7 Tips Memulai Bisnis untuk Pemula yang Menguntungkan

Seiring terus meningkatnya kebutuhan hidup, banyak orang yang mulai mencoba memulai bisnis kecil-kecilan untuk meningkatkan penghasilan mereka tanpa harus mengganggu pekerjaan utama. Namun, bukannya mendapat keuntungan, banyak juga dari mereka yang justru mendapat kerugian. Hal ini karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam memulai dan menjalankan bisnis. Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang juga ingin meningkatkan penghasilan dengan memulai bisnis, yuk ikuti beberapa tips memulai bisnis pemula berikut ini agar tidak masuk ke lubang kerugian ya!

Fokus pada Satu Peluang

Di era digital seperti saat ini mungkin kamu akan menemukan banyak peluang bisnis yang bisa diambil dan membuat kamu bingung. Sehingga membuat kamu justru ingin mencoba banyak peluang dalam waktu yang bersamaan. Hal ini tentu salah dan bisa membuat kamu tidak fokus yang berakibat kegagalan dalam bisnis.

Sebagai pebisnis pemula, cobalah untuk fokus pada satu peluang dan pikirkan dengan baik bisnis tersebut. Sehingga, seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah dan mempermudah dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut.

Pilih Peluang Bisnis yang Disukai

Jika kamu bingung untuk memilih bisnis yang akan dijalankan karena banyaknya peluang di sekitar, cobalah pilih bisnis yang paling kamu sukai. Dengan melakukan apa yang disukai, maka kamu bisa melakukannya dengan sepenuh hati, sehingga bisa lebih maksimal.

Namun bagi kamu yang ingin benar-benar terjun ke dunia bisnis, hindari untuk memilih bisnis hanya karena melihat untung yang besar, terlihat keren, atau karena disuruh. Tapi cobalah pilih bisnis yang sesuai dengan hobi kamu. Selain kamu bisa senang menjalankannya, kamu juga ahli dan memiliki pengalaman di bidang tersebut. Jika kamu suka mobil, kamu bisa membuka dealer mobil atau membuka jasa service mobil, dan sebagainya.

Kuasai Bisnis yang Akan Dijalakan

Ketika kamu sudah memutuskan bisnis apa yang akan dijalankan, maka cobalah pelajari berbagai hal tentang bisnis tersebut. Dengan menguasai bisnis dengan baik, kamu akan lebih mudah mendapatkan investor di kemudian hari. Pastikan kamu bisa menjelaskan seluk-beluk bisnis, sehingga ketika kamu mendapatkan kesempatan bertemu investor, kamu bisa menjawab semua hal yang ditanyakan calon investor. Hal ini tentu dapat membuat investor yakin dan percaya menaruh uangnya di tangan yang tepat.

Tidak Malu Belajar dengan Orang Lain

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang menguasai semua hal, sehingga penting bagi kamu untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Dengan mendengarkan pendapat orang lain dan bertukar pikiran, kamu bisa mengambil pelajaran dari apa yang sudah mereka lakukan.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar dengan orang lain, misalnya dengan mengikuti seminar, menghadiri acara networking bisnis, mengobrol dengan teman, dan sebagainya.

Hidup Sederhana

Siapa bilang menjadi pengusaha berarti bisa berfoya-foya dan hidup mewah? Jika ini kamu lakukan, maka jangan heran jika kesuksesanmu hanya sementara. Jadi, pastikan kamu lupakan semua keindahan dari menjadi pengusaha, mulai dari mobil mewah, makan mewah, rumah besar, atau segala hal yang menunjukkan kemewahan. Hiduplah dengan pandangan bahwa kamu adalah pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Sehingga, kamu akan lebih menikmati proses menuju sukses dan apa yang diimpikan akan datang pada saatnya nanti.

Belajar dari Kegagalan

Tidak ada pengusaha yang langsung sukses, pasti mereka pernah sesekali mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis. Namun, mereka tidak pernah menyerah dan memilih untuk bangkit. Nah, jika kamu ingin sukses, maka kamu juga harus siap dan berani menghadapi kegagalan. Karena tidak semua yang direncanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginan.

Jadikan kegagalan yang kamu alami itu sebagai pelajaran dan pengalaman yang akan membantu kamu mempersiapkan diri untuk menjadi orang sukses nantinya. Ketika gagal, jangan putus asa, terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman tersebut.

Tahu Waktunya untuk Berhenti

Berhenti berusaha bukan berarti menyerah, terkadang ada hal-hal yang memaksa kamu untuk berhenti berusaha, jika tidak kamu akan semakin terpuruk. Terkadang, bisnis yang dimulai tidak membawa kepada kesuksesan, melainkan malah membuat kerugian besar yang membuat kamu menjadi terpuruk. Ketika situasi itu datang, maka kamu harus tahu kapan waktunya berhenti. Bersikaplah bijaksana dan peka terhadap keadaan, sehingga kamu akan terhindar dari keterpurukan.

Nah, itulah beberapa tips dan cara memulai bisnis untuk pemula yang bisa kamu lakukan. Dengan memiliki bisnis, meski kecil-kecilan kamu bisa menambah penghasilan yang nantinya dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Jika bisnismu masih belum memberikan keuntungan dan kamu membutuhkan sedikit modal tambahan, kamu bisa coba menggunakan aplikasi Kini.id. Dengan aplikasi Kini.id, kamu bisa mendapatkan akses lebih cepat ke gaji bulananmu. Jadi tunggu apalagi? Penuhi kebutuhan darurat kamu dengan aplikasi Kini.id sekarang!