5 Manfaat Memberikan Program Pinjaman Karyawan

Bagi perusahaan, khususnya pihak HR atau Human Resources, program karyawan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Di mana, program karyawan inilah yang akan menentukan kesejahteraan karyawan hingga meningkatkan loyalitas karyawan itu sendiri. Salah satu program karyawan yang dibutuhkan adalah pinjaman karyawan.

Bukan hanya bermanfaat bagi karyawan untuk memenuhi kebutuhannya saja, namun pinjaman karyawan juga memiliki banyak manfaat bagi perusahaan, salah satunya membantu memenuhi kebutuhan finansial karyawan yang memengaruhi kinerja karyawan itu sendiri. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika memberikan pinjaman karyawan sebagai salah satu program perusahaan.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Setiap karyawan pasti memiliki kebutuhannya masing-masing yang harus mereka penuhi.  Tidak bisa dipungkiri juga bahwa karyawan terkadang membutuhkan sejumlah dana di suatu waktu tertentu, namun gaji dan tunjangan yang mereka dapatkan tidak bisa mencukupinya. Disinilah peran perusahaan untuk menunjukkan dukungannya terhadap karyawan.

Dengan memberikan program pinjaman, karyawan bisa mengajukan sejumlah pinjaman sesuai aturan yang telah disepakati. Sehingga karyawan akan merasa terbantu dan lebih fokus pada pekerjaan tanpa harus memikirkan kebutuhan pribadi yang mendesak tersebut. Hal ini, secara tidak langsung juga akan membantu mereka meningkatkan produktivitas dalam lingkungan kerja.

Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Dengan memberikan benefits satu ini, karyawan juga akan merasa lebih diperhatikan karena telah diberikan kemudahan oleh perusahaan untuk menyelesaikan masalahnya, khususnya masalah keuangan. Hal ini tentu menjadi nilai positif perusahaan di mata karyawan. Selain itu, perusahaan juga bisa mengikat karyawan selama jangka waktu pinjaman. Secara tidak langsung, hal ini juga membantu karyawan lebih loyal pada perusahaan.

Strategi Retensi Karyawan

Sebagai seorang HR, merekrut karyawan baru bukanlah hal yang mudah dan bisa menguras banyak tenaga, waktu, dan juga biaya. Untuk mengurangi risiko karyawan yang mengundurkan diri, maka memberikan pinjaman karyawan bisa menjadi salah satu strategi yang bisa dilakukan. Secara tidak langsung, program ini bisa mempertahankan karyawan perusahaan, karena mereka akan merasa diperhatikan oleh perusahaan.

Selain itu, memberikan pinjaman kepada karyawan juga menjadi salah satu cara perusahaan mempertahankan karyawan. Di mana, karyawan akan merasa terikat lebih dalam dengan perusahaan. Karena selain bekerja, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk membayar sejumlah utangnya kepada perusahaan. 

Biaya Pengelolaan Karyawan Lebih Efisien

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, ketika karyawan sudah merasa terikat karena adanya pinjaman yang harus dibayar, maka karyawan akan sulit memutuskan pindah ke perusahaan lain. Hal ini tentu membuat tingkat turnover semakin rendah. Sehingga, perusahaan bisa mengurangi biaya rekrutmen dan training karyawan baru, dan bisa mengalihakannya ke biaya lain yang bisa membantu mengembangkan bisnis.

Selain itu, jika karyawan lebih lama bertahan dalam perusahaan, manajemen juga bisa merancang program peningkatan sumber daya manusia dengan lebih baik yang akan berdampak baik pada perkembangan perusahaan.

Meningkatkan Kesehatan Keuangan Perusahaan

Ketika perusahaan ingin membuat program pinjaman karyawan, maka perusahaan harus menyiapkan anggaran yang jumlahnya cukup besar. Namun, meski membutuhkan biaya yang besar untuk menyediakan pinjaman, program ini dapat membantu perusahaan meningkatkan kesehatan keuangannya.

Di mana, uang yang hanya mengendap sebagai simpanan dapat diputar untuk mendapatkan keuntungan, sehingga perputaran uang tetap terjaga dan kondisi keuangan perusahaan menjadi stabil. Namun, hal ini hanya berlaku jika perusahaan memberlakukan bunga kepada karyawan.

Nah, jika perusahaan tidak ingin memberatkan karyawan dengan memberikan bunga dan perusahaan juga tidak ingin terbebani dengan anggaran dana yang harus disiapkan, perusahaan bisa memanfaatkan teknologi dari aplikasi Kini.id.

Dengan aplikasi Kini.id, perusahaan tetap bisa memberikan pinjaman karyawan yang sistemnya diambil dari gaji yang secara teknis telah didapatkan karyawan. Kamu sebagai pihak perusahaan juga tidak perlu menyiapkan anggaran untuk program ini, dan bisa membayarkan uang yang telah karyawan gunakan di akhir bulan saat atau setelah tanggal gajian. Jadi tunggu apalagi, dapatkan manfaat di atas dengan mendaftarkan perusahaan dan karyawan kamu sekarang juga di aplikasi Kini.id.