10 Kegiatan Lebaran yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga & Kerabat

Setiap orang pasti menunggu-nunggu momen Idulfitri. Setelah sebulan menjalani puasa, tentu sudah ada banyak rencana kegiatan yang ingin dilakukan bersama keluarga ataupun kerabat terdekat. Agar momen lebaranmu tidak membosankan dan tidak mudah terlupakan, berikut beberapa persiapan sekaligus kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan lebaran.

Mendekorasi rumah

Hari raya Idulfitri identik dengan kegiatan silaturahmi antar keluarga maupun kerabat, serta teman-teman terdekat. Jika rumahmu termasuk rumah yang akan  menerima banyak tamu selama lebaran, maka ada baiknya jika kamu melakukan persiapan lebaran dengan mendekorasi rumah dan menata rapi rumahmu.

Dengan begitu, kamu bisa menyambut kedatangan tamu dengan maksimal. Kamu bisa mulai dengan kembali mengecat rumah jika memang catnya sudah tidak baik. Atau bisa juga menambahkan beberapa dekorasi khas Idulfitri seperti hiasan ketupat ataupun ucapan selamat lebaran di beberapa titik rumah. 

Menghias kue lebaran

Ketika menyambut tamu, tentu kamu tidak ingin bukan melakukannya dengan tangan kosong? Oleh karena itu, kamu bisa coba menyiapkan sajian spesial berupa kue khas hari raya seperti nastar dan putri salju, ataupun menu lebaran lainnya. Selain membelinya langsung di toko, kamu juga bisa membuatnya sendiri bersama keluarga. Selain membuat anggaran lebih hemat, momen membuat kue lebaran juga bisa menjadi momen untuk mendekatkan diri dengan anggota keluarga lainnya. 

Silaturahmi 

Momen lebaran juga bisa dilakukan sebagai ajang silaturahmi dengan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat dekat. Kegiatan ini sudah  menjadi tradisi di masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun, sehingga ada baiknya tidak kamu lewatkan.

Mengirim hampers

Selain menjadi ajang silaturahmi, momen lebaran juga bisa dimanfaatkan untuk mengirim hampers ke orang terdekat. Apalagi jika jarak antara kamu dan orang tersebut cukup jauh dan kamu tidak bisa menjumpainya saat lebaran. Saat ini ada banyak produk yang  bisa kamu jadikan sebagai hampers Idulfitri, bukan hanya sekadar makanan atau cookies, kamu juga bisa memilih produk perlengkapan makan seperti mangkok, piring, sendok, serta garpu ataupun peralatan sholat seperti sajadah, mukena, sarung, baju koko dan sebagainya.

Saling memaafkan

Setelah berhasil menahan nafsu selama bulan Ramadan dengan berpuasa, maka saatnya kamu kembali ke fitrah dan menjadi pribadi yang lebih baik dengan saling memaafkan. Beberapa daerah di Indonesia, kegiatan lebaran Idulfitri ini dijadikan sebagai tradisi yang biasanya disebut sungkeman. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk saling memaafkan sekaligus menyampaikan rasa sayang kepada orang terdekat.

Makan bersama keluarga

Lebaran tidak akan lengkap jika tidak menyantap menu khas Idulfitri yang hampir wajib ada di setiap meja makan. Untuk mempererat kehangatan antar anggota keluarga, kamu bisa menyiapkan beberapa hidangan istimewa seperti ketupat, lontong sayur, opor ayam, semur daging, rendang, ataupun bakso dan soto. Makan bersama sambil mengobrol menjadi salah satu kegiatan selama lebaran yang tentunya dapat mempererat silaturahmi antar sesama anggota keluarga.

Video call keluarga jauh

Jika kamu tidak sempat untuk mudik, kamu bisa tetap bersilaturahmi secara online melalui video call. Cobalah rencanakan kegiatan ini dengan menginformasikan terlebih dahulu kepada anggota keluarga besar sebelumnya. Selanjutnya, sepakati untuk melakukan video call dengan menggunakan salah satu aplikasi telekonferensi seperti Zoom, Google, WhatsApp, dan sebagainya.

Berbagi THR

Meski tidak wajib, berbagi THR juga menjadi salah satu tradisi yang dilakukan selama Idulfitri, Biasanya ini dilakukan dengan membagikan THR kepada keponakan, keluarga, serta kerabat, baik secara langsung ataupun melalui transfer bank dan e-wallet. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk syukur sekaligus media untuk mengungkapkan rasa sayang.

Baca Juga: 5 Tips Memanfaatkan THR dengan Bijak lewat Investasi

Menonton film islami

Jika memiliki waktu luang, cobalah isi kegiatan selama lebaran dengan menonton film islami. Selain menghibur, film bertemakan islami juga mengandung nilai positif yang dapat diambil dan bermanfaat untuk memperbaiki diri. Terlebih lagi, stasiun televisi biasanya juga menayangkan film-film islami selama lebaran. Agar kegiatan lebaran Idulfitri semakin seru, ajaklah keluarga untuk menonton bersama. 

Lakukan kegiatan outdoor

Bagi kamu yang memiliki halaman cukup luas, kamu bisa coba membuat kegiatan outdoor. Cobalah membuat permainan-permainan seru untuk dilakukan di luar ruangan ataupun melakukan piknik sambil menyantap hidangan Idulfitri.

Itulah beberapa kegiatan lebaran yang bisa kamu lakukan bersama keluarga. Selain mengisi waktu selama lebaran, kegiatan ini juga bisa membantu mempererat tali silaturahmi.

Agar lebaranmu tetap sesuai rencana, pastikan untuk melakukan persiapan lebaran dengan matang. Untuk mempersiapkan lebaran tentu dibutuhkan biaya, misalnya saja biaya untuk mendekorasi rumah, membuat kue lebaran, hingga mengirim hampers.
Jadi pastikan untuk memiliki anggaran yang cukup untuk mempersiapkan lebaranmu dengan matang. Jika kamu tidak memiliki anggaran, pastikan untuk tidak menambah beban utang. Kamu bisa coba memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk mengakses gaji lebih cepat tanpa perlu menunggu tanggal gajian.