7 Persiapan Keuangan di Bulan Ramadan Agar Keuangan Tetap Aman

Tidak terasa bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Untuk menyambut bulan Ramadan tentu kamu harus melakukan persiapan keuangan dengan benar. Pasalnya, di momen ini tidak sedikit keluarga yang keuangannya menjadi berantakan karena harus memenuhi kebutuhan selama sebulan penuh. Biasanya ini terjadi karena berkaitan dengan pola makan dan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang berubah ketika berpuasa.

Nah, agar ibadah puasamu lancar dan keuangan tetap terjaga, berikut beberapa persiapan keuangan yang bisa kamu lakukan. 

Buat Rencana Keuangan

Untuk mengatur keuangan di bulan Ramadan, tentu kamu perlu membuat rencana keuangan khusus untuk di bulan Ramadan. Pasalnya, di bulan ini pengeluaran akan meningkat jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Kamu bisa coba merencanakan keuangan dengan memisahkan dana untuk belanja kebutuhan sehari-hari dengan bijak. 

Misalnya, menetapkan anggaran untuk kebutuhan masak berbuka dan sahur, mempersiapkan dana untuk acara buka puasa bersama teman dan keluarga, menyisihkan dana untuk membayar angsuran, biaya listrik, dan kuota internet, hingga menyiapkan dana darurat. Selain itu, jangan lupa menyisihkan sebagian dana untuk bersedekah selama bulan Ramadan. 

Belanja Lebih Awal

Biasanya, harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan selama bulan puasa. Untuk itu, atur keuangan di bulan Ramadan dengan sebaik-baiknya agar tidak habis sebelum waktunya. Caranya adalah dengan berbelanja kebutuhan pokok sebelum memasuki bulan Ramadan. Namun, tetap bersikap bijak dan tidak melakukan “panic buying” khususnya di masa pandemi seperti sekarang. 

Utamakan Kebutuhan

Selama bulan puasa, kamu juga akan melihat banyak sekali penawaran diskon besar-besaran yang menarik. Jika kamu termasuk orang yang mudah tergiur, rencana keuangan yang telah dibuat pasti akan kacau. Untuk itu, tahan keinginan untuk belanja dan selalu utamakan kebutuhan terlebih dahulu. Dengan kata lain, hindari semua pengeluaran yang kurang penting agar terhindar dari pemborosan ataupun belanja secara impulsif.

Kelompokkan Pengeluaran

Kamu juga bisa coba mengelompokkan setiap pengeluaran selama sebulan penuh. Kamu harus pandai memilah antara pengeluaran untuk belanja kebutuhan pokok dengan pengeluaran Hari Raya. 

Misalnya, membeli baju lebaran, kue lebaran, memberi hadiah atau THR (Tunjangan Hari Raya) kepada keluarga terdekat, hingga pengeluaran untuk transportasi mudik lebaran. Pastikan juga untuk mempersiapkan dana untuk membayar zakat fitrah untuk seluruh keluarga. 

Catat Pengeluaran Harian

Di bulan Ramadan maupun di bulan biasanya, kamu tentu tetap harus mencatat semua pengeluaran harian secara terperinci. Cara satu ini bermanfaat agar kamu bisa memantau kemana saja uang yang dikeluarkan selama satu hari sekaligus untuk mengingatkan agar bisa lebih berhemat nantinya.

Buat Daftar Menu Selama Ramadhan

Untuk persiapan keuangan di bulan Ramadan, kamu juga bisa membuat daftar menu makanan untuk berbuka dan sahur selama satu bulan penuh. Hindari terlalu sering berbuka puasa di restoran atau tempat makan lainnya. Selain lebih hemat, kamu juga tidak pusing untuk memikirkan ide menu yang akan dimasak setiap hari karena semua sudah tercatat secara terperinci. 

Komitmen dengan Rencana Keuangan

Cara terbaik agar dana yang kamu miliki sesuai rencana keuangan yang sudah disusun adalah terus berkomitmen dengan rencana tersebut. Sebab, semua persiapan tersebut akan terasa sia-sia jika kamu mengabaikan dan bahkan tidak memiliki komitmen untuk menjalankannya. 

Itulah beberapa persiapan keuangan yang bisa kamu terapkan untuk menyambut bulan Ramadan. Dengan mempersiapkan keuangan dengan matang, kamu bisa terhindar dari pengeluaran yang tidak terlalu penting di bulan Ramadan.

Namun, bulan Ramadan memang sulit diprediksi. Meski sudah menyusun rencana keuangan dengan matang, seringkali harga-harga di bulan ini tiba-tiba berubah dan mengalami kenaikan sehingga merusak keuangan yang sudah dipersiapkan. Untuk mengatasinya kamu pun tidak perlu panik, kamu bisa memanfaatkan KINI.id jika memang nantinya butuh dana darurat untuk memenuhi kebutuhanmu di bulan Ramadan.

Dengan KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji secara instan dan fleksibel sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan, sehingga bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan nanti.