baca Juga: 8 Cara Bijak Memanfaatkan THR Agar Keuanganmu Semakin Membaik

3. Tidak membuat anggaran 

Tidak membuat anggaran penggunaan THR juga menjadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan. Umumnya, sebelum menerima THR banyak dari karyawan sudah berencana untuk menyisihkan uangnya untuk disimpan dalam bentuk tabungan dan investasi.  Namun, rencana tersebut tidak terealisasi karena keinginan untuk berbelanja barang-barang konsumtif jauh lebih kuat. 

Untuk menghindari kesalahan ini, cobalah buat anggaran penggunaan jauh-jauh hari. Pastikan kamu membagi THR untuk keperluan rumah tangga, tabungan hingga sedekah.  Dengan membuat anggaran terlebih dahulu, kamu bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran lebih cermat. 

Tips Menghindari Kesalahan Mengatur THR

Setelah mengetahui kesalahan mengatur THR yang umum dilakukan, maka kamu bisa mencari cara agar alokasi THR ini bisa ditempatkan dengan lebih bijak. Berikut tips agar THR tidak habis dalam sekejap yang bisa kamu terapkan.

1. Gunakan untuk modal bisnis

Bagi kamu yang punya rencana untuk memulai bisnis atau sedang menjalani bisnis, kamu bisa memanfaatkan THR sebagai modal usaha. Kamu bisa memulai usaha kecil-kecilan dari dana THR seperti membuka usaha makanan dan minuman, dropship pakaian, hingga jasa titip barang.

Penempatan dana THR sebagai modal usaha juga butuh pertimbangan matang mulai dari menentukan jenis usaha, model bisnis yang tepat, serta target pasar yang jelas agar bisnis bisa berjalan dalam waktu yang relatif lebih panjang.

2. Gunakan untuk melunasi pinjaman

Jika kamu masih memiliki utang atau cicilan, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk melunasi pinjaman jangka pendek. Pada prinsipnya utang memang harus dibayar sehingga, kamu disarankan untuk tidak menunda pembayaran utang agar tidak membentuk kebiasaan finansial yang buruk di masa depan.

3. Gunakan untuk investasi

Jika kamu tidak memiliki utang jangka pendek, maka kamu juga bisa mempertimbangkan opsi untuk mulai berinvestasi dengan dana THR. Beberapa instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan kamu adalah deposito, emas, reksa dana hingga saham. Pastikan sebelum memulai investasi kamu telah mengenal dengan baik keuntungan dan risiko dari instrumen investasi yang kamu pilih.

Itulah beberapa kesalahan menggunakan THR yang sering dilakukan kebanyakan orang. Jadi pastikan kamu tidak mengulangi kesalahan orang lain ya. Nah, jika THR belum cair dan kamu butuh dana darurat, kamu bisa coba memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji dengan lebih fleksibel sesuai dengan dana yang kamu butuhkan.