5 Pengeluaran Mendadak yang Bisa Menguras Isi Dompetmu

Ketika kita sudah mengatur anggaran keuangan sedemikian rupa, namun terkadang ada beberapa kebutuhan di luar anggaran yang juga perlu kita penuhi. Pengeluaran mendadak ini tidak bisa direncanakan, oleh karena itu, ada baiknya kita mempersiapkan uang untuk keperluan mendadak yang akan diperlukan sewaktu-waktu nanti.

Jika keuangan kita tidak siap menghadapi hal ini, kondisi keuangan kita bisa berantakan. Menurut survei American Express, pengeluaran mendadak dari setiap orang ternyata ada lima kategori, yaitu masalah kendaraan, masalah kesehatan, masalah perbaikan rumah, masalah pendidikan, dan masalah asuransi.

Kelima hal ini ternyata menjadi pengeluaran mendadak yang harus kamu waspadai karena bisa datang menimpa kamu kapan saja. Nah, untuk bisa mengatur pengeluaran mendadak, di bawah ini adalah beberapa solusi yang bisa kamu persiapkan untuk pengeluaran mendadak.

Masalah Kendaraan

Ketika kamu memiliki kendaraan pribadi, baik motor atau mobil, tentu kamu perlu menyiapkan anggaran khusus untuk memenuhi kebutuhan kendaraan tersebut. Mulai dari biaya BBM, parkir, membayar jalan tol, hingga biaya perawatan mobil.

Anggaran ini biasanya sudah bisa kamu hitung-hitung dan estimasikan. Sehingga, ada baiknya kamu bisa mulai masukkan pengeluaran ini ke dalam rencana keuangan kamu setiap bulannya. Sehingga, ketika dibutuhkan nanti, kamu tidak perlu mengambil jatah uang dari keperluan lainnya.

Masalah Kesehatan

Kesehatan menjadi aset paling penting yang harus diperhatikan setiap orang. Namun, sayangnya banyak orang yang masih menomor sekiankan masalah kesehatan. Beberapa orang berpikir bahwa ketika mereka hanya sakit biasa, mereka tidak perlu melakukan pengobatan. Hal ini karena tingginya biaya pengobatan dan juga mereka beranggapan penyakit tersebut bisa sembuh sendiri.

Kenyataannya, setelah menderita penyakit yang cukup parah, barulah mereka menyadari bahwa berinvestasi untuk kesehatan itu tidak ada salahnya. Karena selain bisa membantu biaya pengobatan, mempersiapkan anggaran kesehatan juga bisa membuat kamu lebih tenang dalam melakukan aktivitas.

Renovasi Rumah

Ketika kamu memiliki rumah sendiri, tentu kamu harus bisa merawat rumah tersebut dengan baik. Sayangnya, ada beberapa masalah dalam rumah yang sering terjadi tanpa terduga. Misalnya, bocor karena hujan, air tersumbat, banjir, atau hal lain yang terjadi karena keadaan rumah yang ditinggali tersebut sudah cukup lama. Hal inilah yang terkadang membuat kamu harus mengeluarkan biaya mendadak.

Karena pengeluaran ini tidak bisa diprediksi, maka pastikan kamu memiliki anggaran keuangan yang tepat untuk perbaikan rumah. Cobalah mulai menabung secara rutin khusus untuk anggaran ini.

Biaya Pendidikan

Ketika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, tentu kamu harus mulai berpikir tentang bagaimana biaya pendidikan untuk anak-anak nanti. Apalagi setiap tahunnya biaya pendidikan ini akan mengalami kenaikan. Sehingga kita juga harus mempersiapkan tabungan khusus untuk pendidikan anak.

Kamu bisa coba menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk biaya pendidikan. Kamu bisa ikut mendaftarkan anakmu ke dalam program dana pendidikan anak di beberapa bank atau menginvestasikan uang dalam jangka panjang demi tujuan biaya sekolah. Namun, ada baiknya kamu mempersiapkan dana pendidikan bukan hanya ketika kamu sudah memiliki anak. Namun, di awal pernikahan atau sebelum menikah pun kamu bisa mulai menabung untuk kebutuhan ini.

Biaya Asuransi

Masalah terakhir yang mengharuskan kamu mengeluarkan dana tambahan di luar anggaran adalah masalah asuransi. Mungkin sebelumnya kamu tidak pernah menganggap asuransi itu penting untuk menjamin kehidupan. Sehingga, setelah terjadi hal yang kurang menyenangkan seperti kebakaran rumah, kecelakaan kendaraan, dan hal lainnya, barulah kamu memahami pentingnya asuransi.

Bukan hanya untuk melindungi diri kamu dan aset yang kamu miliki, asuransi juga penting untuk menjaga dan menjamin keuangan kamu. Jangan sampai hanya karena tidak memiliki asuransi, tabunganmu habis hanya untuk memenuhi kebutuhan darurat tersebut.

Itulah beberapa pengeluaran mendadak yang sering diabaikan dan bisa menguras isi dompetmu jika tidak kamu persiapkan dengan matang. Jadi, ada baiknya kamu mulai persiapkan kebutuhan di atas ke dalam anggaran keuanganmu ya.

Nah, bagi kamu yang memiliki pengelaran mendadak namun belum mempersiapkan anggaran keuangannya, kamu bisa coba manfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji di awal untuk memenuhi kebutuhan darurat kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!