Biaya pendidikan anak menjadi hal penting yang perlu kamu perhatikan dan prioritaskan sejak dini. Dengan mempersiapkan dana pendidikan dengan baik, kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya pendidikan anak di masa depan. Meski sudah mempersiapkan dana pendidikan sejak dini untuk sekolah anak, ternyata masih ada beberapa biaya pendidikan anak yang tidak terduga dan sering dilupakan orang tua untuk mempersiapkannya. Nah, di bawah ini adalah beberapa biaya pendidikan yang sering dilupakan orang tua dan menjadi biaya tidak terduga dalam pemenuhan dana pendidikan.

Perlengkapan Sekolah

Ketika kamu telah mempersiapkan biaya untuk sekolah seperti uang muka sekolah, pembayaran gedung, SPP, dan sebagainya, ternyata banyak orang tua yang lupa untuk mempersiapkan dana pendidikan untuk perlengkapan sekolah.

Ada banyak perlengkapan sekolah yang perlu dipersiapkan mulai dari tas, buku, seragam, hingga sepatu. Biaya ini sebaiknya perlu kamu persiapkan dan pisahkan dengan anggaran pendidikan anak. Kenapa? Karena perlengkapan ini tidak akan perndah ada yang tau kapan biaya ini dibutuhkan. Seperti, kapan tas sekolah tiba-tiba rusak, sepatu jebol, seragam koyak dan menguning, dan sebagainya. 

Transport dan Uang Saku

Biaya lain yang juga perlu kamu perhatikan dan pisahkan adalah biaya transport dan uang saku yang perlu kamu berikan kepada anak setiap harinya. Namun, ada juga orang tua yang memilih untuk menitipkan anaknya ke antar jemput sekolah yang tepercaya. Meski begitu, mereka tetap harus memberikan tambahan uang saku untuk anak jajan di sekolah.

Biaya Les Tambahan

Ada beberapa orang tua yang memberikan les tambahan untuk anak-anaknya demi mengejar ketinggalan pelajaran yang ada di sekolah. Dengan memberikan les tambahan, maka anak akan mendapatkan dorongan khusus yang akan membantu mereka mengejar ketinggalannya.

Oleh karena itu, kamu juga perlu mempersiapkan biaya untuk les tambahan sebagai langkah antisipasi ketika anak-anak membutuhkan bantuan dalam proses pembelajaran si kecil.

Liburan Bersama Satu Sekolah

Biasanya, di akhir tahun pelajaran sekolah akan mengajak murid-muridnya untuk berlibur bersama. Selain berlibur di akhir tahun, biasanya sekolah juga mengadakan acara study tour untuk mengajak anak-anak belajar bersama di luar dengan mengunjungi beberapa tempat seperti museum, iptek, dan sebagainya.

Anak-anak tentu akan sedih jika mereka harus melewatkan acara ini hanya karena orang tuanya tidak memiliki uang dan tidak mempersiapkan uang tersebut. Oleh karena itu, cobalah mulai persiapkan budget untuk acara sekolah ini sejak dini.

Uang SPP yang Semakin Mahal

Setiap tahunnya, biaya sekolah akan semakin mahal karena mengikuti inflasi yang ada. Biasanya, kenaikan biaya sekolah mencapai 10% hingga 15% per tahun. Nah, untuk mempersiapkan kenaikan ini, maka ada baiknya kamu untuk mulai menabung untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak-anak, khususnya biaya SPP.

Nah, itulah beberapa biaya pendidikan anak yang sering dikeluarkan secara mendadak dan belum dipersiapkan dalam anggaran pendidikan anak. Jika kamu tidak mempersiapkannya dengan matang, bisa saja akan mengganggu keuanganmu, khususnya cash flow ataupun tabungan yang kamu miliki.

Nah, agar tidak mengganggu cash flow dan tabungan, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji di muka tanpa harus menunggu tanggal gajian. Di mana, dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji sesuai jumlah uang yang kamu butuhkan. Jadi, tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id mulai sekarang untuk penuhi kebutuhan mendesak kamu dan keluarga.