Tidak terasa tahun akan segera berganti. Momen pergantian tahun menjadi momen yang menegangkan bagi perusahaan. Apalagi jika target belum tercapai hingga mulai merencanakan tahun depan dengan strategi baru. Oleh karena itu, akhir tahun ini sering membuat perusahaan sibuk untuk mengatur dan merapikan semua aspek utama dalam perusahaan demi bisa  mengakhiri tahun dengan baik dan memungkinkan untuk membangun dasar yang kokoh dan melakukan peningkatan untuk tahun berikutnya. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan pertimbangan perusahaan di akhir tahun.

Meninjau Kinerja Perusahaan

Momen akhir tahun menjadi waktu yang tepat bagi perusahaan untuk meninjau kembali kinerja perusahaan mulai dari kinerja organisasi, kinerja departemen, hingga kinerja masing-masing karyawan.

Dalam tinjauan kinerja, perusahaan perlu mengevaluasi kinerja keseluruhan, termasuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, menawarkan umpan balik, dan membantu menentukan peningkatan selanjutnya.

Untuk mendapatkan keputusan ini, perusahaan bisa melibatkan satu dari beberapa hal berikut ini:

  • Kemampuan untuk mencapai target dan memenuhi tenggat waktu.
  • Mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan dalam tim dan menemukan solusinya.
  • Mengidentifikasi peran baru yang mungkin perlu dibuat.
  • Kesempatan unik untuk meninjau dan memperbaiki prosedur atau dokumentasi yang sudah ada.
  • Penghargaan bagi pihak yang berprestasi.

Berdasarkan pencapaian di tahun ini, perusahaan juga perlu mengidentifikasi tindakan perbaikan untuk meningkatkan kinerja kedepannya. Perlu juga ditinjau apakah sasaran perusahaan masih relevan dengan kebijakan saat ini, dan apakah bisa terus digunakan di tahun depan? Cobalah antisipasi semua isu internal dan eksternal yang akan berpengaruh kepada kinerja perusahaan di tahun depan.

Evaluasi Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan juga perlu dikelola secara menyeluruh sepanjang tahun dan dipertanggungjawabkan dengan benar dan akurat di akhir tahun. Laporan keuangan akhir tahun (neraca dan laba rugi), laporan pajak, laporan arus kas, dokumentasi penggajian, laporan vendor (jika ada) dan dokumen pendukung lainnya menjadi dokumen utama yang harus dirinci dan dianalisis dengan benar.

Evaluasi keuangan akhir tahun akan membantu perusahaan mengetahui keadaan sesungguhnya  tentang di mana bisnis atau aktivitas perusahaan berada, berdasarkan tinjauan tahun lalu dan rencana kedepannya.

Tinjau Kembali Dokumentasi Perusahaan

Tidak ada perusahaan yang dapat eksis tanpa data dan informasi yang terus  bertambah dan berubah baik secara internal maupun eksternal. Semua file dan data yang dibuat harus disusun dan disimpan dengan benar di lokasi aman. Data tersebut meliputi informasi klien, catatan pertemuan, email, foto dan video, briefing, bahan penelitian dan sebagainya.

Ada dua cara utama yang dapat dilakukan untuk melakukan dokumentasi perusahaan seperti menempatkannya di sistem penyimpanan berbasis cloud (Misalnya, Google Drive, One Drive, dan Dropbox) atau menyimpannya di hard drive eksternal.

Perlu juga untuk meninjau kemutakhiran dokumen yang ada saat ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika meninjau dokumen adalah:

  • Apakah kontak perusahaan perlu direvisi ?
  • Apakah kebutuhan dan harapan pelanggan berubah ?
  • Apalah ada risiko dan peluang baru yang perlu ditambahkan ke dalam risk register yang ada.
  • Cek kembali struktur organisasi, apakah masih sesuai dengan kondisi aktualnya.
  • Apakah tugas & tanggung jawab karyawan masih sama ?
  • Buku induk dokumen atau master list perlu ditinjau kembali untuk memastikan semua dokumen yang digunakan sudah dimuktahirkan.
  • Dan sebagainya

Evaluasi yang Sudah Dipelajari & Tumbuh di Tahun Ini

Perusahaan juga perlu meningkat atau tumbuh secara terus-menerus. Meskipun secara kinerja tidak tercapai, cobalah evaluasi, apakah ada hal lain yang bertumbuh di tahun ini? Misalnya peningkatan skill, penggunaan teknologi baru, penggunaan aplikasi baru, penerapan standar baru, kondisi kantor yang lebih teratur, dokumentasi yang lebih baik, cost saving, inovasi baru, dan sebagainya.

Cobalah catat dan dokumentasikan apa saja yang sudah dicapai, dipelajari, dan tumbuh di tahun ini. Pastikan juga untuk mencatat hal-hal apa saja yang belum dicapai dan nantinya bisa dijadikan di tahun berikutnya.

Tinjau Kembali Kebijakan Perusahaan

Sebelum memasuki perencanaan aktivitas perusahaan di tahun depan, pastikan juga untuk melakukan evaluasi atas pencapaian tujuan perusahaan di akhir tahun ini. Tinjau semua rencana ini yang dilengkapi dengan laporan untuk tahun yang akan berakhir.

Pelajari rencana perusahaan dan dokumen terkait lainnya yang berkaitan dengan tahun bisnis atau aktivitas untuk memberi perusahaan perspektif terperinci dan realistis tentang di mana tepatnya bisnis atau organisasi berada saat ini.

Beberapa pertanyaan yang bisa kamu lakukan ketika meninjau kebijakan perusahaan seperti:

  • Apakah perusahaan mencapai semua yang sudah direncanakan?
  • Jika tidak, mengapa tidak?
  • Bagaimana perusahaan meningkatkan tujuan saat ini?
  • Apa saja tantangan dan pencapaian yang dicapai sepanjang tahun?
  • Berdasarkan refleksi inilah kamu bisa menetapkan tujuan perusahaan masa depan.

Rayakan Pencapaian

Setelah melakukan beberapa tinjauan dan evaluasi seperti yang dijelaskan pada poin di atas, perusahaan juga bisa merayakan pencapaian yang sudah tercapai di tahun ini.

Meski terlihat sepele, kegiatan ini bisa memberikan dorongan besar bagi perusahaan. Sebelum tahun ini habis, luangkan waktu untuk membuat daftar pencapaian perusahaan dan rayakan pencapaian ini bersama karyawan, pemangku kepentingan, pelanggan, dan klien. Ini menjadi cara yang bagus untuk membangun semangat tim, meningkatkan moral dan membuat karyawan tetap terlibat dan siap untuk mengambil tugas untuk tahun mendatang.

Itulah beberapa hal yang bisa diperhatikan dan menjadi pertimbangan perusahaan di akhir tahun. Dengan beberapa pertimbangan tersebut, diharapkan perusahaan bisa dengan mudah menghadapi tahun depan lebih optimal kembali.

Selain itu, cobalah juga pertimbangkan untuk memberikan benefit akses pembayaran gaji instan untuk karyawan. Dengan akses pembayaran gaji instan, perusahaan bisa menunjukkan kepeduliannya terhadap masalah finansial karyawan. Selain itu, karyawan juga bisa dengan mudah mencairkan gaji kapan dan di mana saja tanpa perlu menunggu tanggal gajian.

Untuk memberikan benefit ini tentu perusahaan perlu menyiapkan anggaran tersendiri, namun sekarang tidak perlu lagi. Dengan bantuan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa tetap memberikan benefit akses pembayaran gaji tanpa perlu menyiapkan anggaran perusahaan maupun mengganggu arus kas perusahaan. Jadi, pastikan daftarkan seluruh karyawan ke dalam aplikasi KINI.id mulai hari ini.