7 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang ingin melakukan pensiun dini? Apa kamu juga berharap di masa pensiun nanti kamu sudah bebas secara finansial dan tidak ada lagi utang? Nah, untuk menggapai keinginanmu ini, tentu kamu perlu mempersiapkan dana pensiun. Sehingga, di masa pensiun nanti kamu sudah tidak perlu lagi memikirkan masalah keuangan dan tinggal menikmati masa tua dengan nyaman dan aman secara finansial.

Menabung & Berinvestasi

Mengumpulkan tabungan hari tua dengan rajin berinvestasi secara berkala butuh komitmen jangka panjang. Agar  tetap bisa berinvestasi sesuai rencana, pastikan  kamu menabung secara konsisten. Setidaknya untuk masa pensiun yang nyaman, kamu harus rutin dan konsisten menyisihkan minimal 10% penghasilan. Misanya, pendapatan kamu tahun ini Rp4 juta, maka kamu bisa menyisihkannya minimal Rp400 ribu.

Kemudian, tahun depan pendapatan kamu Rp6 juta, maka kamu bisa menamba dana tabungan kamu. Tidak melulu Rp400 ribu. Namun, kamu bisa menabung minimal Rp2.4 juta. Kenapa? Karena kamu bisa menggunakan anggaran tahun ini dan menyisihkan semuanya ke tabungan. Jika kamu masih menabung 10%, maka hal itu menandakan kamu tidak bisa konsisten mengatur keuangan dan justru meningkatkan gaya hidup dari hasil kenaikan gaji tersebut.

Hindari Utang Konsumtif

Untuk bisa mempersiapkan dana pensiun dengan baik, maka kamu perlu menghindari utang konsumtif dan jaga rasio utang sehat dengan maksimal cicilan adalah 30% dari pendapatan rutin. Bila tanggungan cicilan kamu melebihi angka tersebut, itu berarti keuangan kurang sehat. Selain itu, kurangi utang dan hindari mengambil utang konsumtif yang tidak mendesak seperti utang kartu kredit atau fasilitas pay later.

Miliki Dana Darurat

Pastikan juga kamu memiliki dana darurat yang aman, yaitu minimal 6 kali nilai pengeluaran rutin bulanan. Kamu bisa menabung dana darurat dengan cara menyisihkan minimal 10% dari pendapatan rutin sampai nilai dana darurat memadai.

Dana darurat di sini haruslah berbeda dengan dana tabungan dan investasi ya! Karena dana ini hanya boleh kamu gunakan ketika terjadi hal-hal darurat seperti mengganti ban bocor, memperbaiki rumah yang rusak, dan sebagainya.

Namun, saat ini kamu sudah tidak perlu lagi mengambil dana darurat untuk kebutuhan mendesak. Karena sekarang kamu sudah bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan adanya aplikasi KINI.id inilah kamu bisa dengan mudah mendapatkan akses pembayaran gaji di awal tanpa harus menunggu tanggal gajian. Sehingga, kamu tidak perlu lagi mengambil dana darurat atau mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan darurat.

Mencatat Pengeluaran & Budgeting

Jangan lupa juga untuk mencatat pengeluaran dan melakukan budgeting. Dengan mengetahui ke mana saja uang  digunakan, kamu bisa melihat alokasi pos mana yang paling banyak menyedot pendapatan. Kamu juga akan terbantu menyiapkan strategi tepat saat melakukan budgeting atau perencanaan anggaran rutin tiap bulan.

Pindahkan Dana Pensiun ke Instrumen Rendah Risiko

Jika selama 5-10 tahun sebelum pensiun karakter portofolio dana pensiun kamu cukup agresif, cobalah turunkan menjadi lebih moderat atau konservatif. Kenapa? Karena semakin besar instrumen berisiko tinggi di portofolio, semakin tinggi kemungkinan fluktuasi nilai yang terjadi. Sehingga waktu untuk keluar dan memindahkan dana pensiun ke instrumen yang lebih rendah risiko menjadi penting.

Rencanakan Inflasi di Masa Depan

Setiap tahunnya pasti akan terjadi inflasi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk merencanakan inflasi ke dalam rencana keuanganmu di masa depan. Karena kenaikan harga bisa menggerogoti daya beli dana pensiun yang sudah kamu persiapkan. Jadi, ketika kamu merencanakan dana pensiun, anggap saja harga akan naik. Sehingga, kamu mempersiapkan dana pensiun sesuai dengan estimasi inflasi yang mungkin terjadi di masa depan. Untuk menyiasatinya, kamu juga bisa memanfaatkan instrumen investasi yang tidak terpengaruh inflasi seperti membeli emas, reksa dana, saham, dan sebagainya.

Cari Penghasilan Tambahan

Di masa mudamu saat ini tentu kamu bisa lebih produktif dan melakukan banyak hal. Untuk mempersiapkan pensiun dengan nyaman, maka masa mudamu inilah yang akan menentukan. Kamu bisa coba untuk mencari penghasilan tambahan agar dana pensiun lebih cepat terkumpul. Misalnya saja kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan, atau mencari pekerjaan sampingan. Hindari untuk mengeluh ketika lelah, dan fokuslah pada tujuan utamamu yaitu masa pensiun yang bebas, nyaman, dan tanpa mengkhawatirkan masalah keuangan.

Itulah beberapa langkah mempersiapkan dana pensiun yang bisa kamu ikuti. Dengan mempersiapkan dana pensiun sejak dini, maka akan semakin cepat dana pensiun kamu terkumpul. Selain itu, semakin cepat juga kamu bisa merasakan pensiun dini dan bebas secara finansial.