Ketika sudah berusaha dengan keras untuk mengatur keuangan rumah tangga, ada saja masalah keuangan yang terjadi, baik itu masalah kecil maupun besar. Sebelum kondisi memburuk dan membawa berbagai isu lainnya, kamu bisa mengetahui tanda-tanda dari masalah keuangan tersebut. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah empat tanda keuangan rumah tangga sedang bermasalah yang perlu diwaspadai, di antaranya:

Mengandalkan utang untuk memenuhi kebutuhan

Tanda pertama yang perlu diwaspadai adalah ketika kamu hanya bisa mengandalkan utang untuk memenuhi kebutuhan. Jika sudah seperti itu, artinya keuangan rumah tangga kamu sedang tidak baik.

Pasalnya, memenuhi kebutuhan dengan utang justru menyebabkan kondisi keuangan semakin memburuk. Apalagi, jika kamu nekat meminjam uang ke layanan pinjol. Inisiatif ini akan menyebabkan penghasilanmu habis untuk membayar utang dan membuat kebutuhan lain terganggu.

Solusi, kamu bisa coba hindari penggunaan kartu kredit atau layanan pay later sehingga kamu tidak perlu berutang. Namun kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan darurat dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KIN.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji lebih awal untuk memenuhi kebutuhan darurat tanpa perlu berutang.

Tagihan cicilan utang melebihi batas

Tanda keuangan kedua adalah ketika tagihan cicilan utang telah melebihi batas. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berutang sebaiknya kamu hindari karena dapat menyebabkan kecemasan finansial. Namun, inisiatif ini bisa jadi pilihan terakhir asalkan jumlahnya tidak melebihi batas.

Jika cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya sudah melebihi 30 persen dari pendapatan, maka kamu harus waspada. Sebab, hal tersebut menandakan keuangan rumah tangga sedang bermasalah.

Jika hal ini terjadi, coba diskusikan kembali dengan pasangan, sehingga kamu bisa memperbaiki dan membayar utang agar tagihan per bulan tidak melebihi batas.

Aplikasi kredit ditolak

Ketika membutuhkan dana, kamu bisa mengajukan pinjaman secara langsung ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Namun, sebelum pinjaman diberikan, kamu tentu perlu mengajukan pinjaman dan akan diperiksa terlebih dahulu kondisi keuangannya oleh pihak bank. Apabila aplikasi kredit ditolak, tandanya kamu tidak layak mendapatkan pinjaman karena kondisi keuangan sedang kurang sehat.

Pengeluaran lebih besar daripada penghasilan

Tanda lainnya adalah ketika pengeluaran bulanan lebih besar daripada penghasilan. Dalam hal ini, kamu bisa memeriksa apakah pengeluaran bulanan melebihi pendapatan atau tidak.

Jika melebihi, sudah saatnya kamu mengurangi pengeluaran dengan menghindari hal-hal yang tidak terlalu penting. Misalnya, kamu bisa mengurangi jadwal kegiatan hangout di kafe bersama teman dan mulai menabung untuk hal yang lebih penting.

Itulah beberapa tanda keuangan rumah tangga yang mulai memburuk dan patut kamu waspadai. Pastikan sebelum tanda keuangan tersebut hadir, kamu telah mengelola keuangan dengan baik.