3 Tips Mudah & Tepat Membuat Pengaturan Keuangan bagi Milenial

Kebanyakan milenial merasa kesulitan mengatur keuangannya sendiri. Meski memiliki gaji yang besar, ada beberapa milenial yang tetap merasa kesulitan keuangan. Biasanya hal ini terjadi karena generasi ini punya gaya hidup konsumtif, cenderung boros, susah menabung, dan masih acuh perihal investasi. 

Padahal dengan adanya pengaturan keuangan sejak dini, maka finansial di masa depan bisa lebih stabil dan kebutuhan akan selalu terpenuhi. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mengatur skala prioritas keuangan.

Pengaturan keuangan juga penting dilakukan, terutama jika kamu sudah berkeluarga atau memiliki cicilan dan memiliki banyak kebutuhan keluarga seperti biaya kesehatan, asuransi, pendidikan anak, dan kebutuhan lainnya. Sehingga, ada baiknya kamu  melakukan pengaturan keuangan agar tetap aman finansial. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan milenial?

Pahami Kondisi Keuangan

Sebelum melakukan pengaturan keuangan, tentu kamu harus mengetahui terlebih dulu seperti apa kondisi keuangan yang kamu miliki. Ini menjadi langkah awal yang wajib kamu lakukan, misalnya dengan mengetahui penghasilan bulanan yang diterima, total pengeluaran pasti, serta perkiraan pengeluaran yang tidak pasti. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berapa jumlah nominal yang bisa digunakan dan disisihkan.

Selain itu, dengan memahami kondisi keuangan beserta cashflow atau arus kas masuk dan keluaran, kamu bisa mengetahui pengeluaran secara keseluruhan yang tercatat secara lebih presisi; apa saja pengeluaran yang penting hingga pengeluaran yang sebenarnya kurang penting, dan apa yang dapat dihemat atau cenderung perlu ditambah.

Sisihkan Penghasilan untuk Ditabung

Setelah kamu mengetahui kondisi keuangan kamu, pastikan juga kamu menyisihkan setidaknya 5-10% dari total penghasilan untuk ditabung. Dengan langkah ini, kamu bisa mempersiapkan ketika nantinya terdapat pengeluaran tidak terduga di kemudian hari. Misalnya ketika tiba-tiba kendaraanmu butuh perbaikan, biaya renovasi rumah, biaya berobat, dan masih banyak lagi.

Dengan menyisihkan penghasilan untuk ditabung setiap bulannya, kamu bisa memiliki dana darurat yang nantinya bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan darurat di masa datang. Sehingga nantinya kamu tidak perlu meminjam uang ke bank atau lembaga lainnya, yang justru bisa membuta keuanganmu menjadi lebih buruk lagi.

Mengakses Sumber Dana Lain untuk Memenuhi Kebutuhan Harian

Setelah memiliki pembagian keuangan yang teratur, kamu pun akan lebih mudah  menentukan prioritas dalam memenuhi kebutuhan. Memahami kapasitas keuangan yang dimiliki juga memberikan keuntungan di mana kamu bisa menjadi lebih leluasa mempertimbangkan opsi sumber dana tambahan. Mengakses sumber dana tambahan lain memungkinkan kamu menjadi lebih cepat menjalankan rencana tanpa perlu terlalu banyak berpikir atau lama menunda.

Nah, itulah beberapa tips mengatur keuangan yang tepat bagi para milenial. Pastikan kamu memiliki pengaturan yang tepat agar keuanganmu menjadi lebih baik. Nah, bagi kamu yang masih belum bisa mengatur keuangan dengan bijak dan tiba-tiba membutuhkan darurat, pastikan untuk menghindari utang.

Lalu bagaimana cara memenuhi kebutuhan darurat tersebut? Kamu bisa coba memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji kamu lebih cepat tanpa perlu menununggu tanggal gajian.

Dengan KINI.id, kamu bisa mengambil gaji kamu kapan dan di mana saja dengan jumlah yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Di mana, nantinya ketika tanggal gajian tiba, kamu menerima sisa gaji dari yang telah kamu gunakan sebelumnya. Sehingga, kamu pun tidak perlu berutang ataupun membayar bunga dari dana yang kamu ambil. Mudah bukan? Yuk manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!