5 Tanda Karyawan Loyal, Apakah Karyawanmu Punya Tanda Ini?

Karyawan loyal merupakan aset penting yang menjadi ujung tombak operasional perusahaan. Merekalah yang mengeksekusi segala kegiatan bisnis dari hari ke hari, minggu ke minggu, dan seterusnya. Citra perusahaan di mata pelanggan juga sangat bergantung pada kinerja karyawan. Seperti apa tanda karyawan loyal?

Nah, untuk memiliki karyawan loyak, perusahaan perlu memperhatikan kenyamanan karyawan. Bukan hanya berdampak pada produktivitas kerja karyawan, namun juga bisa berdampak ke loyalitas mereka kepada perusahaan.

Ada anggapan bahwa karyawan yang memiliki loyalitas tinggi adalah mereka yang menghabiskan banyak waktu di kantor dan sering lembur.  Ada juga yang menilai karyawan loyal dari seberapa lama masa kerja karyawan tersebut. Sementara pada praktek dan kenyataannya, banyak karyawan yang masa kerjanya lama namun kinerjanya rendah.

Oleh karena itu, loyalitas seharusnya bisa diukur dari seberapa besar pikiran, perhatian, gagasan serta dedikasi yang dicurahkan karyawan pada pekerjaan. Loyalitas karyawan bukan lagi sekadar kemampuan karyawan menyelesaikan tugas dan kewajibannya sesuai job description, namun juga bagaimana karyawan melaksanakan tugas seoptimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik. Apakah karyawan di perusahaanmu adalah karyawan yang loyal? Di bawah ini adalah tanda karyawan loyal yang bisa kamu perhatikan. 

1. Karyawan Berani Menyatakan Ketidaksetujuan

Setiap perusahaan yang ingin maju dan berkembang pasti ingin menciptakan suasana debat dalam internal-nya. Debat di sini bukanlah dari sisi negatif, namun dari sisi positif, di mana karyawan dapat mengutarakan opini dan pendapat mereka masing-masing. Pemimpin yang hebat pasti ingin karyawannya aktif bertanya, aktif berpendapat, dan berhati-hati dalam bekerja. Bahkan tidak jarang mengizinkan karyawan untuk menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap apapun di lingkup kerja.

Nah, karyawan yang loyal akan berani menyatakan opini mereka, bahkan saat mereka tahu bahwa perusahaan tidak mengapresiasi opini mereka. Namun, mereka ingin perusahaan menjadi lebih baik kedepannya. Bahkan, terkadang mereka berani melawan sebuah keputusan yang memang dirasa kurang baik bagi perusahaan. 

2. Bekerja dengan Integritas

Banyak asumsi yang menyatakan bahwa karyawan yang loyal bisa dilihat dari kepatuhan mereka di perusahaan. Karyawan yang taat dengan peraturan dan gaya kerja perusahaan, punya rasa loyalitas yang besar pula.  

Padahal, karyawan yang loyal bisa dilihat dari seberapa besar mereka menunjukkan integritas mereka saat bekerja. Integritas yang sesungguhnya adalah melakukan hal yang benar. Secara konsisten mereka bekerja dengan melakukan hal yang benar, tidak hanya sekedar mengikuti kepercayaan pribadi dan tanpa peduli orang lain tahu atau tidak tentang apa yang mereka lakukan.

3. Karyawan Memuji Rekan Kerjanya

Karyawan yang loyal adalah mereka yang selalu memberikan apresiasi ketika rekan kerja lainnya melakukan hal yang jauh lebih baik dari apa yang mereka lakukan. Mereka adalah karyawan yang bisa memberikan pujian dan menghargai rekan kerja lain, terutama ketika itu tidak terkait dengan pekerjaannya.

4. Mendukung Positif Keputusan Pemimpin

Karyawan yang loyal tidak hanya memberikan dukungan kepada bos atau pemimpin mereka. Tapi karyawan yang loyal akan memberikan kontribusi positif dan berani memberitahu dengan jujur kesalahan pemimpin mereka.

Mereka  berani memberikan masukan dengan bukti bahwa apa yang dilakukan pemimpin salah. Karyawan loyal akan memperlakukan pemimpinnya bukan sebagai musuh, namun sebagai rekan kerja atau tim. Karena mereka yakin bahwa tujuan mereka sama dengan tujuan pemimpin, yaitu sama-sama ingin perusahaan berkembang.

5. Mereka Menyukai apa yang dikerjakan

Karyawan loyal juga menyukai pekerjaannya dan tidak melihat pekerjaan sebagai rutinitas. Tapi, sesuatu yang mereka suka untuk dikerjakan, dan yang sangat dipercaya oleh mereka.

Uang atau gaji bukanlah prioritas bagi mereka. Karyawan loyal terlihat menunjukkan passionnya ketika bekerja. Sehingga, pekerjaan tidak lagi dianggap sebagai beban, namun sebagai hal yang menyenangkan.

Itulah beberapa tanda karyawan loyal yang bisa kamu perhatikan. Nah, untuk membuat karyawan menjadi loyal terhadap bisnis, kamu bisa memberikan benefit karyawan yang menarik, salah satunya akses pembayaran gaji di muka atau gaji fleksibel.

Perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id yang dapat membantu perusahaan memberikan kemudahan dalam memberikan akses pembayaran gaji di muka. Dengan benefit satu ini, perusahaan juga bisa menunjukkan kepeduliannya kepada karyawan, juga bisa karyawan ketika membutuhkan dana darurat sebelum tanggal gajian. Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan segera seluruh karyawan kamu ke dalam aplikasi KINI.id!