Punya Rencana Mudik Lebaran? Ini Biaya Mudik yang Wajib Dipersiapkan!

Kamu punya rencana untuk mudik lebaran di tahun 2023 ini? Mudik menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang merantau dan pergi dari kampung halaman untuk bekerja. Momen mudik inilah yang sering digunakan untuk sebagian orang untuk pulang kampung dan bertemu dengan keluarga di sana. Namun, untuk melakukan mudik di Idulfitri tentu dibutuhkan biaya yang jauh lebih besar dibanding di bulan lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan biaya mudik agar mudikmu bisa sesuai dengan rencana. Di bawah ini adalah beberapa biaya mudik yang tidak perlu dilewatkan.

Biaya Servis Kendaraan

Jika kamu berencana mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima. Sebelum mudik, cobalah untuk melakukan servis secara penuh guna meminimalkan risiko munculnya masalah pada kendaraan perjalanan mudik.

Biaya servis sendiri beragam, tergantung kondisi kendaraan yang dimiliki. Jika tidak terlalu banyak membutuhkan perbaikan, biaya yang dikeluarkan tentu bisa lebih murah. Sedangkan, jika sudah lama tidak diservis, maka kamu perlu merogoh kocek cukup dalam untuk biaya ini.
Berikut estimasi biaya servis mobil yang harus disiapkan.

Servis Perkiraan Biaya
Oli mobil300 ribu
Filter oli50 ribu
Kampas rem250 ribu
Filter udara100 ribu
Oli transmisi 400 ribu
Busi 300 ribu
Aki 700 ribu
Ban 2 pasang1.2 juta
Biaya lain1 juta

Besaran biaya di atas bisa  lebih besar atau kecil tergantung banyaknya bagian mobil yang harus diservis dan diperbaiki. 

Biaya Bensin

Ketika mudik dengan kendaraan pribadi, maka kamu juga perlu menganggarkan biaya untuk bensin. Besarannya pun juga tergantung seberapa jauh jarak tempuh yang harus dilalui menuju kampung halaman. Untuk memperkirakan jaraknya, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Google Maps dan jarak tempuh kendaraan berdasarkan konsumsi bahan bakarnya.
Misalnya, kamu akan mudik ke Jawa Tengah dengan jarak 500 kilometer, sehingga untuk pulang pergi, jarak yang harus ditempuh adalah 1000 kilometer. Dengan konsumsi bahan bakar 1 liter tiap 10 kilometer, artinya kamu perlu menyiapkan biaya bensin ini sebanyak 100 liter. Jika harga bensin per liter adalah 15 ribu, maka biaya bensin yang harus disiapkan adalah sekitar 1.5 juta untuk kebutuhan selama mudik. 

Biaya Jalur Tol

Ketika mudik dengan mobil, tentu kamu juga perlu mempersiapkan biaya tol. Kamu dapat mencari tahu tarif tol yang akan dilewati selama mudik agar mampu mengetahui jumlah anggaran yang harus disiapkan. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan biaya tol ke dalam e-toll kamu dan pastikan saldo di dalamnya telah terisi sesuai dengan jumlah biaya tol yang telah dihitung sebelumnya. 

Biaya Transportasi 

Jika kamu memutuskan untuk mudik menggunakan transportasi umum, perhitungannya akan menjadi lebih simpel. Pasalnya, kamu hanya perlu membeli tiket transportasi yang dipilih, apakah bus, kereta, atau pesawat. Agar mampu menghemat biayanya, jangan ragu untuk mencari potensi adanya promo menarik yang bisa digunakan dari sejumlah platform perjalanan. 

Selain biaya tiket, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya transportasi dari rumah ke stasiun, terminal, atau bandara. Perhitungkan juga biaya dari stasiun, terminal, atau bandara ke lokasi mudikmu.

Biaya Akomodasi dan Konsumsi

Ketika kamu mudik, tentu kamu akan menempuh waktu perjalanan yang tidak sebentar, sehingga kamu butuh waktu untuk beristirahat sambil mengisi perut. Agar menghindari pemborosan, ada baiknya untuk menyiapkan biaya konsumsi dan akomodasi sesuai kebutuhan.
Jika ingin lebih hemat, tidak ada salahnya untuk menyiapkan bekal dari rumah untuk dimakan di perjalanan. Dengan begitu, biaya mudik ini bisa diminimalkan, atau bahkan dihilangkan agar beban keuangan lebih ringan. 

Jangan Lupa Biaya Parkir

Meski terdengar sepele, biaya parkir juga bisa membuat anggaran mudik membengkak. Misalnya saja, jika selama perjalanan kamu berhenti hingga 15 kali, dengan biaya parkir 5 ribu di setiap pemberhentian, dana yang harus disiapkan bisa mencapai 75 ribu. Karena itu, pastikan untuk memikirkan pula biaya parkir agar bisa lebih akurat mempersiapkan segala biaya mudik nanti.

Itulah beberapa biaya mudik yang perlu kamu persiapkan dan masukkan dalam anggaran. Jika kamu belum memikirkan biaya-biaya di atas namun tanggal mudikmu sudah hampir tiba, cobalah untuk memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan dan mengakses gajimu lebih awal untuk digunakan sebagai biaya mudik. Dengan begitu, kamu tidak perlu berutang atau menunda waktu mudikmu yang justru bisa membuatmu terkena macet. Apalagi semakin dekat hari raya Idulfitri, maka volume kendaraan saat mudik pun akan meningkat.

Jadi tunggu apalagi? Mudik bijak dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id.