Setiap pasangan menikah tentu berharap bisa memiliki finansial yang stabil. Karena untuk menikah saja tentu membutuhkan dana, apalagi untuk menjalankan kehidupan setelah menikah. Oleh karena itu, pasangan suami istri harus sudah memiliki rencana keuangan yang baik, salah satunya dengan cara memulai investasi. Lalu bagaimana tips investasi yang benar?

Bila sebelum menikah, kamu sudah memiliki kebiasaan berinvestasi, skill dan pengalamanmu bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi dengan pasangan. Nah, namun bagi kamu yang belum memiliki pengalaman berinvestasi, di bawah ini adalah beberapa tips investasi yang bisa kamu lakukan bersama pasangan.

Mengevaluasi keuangan

Tips investasi pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengevaluasi keuangan kedua belah pihak. Ketika sudah menikah, tentu penghasilan kamu dan pasangan bisa digunakan sebagai modal investasi atau menabung. Namun, penghasilan kamu dengan pasangan belum tentu serupa. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang tepat ketika ingin merencanakan keuangan bersama.

Tidak hanya itu, jumlah yang akan diinvestasikan pun harus dievaluasi setiap bulannya. Evaluasi keuangan yang dilakukan bersama pasangan akan memunculkan transparansi, mengenai upaya dan dana yang telah dimanfaatkan. Transparansi keuangan setiap bulan bersama pasangan juga bisa membuat keuangan membaik serta meningkatkan modal investasi.

Memilih penyumbang terbesar

Setelah melakukan evaluasi, kamu dan pasangan juga bisa memilih memilih penyumbang terbesar. Proses pemilihannya dapat didasari oleh pasangan yang menerima gaji lebih besar.

Misalnya, jika suami memiliki penghasilan yang lebih besar dari istri, ia bertanggung jawab untuk berinvestasi lebih besar. Cara lainnya adalah  dengan menetapkan persentase dana investasi tiap bulannya.

Tentu tidak bisa asal, kamu perlu komunikasi dengan pasangan agar tidak terciptanya perasaan yang merasa dibebankan sepihak.  Keputusan tersebut juga akan berdampak pada keharmonisan rumah tangga dan dan kebaikan finansial.

Hitung pengeluaran rumah tangga

Sebelum menentukan jumlah investasi setiap bulannya, kamu dan pasangan juga perlu menghitung pengeluaran rumah tangga. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan keuangan keluarga.

Keseimbangan keuangan sendiri harus dipertahankan setiap bulannya. Karena jika terjadi lonjakan yang lebih besar daripada penghasilan, harus ada biaya yang dipangkas agar kondisi finansial tetap stabil. Selain itu, pengeluaran yang tidak stabil akan mengganggu kelancaran investasi yang menyebabkan tujuan investasi yang sudah ditetapkan akan lebih lama tercapai.

Mengelola utang

Utang menjadi salah satu faktor penyebab masalah keuangan dalam rumah tangga. Oleh karena itu, penting bagi kamu dan pasangan untuk mengelola utang dengan baik. Namun, faktor ini harus bisa dikelola dengan baik jika kebutuhan serta keinginanmu dan pasangan sudah jelas. Pastikan, kamu tidak mendahulukan keinginan yang sifatnya sementara.

Lalu, jika masih memiliki utang sebelum menikah, cobalah segera dilunaskan terlebih dahulu. Bila sudah tidak memiliki utang, maka kamu akan lebih mudah mengalokasikan ke investasi jangka panjang.

Berinvestasi untuk anak

Salah satu rencana terbesar bagi pasangan yang telah menikah adalah memiliki anak. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut diperlukan perencanaan keuangan yang tepat. Misalnya, kamu dan pasangan bisa menyediakan dana investasi yang dikhususkan untuk keperluan anak seperti biaya melahirkan dan pendidikan. Investasi tersebut bisa dibagi menjadi dua, misalnya, 5% dari gaji suami untuk investasi pendidikan dan 5% dari penghasilan istri untuk investasi lainnya.

Itulah beberapa tips investasi yang bisa kamu terapkan bersama pasangan setelah menikah. Dengan berinvestasi, maka kamu dan pasangan bisa memiliki keuangan yang lebih baik di masa sekarang. Meski jumlahnya tidak besar, pastikan kamu selalu berinvestasi dengan rutin setiap bulannya.

Pastikan juga, dana yang telah kamu investasikan tidak kamu gunakan untuk kebutuhan. Namun, bagaimana jika tiba-tiba membutuhkan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan mendesak? Misalnya tiba-tiba istri tidak bisa melahirkan normal dan butuh biaya tambahan untuk operasi caesar?

Jika hal itu yang terjadi, kamu bisa memenuhi biaya tambahan tersebut lewat aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji kapan dan di mana saja tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Sehingga, kamu bisa menggunakan gaji tersebut untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut tanpa perlu berutang atau mengambil dana yang sudah kamu tabung.