Mengenal Kasbon & Manfaatnya untuk Karyawan di Perusahaan

Sebagai pemilik bisnis atau pihak manajemen di sebuah perusahaan, pasti kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah kasbon? Biasanya, kasbon ini sering dilakukan karyawan di tengah bulan dengan alasan sudah tidak ada uang untuk keperluan dadakan. Misalnya saja untuk pergi berobat, bayar tagihan, hingga uang transport untuk ke tempat kerja.

Kasbon inilah yang sering jadi salah satu solusi karyawan yang ingin mengajukan pinjaman dengan jumlah kecil dengan mudah dan cepat. Selain bermanfaat bagi karyawan, memberikan kasbon ke karyawan juga bisa menjadi salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Namun, hal ini terkadang juga menjadi beban perusahaan, di mana perusahaan harus mengeluarkan uang sebelum tanggal semestinya.

Nah, pada artikel ini, mari kita bahas serba-serbi kasbon mulai dari manfaatnya untuk bisnis hingga penyebab karyawan mengajukannya.

1. Biaya Pendidikan

Biaya sekolah menjadi salah satu kebutuhan mendesak bagi karyawan, misalnya untuk membeli buku, kegiatan ekstrakurikuler, study tour, dan biaya tidak terduga lainnya. Apalagi jika karyawan tersebut memiliki gaji yang pas-pasan. 

2. Biaya Pengobatan

Banyak orang yang tidak memiliki dana darurat, bahkan untuk biaya pengobatan. Padahal, biaya pengobatan merupakan pengeluaran yang tinggi dan tidak terduga. Apalagi jika harus dirawat dalam waktu yang lama. Untuk menghindari bunga yang terus berjalan, benefit inilah yang menjadi solusi karyawan untuk membantu mereka membiayai pengobatan keluarga atau pribadi.

3. Biaya Pernikahan

Biaya pernikahan juga sering menjadi alasan karyawan melakukan kasbon. Biasanya, perusahaan memiliki kebijakan tersendiri untuk menentukan jumlah pinjaman yang diberikan. 

4. Renovasi Rumah

Ada beberapa karyawan yang mungkin akan menghadapi bencana tidak terduga seperti banjir atau kebakaran, sehingga mereka terpaksa meminjam uang ke perusahaan untuk melakukan renovasi rumah.

5. Memperbaiki Kendaraan

Biaya perbaikan kendaraan juga menjadi pengeluaran tidak terduga, sehingga karyawan sering melakukan pinjaman ke perusahaan untuk memperbaikinya.

6.  Kehilangan Kartu Debit Pada Mesin ATM

Beberapa karyawan pasti pernah mengalaminya. Untuk menyambung hari-hari sebelum mengurus pergantian kartu, biasanya karyawan akan melakukan kasbon ke perusahaan dan akan diganti setelah pengurusan kartu selesai.

Manfaat Memberikan Kasbon ke Karyawan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Ada banyak manfaat yang didapatkan perusahaan jika memberikan benefit ini ke karyawan. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah yuk!

1. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Dengan memberikan fasilitas ini, perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang loyal. Secara tidak langsung, karyawan di perusahaan bisa lebih tekun dan rajin bekerja, sehingga bisa membantu perusahaan untuk berkembang.

2. Mengembangkan Produktivitas Karyawan

Melalui fasilitas kasbon, karyawan tidak perlu lagi memikirkan kemana mereka mencari uang untuk kebutuhan darurat. Sehingga mereka bisa lebih fokus bekerja dan dapat mengembangkan produktivitas kinerjanya..

3. Memperbaiki Efisiensi Biaya Pengelolaan Karyawan

Kasbon secara tidak langsung juga dapat mengikat karyawan dan mengurangi turnover karyawan. Hal ini juga memberikan perbaikan efisiensi biaya operasional perusahaan.

Memberikan kasbon ke banyak karyawan tentu akan berdampak pada pengeluaran perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus menekan pengajuan kasbon. Untuk mengurangi pengajuan kasbon yang memberatkan bisnis, sekarang perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi Kini.id. Dengan Kini.id, perusahaan tidak perlu menyiapkan dana untuk kasbon karyawan, namun karyawan tetap bisa mendapatkan uang untuk kebutuhan daruratnya sebelum tanggal gajian.

Karena, dengan Kini.id, karyawan bisa mendapatkan gaji di muka tanpa harus menunggu tanggal gajian. Selain itu, perusahaan juga bisa melakukan pembayaran atas gaji yang diambil karyawan dari aplikasi Kini.id kapan pun sesuai kesepakatan awal, apakah sebelum tanggal gajian, di tanggal gajian atau setelah tanggal gajian. Jadi, tunggu apalagi? Mulai manfaatkan Kini.id dan bantu karyawan kamu memenuhi kebutuhan daruratnya mulai sekarang!