3 Penyebab Terjadinya Konflik Karyawan di Perusahaan & Solusi yang Bisa Diterapkan

Konflik karyawan mungkin saja terjadi di perusahaan. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa konflik yang terjadi pada karyawan ini akan memengaruhi kinerja karyawan tersebut. Tidak hanya pada tingkat produktivitas kerja, hubungan antar karyawan pun dengan rekan kerja dan atasan pun bisa rusak.

Biasanya, konflik karyawan ini terjadi karena beberapa faktor, misalnya karena beban kerja dan tingkat persaingan yang tinggi di perusahaan. Jika dibiarkan dan tidak diatasi, hal ini bisa membuat kerugian bagi perusahaan dan angka retensi karyawan menurun secara drastis.

Oleh karena itu, penting bagi manajemen dan HR memahami penyebab karyawan sering terlibat konflik di tempat kerja untuk menghindari risiko terjadinya konflik di perusahaan. Di bawah ini adalah beberapa penyebab yang sering membuat terjadinya konflik karyawan.

Masalah pribadi

Masalah pribadi sering menjadi alasan utama terjadinya konflik di perusahaan. Bekerja dalam satu ruangan dengan beragam aktivitas dan interaksi terkadang bisa terasa berat, khususnya jika karyawan sedang mengalami masalah pribadi. Emosi bisa menjadi tidak bisa dikelola, sehingga timbul konflik atau ketegangan saat bekerja yang menyebabkan pekerjaan menjadi terhambat. 

Seharusnya, masalah pribadi tidak boleh dicampur adukkan dengan urusan pekerjaan, sehingga menimbulkan sikap profesional. Namun, tidak semua karyawan mampu mengatasi hal tersebut.

Disinilah peran HR dan manajemen untuk ikut andil dan memberikan solusi yang tepat. Misalnya dengan mengadakan sesi konseling atau diskusi dengan karyawan. Jika dibutuhkan, manajemen lewat HR pun dapat menyarankan karyawan untuk mengambil cuti singkat untuk menyelesaikan masalah pribadi tersebut.

Perbedaan karakter

Di tempat kerja, akan ada banyak orang dengan latar belakang budaya dan dan karakter yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang sering menjadi alasan yang menyebabkan karyawan saling berkonflik. 

Melihat hal tersebut, manajemen dan HR perlu menyediakan ruang atau platform komunikasi antar karyawan yang memadai. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berikan waktu luang di mana para karyawan bisa bonding dan lebih mengenal satu sama lain.

Perusahaan bisa coba membuat kegiatan bagi karyawan secara rutin, misalnya setiap 1 bulan sekali mengumpulkan karyawan dan membuat acara simpel seperti makan bersama. Dengan kegiatan inilah, perusahaan bisa membuat karyawan lebih bonding yang nantinya bisa meningkatkan kinerja mereka di perusahaan.

Persaingan kerja

Karyawan berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian atasan merupakan hal yang wajar di dunia kerja. Namun, tidak sedikit jumlah karyawan berambisi tinggi yang rela menjatuhkan rekan kerjanya demi mendapatkan perhatian tersebut. Jika tidak bisa mengendalikan diri dengan baik, hal ini tentunya bisa menimbulkan persaingan kerja yang kurang sehat.

Untuk mengatasi hal tersebut, HR dan manajemen perlu melihat dulu alasan di balik persaingan tersebut. Kemudian, sediakan waktu dan jelaskan pada karyawan untuk mencapai tujuan bisnis, semua karyawan perlu bekerja sama dan saling membantu.

Jika tim tertentu dirasa kurang harmonis, perusahaan bisa berikan dana untuk mengadakan kegiatan tim gathering. Misalnya dengan makan bersama satu tim.  Hal ini bisa membuat karyawan merasa lebih dekat satu sama lain dan konflik karena persaingan bisa dihindari.

Nah, itulah beberapa alasan yang menyebabkan karyawan sering terlibat konflik di kantor. Oleh karena itu, perusahaan perlu menunjukkan rasa empati dan sikap saling dukung demi menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi seluruh karyawan. 

Selain itu, perusahaan juga bisa mulai merencanakan untuk memberikan benefit tambahan bagi seluruh karyawan agar mereka bisa bekerja lebih produktif. Misalnya dengan memberikan benefit gaji instan atau gaji fleksibel. Di mana, dengan pemberian benefit tersebut, karyawan bisa mengakses gajinya secara fleksibel dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak mereka.

Agar tidak mengganggu anggaran dan cash flow perusahaan, pastikan untuk memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa mendaftarkan seluruh karyawan untuk mendapatkan akses pembayaran gaji instan. Sehingga nantinya dapat membantu masalah karyawan seperti masalah pribadi yang bisa menimbulkan konflik di perusahaan. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan seluruh karyawan sekarang di aplikasi KINI.id.