Setiap orang pasti berharap memiliki kebebasan finansial di dalam kehidupannya. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bebas finansial dan mandiri secara finansial. Sesuai namanya, bebas finansial (financial independence) berarti kamu memiliki kepemilikan secara bebas terhadap pengaturan keuangan kamu.

Di mana, penghasilan yang kamu miliki sudah bisa diandalkan untuk kamu menjalankan hidup sesuai yang kamu inginkan. Sehingga, kamu tidak perlu lagi khawatir mengenai pembayaran tagihan dan pengeluaran tidak terduga. Lalu bagaimana caranya agar kita bebas finansial? Di bawah ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kebebasan secara finansial.

Ketahui Kondisi Keuangan

Untuk menuju target bebas finansial, kamu harus mempelajari terlebih dulu kondisi keuangan kamu saat ini. Ketahui berapa penghasilan yang kamu dapatkan secara rutin, berapa utang yang kamu miliki, berapa tabungan yang ingin kamu miliki, dan berapa jauh kamu dari harapan tersebut. Catat setiap hal tentang kondisi keuangan dan catat juga jika kamu memiliki berbagai tabungan dan peluang investasi yang menguntungkan.

Tulis Semua Tujuan Kamu

Agar termotivasi untuk  mencapai bebas finansial, kamu bisa menulis semua tujuan kamu dalam hidup. Misalnya, kamu ingin bisa berkeliling dunia, ingin melangsungkan pernikahan dengan biaya sekian, ingin melanjutkan sekolah, dan sebagainya. Melihat tujuan dan angka yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut akan membuat kamu semakin semangat dan teratur dalam menggunakan uang.

Hentikan Pengeluaran yang Tidak Diperlukan

Banyak orang yang sering menghabiskan uang ketika mereka sedang cemas, gelisah, tertekan, atau ingin menyenangkan orang lain. Namun, cara ini bukanlah cara yang sehat untuk keuangan. Agar kamu bisa merasakan kebebasan finansial, pastikan kamu mencatat semua jumlah uang yang dihabiskan beserta alasan kamu mengeluarkan uang tersebut.

Membuat Anggaran Bulanan

Pastikan juga kamu membuat anggaran keuangan sesuai dengan penghasilan kamu, bukan berdasarkan pengeluaran. Jangan pernah juga menghabiskan uang lebih banyak dari penghasilan, karena nantinya akan membawa kamu pada utang dan kewajiban.

Mengontrol Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit memang tidak ada salahnya, justru kamu bisa menghemat dan mengontrol keuangan dengan lebih baik jika memang penggunaan kartu kredit tepat. Namun, tanpa adanya kontrol diri yang baik, maka pada kamu telah  membuang banyak uang. Jika kamu tidak bisa mengontrolnya, cobalah untuk menggunakan uang tunai atau kartu debit untuk semua pembelian yang dilakukan.

Mulai Meningkatkan Jumlah Tabungan

Agar masa pensiunmu lebih nyaman, maka kamu harus mulai bisa  mengumpulkan tabungan yang cukup dan memadai selama masa kerja. Salah satu praktik yang baik untuk ditiru adalah menyimpan 10-15% dari jumlah penghasilan yang didapatkan setiap bulan.

Lakukan Investasi dengan Bijaksana

Prinsipnya investasi adalah semakin tinggi imbal hasil yang ingin kamu dapat, maka makin besar juga risiko yang akan kamu terima. Jadi, pastikan kamu melakukan investasi sesuai profil risiko yang siap kamu terima. Namun, risiko tinggi tidak jadi alasan untuk tidak berinvestasi, karena saat ini juga ada investasi dengan risiko rendah dan modal awal rendah, misalnya investasi reksa dana.

Habiskan Uang untuk Pengalaman Bukan Benda

Kebanyakan orang akan merasa bahagia ketika mereka bisa  membeli suatu barang. Namun apakah kebahagian setelah membeli barang akan bertahan lama? Tentu tidak! Tapi bagaimana jika kamu membeli pengalaman dan memori, maka kebahagian yang kamu rasakan akan bertahan hingga kamu tidak dapat mengingatnya lagi. Seperti apa membeli pengalaman atau memori? Misalnya kamu mengikuti pelatihan atau seminar, liburan bersama orang tersayang, dan sebagainya.

Bayar Semua Utang yang Kamu Miliki

Jika kamu berharap bisa mencapai bebas finansial, maka kamu tidak boleh memiliki utang. Jadi, pastikan kamu gunakan penghasilan kamu untuk membayar utang tersebut satu per satu. Dahulukan untuk membayar setiap utang sebelum melakukan  berbagai impian kamu. Karena utang adalah penghalang terbesar menuju kebebasan finansial.

Tambah Sumber Penghasilan Lainnya

Kebebasan finansial akan sulit kamu dapatkan jika kamu hanya bergantungan pada satu penghasilan. Nah, di usia yang masih muda ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari berbagai sumber penghasilan lain. Jika kamu memiliki kemampuan, gunakan kemampuan tersebut untuk memiliki lebih banyak sumber penghasilan dan semakin dekat dengan bebas finansial. Misalnya dengan memulai bisnis kecil-kecilan, mencari pekerja sambilan, dan sebagainya.

Lupakan Gengsi

Terkadang, salah satu alasan seseorang  menghabiskan banyak uang untuk membeli barang adalah karena ingin mengikuti teman ataupun tetangga. Padahal, belum tentu barang tersebut memang dibutuhkan. Sehingga, untuk mencapai kebebasan finansial jangan mudah tergoda dengan  hal-hal semacam itu. Karena setiap orang memiliki standar kebutuhan hidup dan kemampuan finansial masing-masing. Jadi, alangkah baiknya kamu memenuhi kebutuhan sesuai kondisi keuangan, dan hindari membeli sesuatu karena gengsi.

Itulah beberapa tips mencapai kebebasan finansial yang bisa kamu ikuti. Dengan kondisi finansial, kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai masalah keuangan, baik hari ini ataupun hari esok.

Namun, bagi kamu yang baru ingin mencapai kondisi ini dan tiba-tiba membutuhkan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan, kamu tidak perlu berutang demi mencapai kebebasan finansial.

Karena sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Aplikasi KINI.id, memungkinkan kamu untuk mendapatkan gaji di muka sebelum tanggal gajian. Sehingga bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan dana daruratmu tanpa harus berutang. Yuk mulai manfaatkan KINI.id demi kebebasan finansial kamu di masa depan!