Mengenal HIPO Employee & Tips Merekrut Serta Mengembangkannya

Sebagai pihak HR atau manajemen perusahaan, tentu kamu ingin memiliki karyawan yang memiliki potensi tinggi atau sering disebut High Potential Employee atau HIPO Employee. Biasanya, HIPO Employee ini memiliki kecenderungan untuk menjadi pemimpin masa depan perusahaan.

Kualitas kerja mereka bisa memberikan berbagai dampak positif bagi perkembangan bisnis perusahaan. Namun, sayangnya, banyak pemilik perusahaan atau HR yang belum mengetahui cara untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan jenis karyawan tersebut. Nah untuk itu, penting bagi pihak manajemen dan perusahaan mengetahui terlebih dulu bagaimana karakteristik HIPO Employee dan cara merekrutnya.

Apa itu High-Potential Employee?

High potential-employee (HiPO) atau karyawan berpotensi tinggi adalah karyawan yang kemampuannya saat ini mencerminkan bahwa mereka bisa berkembang menjadi pemimpin sukses. Skill komunikasi dan kepemimpinan yang dimiliki dinilai mampu memberikan kontribusi pada setiap level dalam perusahaan.

Selain itu, karyawan yang dianggap berpotensi tinggi juga bisa membuat keputusan tepat dalam berbagai situasi. Mereka adalah karyawan yang memiliki kapasitas untuk memperkuat perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Karakteristik High-Potential Employee

Umumnya, terdapat beberapa karakteristik khusus yang membuat karyawan dinilai berpotensi tinggi, seperti:

  • Kompetensi kepemimpinan yang baik, yaitu mampu memimpin diri sendiri, orang lain, dan perusahaan.
  • Otonom atau dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tanpa pengingat atau pengawasan ketat.
  • Menujukkan inisiatif untuk mengambil lebih banyak pekerjaan atau proyek baru.
  • Antusiasme tinggi untuk mempelajari strategi dan pendekatan bisnis.
  • Memiliki pola pikir untuk terus berkembang dan mempelajari berbagai keterampilan lain.
  • Memiliki sifat kolaboratif dan mampu membangun kepercayaan bersama rekan kerja dari divisi lain.
  • Menerima feedback dengan lapang dada sebagai bahan pembelajaran dan evaluasi diri.
  • Fleksibel dan mampu beradaptasi dengan perubahan.
  • Memerhatikan detail dan mampu bekerja secara menyeluruh.
  • Aktif berinvestasi dalam kesuksesan dengan berkontribusi pada lingkungan kerja yang positif.
  • Mengatasi tekanan dengan tenang dalam situasi panas, seperti saat mengambil risiko.
  • Dapat memberikan keputusan yang tepat dengan melakukan brainstorming ide dan solusi.

Tips Merekrut dan Mengembangkan Karyawan Berpotensi Tinggi

Setelah mengetahui karakteristik HIPO Employee, di bawah ini adalah tips merekrut dan mengembangkan karyawan berpotensi tinggi.

1. Sesuaikan proses rekrutmen

Tujuan penting dalam proses rekrumen adalah menarik dan merekrut karyawan dengan kualitas terbaik. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan HIPO employee pada saat proses rekrutmen. 

  • Tulis ulang posting-an pekerjaan dan perbarui halaman karir untuk memasukkan mengenai pertumbuhan.
  • Jelaskan bahwa ada banyak peluang pengembangan untuk berkembang. Selain itu, paparkan juga bahwa karyawan berbakat akan berkembang di lingkungan perusahaan dan sangat penting bagi keberhasilan perusahaan.
  • Cari tanda-tanda awal potensi kandidat dengan menggali lebih dalam CV mereka. Hal ini dilakukan untuk melihat pencapaian dan pengalaman studi mereka.
  • Ajukan pertanyaan yang bisa menggambarkan potensi karyawan.

Berikut ini beberapa contoh pertanyaan yang bisa ditanyakan ketika proses rekrutmen karyawan.

  • “Keterampilan atau kekuatan apa yang ingin dikembangkan lebih lanjut dalam beberapa tahun ke depan?”
  • “Dalam situasi apa Anda bergantung pada rekan kerja untuk memastikan hasil yang lebih baik?”
  • “Ceritakan tentang pencapaian dalam peran sebelumnya yang paling dibanggakan.”

2. Mengembangkan proses untuk menilai potensi

Perusahaan juga bisa menilai kapasitas masing-masing karyawan. Tidak hanya mengandalkan kriteria subjektif, perusahaan juga bisa menggunakan metode analitis untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai potensi masing-masing karyawan.

Ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan untuk memprediksi karyawan yang memiliki potensi tinggi, seperti 9 Box Grid dan 360 Degree Feedback. Trik ini sangat jitu untuk menimbang kapasitas kepemimpinan, pemikiran kritis, dan komunikasi karyawan yang berpotensi.

Kamu juga bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengukur kapasitas karyawan:

  • Penilaian psikometri yang mengukur kepribadian, kemampuan kognitif, atau perilaku kerja seseorang.
  • Tes bakat untuk mengukur kompetensi dan keterampilan profesional.
  • High Potential Trait Indicator (HPTI), yaitu mengeksplorasi ciri-ciri kepribadian dan mengevaluasi kesesuaian untuk peran tertentu.

3. Pahami kekuatan dan kelemahan karyawan

Meskipun potensi yang dimiliki karyawan cukup besar, pasti ada beberapa kelemahannya juga. Sehingga, proses pengebangan karyawan pun tetap diperlukan. Perusahaan bisa melakukan inisiatif ini dengan memahami dan membantu HiPO employee mengenali kekuatan dan kelemahan mereka. Selain itu, kamu juga harus menentukan jalur karirnya dalam perusahaan sambil berfokus mengembangkan kelemahannya.

4. Membuat perencanaan pengembangan kepemimpinan

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan membuat perencanaan pengembangan kepemimpinan. Dengan cara ini, perusahaan bisa mempersiapkan HIPO employee untuk posisi kepemimpinan yang sesuai strategi perusahaan.

Kemudian, perusahaan juga perlu membuat rencana umum untuk berbagai level yang mencakup berbagai kompetensi. Karena setiap orang memiliki tujuan pengembangan dan preferensi pembelajaran yang berbeda. 

5. Memberi hadiah dan insentif

Karyawan yang ditunjuk untuk menjadi pemimpin tentu menginginkan penghargaan dari perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan bisa memberikan insentif pada karyawan berpotensi yang mencapai kriteria perusahaan. Strategi ini cukup efektif untuk mendorong semangat karyawan dan memotivasi sifat kompetitif mereka.

Selain hadiah dan insentif untuk karyawan yang berpotensi, perusahaan juga bisa memberikan benefit berupa akses pembayaran gaji instan untuk seluruh karyawan. Perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa dengan mudah memberikan benefit pembayaran gaji instan ke seluruh karyawan tanpa perlu membandingkan karyawan. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu mengkhawatirkan masalah anggaran dan cash flow. Karena seluruh proses akan dilakukan oleh KINI.id.