Semua orang pasti berharap untuk memiliki kebebasan secara finansial. Bebas finansial merupakan kondisi keuangan seseorang yang sudah cukup untuk membiayai kebutuhan utama dan gaya hidupnya. Bahkan, orang yang sudah bebas secara finansial biasanya tidak perlu lagi memikirkan untuk menabung demi masa tuanya, karena mereka sudah memiliki dana pensiun yang cukup untuk menghidupinya di usia dini. Nah, apakah kamu termasuk orang yang sudah bebas secara finansial? Di bawah ini adalah beberapa tanda kamu termasuk financial freedom.

Punya Pendapatan Pasif

Seseorang yang sudah bebas secara finansial biasanya telah memiliki pendapatan pasif (passive income). Biasanya, pendapatan pasif ini bisa didapatkan dari beberapa lini bisnis investasi, seperti deposito, reksa dana atau saham, dan sebagainya. Ketika imbal hasil (return) investasi tersebut telah memberikan kontribusinya sebagai penghasilan tambahan, hal tersebut akan membuat kita selangkah lebih maju menuju bebas finansial. Inilah arti sebenarnya dari “biarkan uang bekerja untuk kita”.

Siap dengan Dana Darurat

Orang yang sudah bebas secara finansial biasanya memiliki kemampuan untuk selalu siaga dalam berbagai kondisi darurat. Sehingga, mereka tidak akan perlu khawatir ketika terjadi hal tidak terduga seperti sakit, musibah kecelakaan, renovasi rumah, hingga hal lain seperti kemalingan. Apabila saldo kas dan dana darurat cukup, pastinya mereka merasa hidup lebih tenang dan tidak ada khawatir.

Bebas dari Utang Tidak Sehat

Ketika kamu sudah tidak bergantung lagi pada cicilan untuk menyambung hidup atau membeli berbagai barang yang bukan prioritas, berarti kamu sudah merdeka atau bebas dari sisi finansial.

Namun, tidak ada salahnya dengan berutang, jika kamu berutang untuk kebutuhan yang prioritas seperti membeli rumah, tanah, atau aset lainnya yang terus berkembang, maka kamu tetaplah masuk ke dalam kategori orang yang sudah bebas dari utang tidak sehat.

Menahan Perilaku Konsumtif

Orang yang bebas secara finansial biasanya akan lebih mudah menahan perilaku konsumtif. Mereka biasanya sudah memahami dengan baik mana prioritas dan mengetahui mana kebutuhan dan keinginan.

Orang yang sudah memiliki kebebasan secara finansial biasanya sudah paham bahwa perilaku konsumtif tidak akan memuluskan tujuan mereka untuk merdeka secara finansial. Sehingga, mereka bisa menekan perilaku tersebut demi mencapai tujuan-tujuan keuangan yang sudah disusun demi mencapai kemerdekaan finansial.

Menyisihkan Penghasilan untuk Tabungan & Investasi

Seseorang yang punya kebebasan finansial juga mampu menyisihkan penghasilan untuk tabungan dan investasi. Artinya, mereka telah menjamin kemandirian dan kelangsungan hidup di masa depan.

Biasanya, mereka sudah mulai menyusun rencana keuangan jangka panjang dan mempersiapkan dana tersebut jauh-jauh hari. Mulai dari dana pensiun, dana darurat, investasi, dan sebagainya. Daripada menghabiskan uang untuk berbelanja, mereka akan lebih senang dengan menyimpan uangnya di instrumen investasi.

Nah, apakah kamu sudah termasuk ke dalam orang yang bebas secara finansial? Jika belum cobalah mulai ubah gaya hidupmu dan menabung. Tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Dengan bebas secara finansial, kamu bisa menjalankan rencana keuangan dan hidupmu lebih nyaman tanpa rasa khawatir. Sehingga, kamu bisa lebih fokus menjalankan segala aktivitas dan pekerjaanmu. Biasanya, orang tidak akan fokus dalam bekerja adalah ketika terjadi masalah keuangan.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, sekarang sudah hadir aplikasi KINi.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji kapan dan di mana saja meski belum tanggal gajian. Sehingga, kamu tidak perlu berutang dan tidak perlu mengambil tabungan atau investasimu. Yuk manfaatkan KINI.id dan mulai berjuang untuk bebas secara finansial!