Pentingnya Memberikan Training Karyawan untuk Operasional Bisnis

Karyawan merupakan salah satu aset berharga bagi perusahaan yang harus dikelola dengan baik. Dengan mengelola karyawan dengan baik, maka perusahaan bisa mencapai tujuan bisnis dan mampu untuk terus berkembang. Apalagi jika kualitas kinerja karyawan tersebut baik, maka dapat dipastikan akan berdampak baik juga bagi perusahaan.

Untuk terus berkembang dan mampu bersaing di dunia bisnis, perusahaan harus memiliki SDM yang berkualitas dan kompeten. Oleh karena itu, perusahaan wajib memberikan training karyawan untuk membentuk karyawan dengan kinerja baik bagi perusahaan itu sendiri.

Dengan memberikan training bagi karyawan akan memberikan manfaat bagi karyawan maupun perusahaan. Misalnya, karyawan akan bertambah pengetahuan dan kemampuannya sehingga dapat membantu perusahaan untuk berkembang dan bersaing. Selain itu, pelatihan ini juga bisa menjadi salah satu proses mendidik dan melatih setiap karyawan dari segi sikap dan keterampilannya agar mampu bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

Manfaat Training Karyawan

Banyak perusahaan yang masih belum menetapkan program training karyawan di perusahaan karena masalah keuangan ataupun tidak adanya waktu untuk memberikan pelatihan. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memberikan pelatihan ini seperti:

a. Manfaat bagi Perusahaan

  1. Mempersiapkan tantangan yang akan datang.
  2. Mampu beradaptasi dengan cepat dalam perkembangan teknologi maapun alat-alat baru.
  3. Mampu bersaing dengan pesaing-pesaingnya.
  4. Mampu memberikan produk atau jasa yang berkualitas sehingga akan meningkatkan citra positif perusahaan.
  5. Mempersiapkan karyawan untuk kenaikan jabatan.
  6. Memiliki tenaga kerja yang ahli dan terampil.
  7. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.
  8. Meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang memengaruhi bisnis.
  9. Mengurangi biaya karena waktu yang terbuang akibat kesalahan-kesalahan.
  10. Meningkatkan mutu hasil kerja.
  11. Meningkatkan sales dan profit.

b. Manfaat bagi Karyawan

Bukan hanya bermanfaat bagi perusahaan. Dengan mengikuti training yang diberikan perusahaan, karyawan juga bisa mendapatkan banyak manfaat seperti:

  1. Meningkatkan produktivitas dalam bekerja.
  2. Memahami dan bertanggungjawab dengan pekerjaan yang dimilikinya.
  3. Skill dan sikap karyawan akan menjadi lebih baik.
  4. Karyawan dapat menghindari kesalahan yang akan merugikan perusahaan.
  5. Meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang sesuai pekerjaannya atau bukan.
  6. Mengurangi waktu yang digunakan untuk belajar.
  7. Memahami pekerjaan dan budaya kerja di perusahaan.

c. Manfaat bagi Manajer

  1. Memiliki karyawan yang ahli dan terampil.
  2. Dapat mendelegasikan lebih banyak tugas dan tanggung jawab kepada karyawan.
  3. Terlepas dari hal-hal kecil yang bukan porsinya untuk ditangani.
  4. Tugas dan pekerjaan dapat berjalan lancar kapan pun dan di mana pun
  5. Menunjang kenaikan karir

Tujuan Training Karyawan

Tujuan yang ingin dicapai dari program training karyawan pada dasarnya untuk mendukung kelancaran operasional dan produktivitas perusahaan. Di mana, program ini bisa dilakukan oleh perusahaan itu sendiri secara internal, maupun eksternal seperti mengundang trainer dari luar atau membawa karyawan baru pada pelatihan di luar perusahaan.

Umumnya, training karyawan memiliki 3 (tiga) tujuan yang ingin dicapai perusahaan, yaitu:

1. Ilmu Pengetahuan (Knowledge)

Karyawan yang mengikuti training bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang cukup untuk dapat mengerjakan tugas yang akan diberikan.

2. Kemampuan (Skill)

Parak karyawan diharapkan mampu melakukan tugas saat ditempatkan pada proses yang telah ditentukan.

3. Penentuan Sikap (Attitude)

Setelah melakukan pelatihan kerja, karyawan diharapkan dapat memiliki minat dan kesadaran atas pekerjaan yang akan dilakukannya.

Jenis-Jenis Pelatihan Kerja di Perusahaan

Training kerja dapat dilakukan dalam berbagai macam cara, di bawah ini adalah jenis-jenis training yang bisa diterapkan dalam suatu perusahaan:

1. Job/Technical Training

Pelatihan ini fokus pada pekerjaan atau tugas, serta teknik yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan. Biasanya, pelatihan ini sering diberikan perusahaan ketika karyawan baru mulai bekerja di perusahaan tersebut.

2. Interpersonal and Problem Solving Training

Pelatihan ini lebih berpusat pada cara memecahkan masalah dalam suatu proses produksi. Training ini penting dilakukan untuk membantu karyawan agar bisa lebih fokus dan menyelesaikan masalah yang nantinya akan mereka hadapi ketika mulai bekerja.

3. Developmental and Innovative Training

Pelatihan ini diberikan untuk melatih pengembangan dan inovasi dalam diri karyawan yang membantu operasional perusahaan. Biasanya training ini akan disesuaikan dengan keahlian dan pekerjaan dari karyawan itu sendiri. Misalnya, seorang marketing, maka akan diberikan training social media management atau yang berhubungan dengan proses pekerjaan seorang marketing.

4. Required and Regular Training

Pelatihan ini lebih dikenal dengan pelatihan rutin yang dilakukan perusahaan secara berkala dan bertahap pada kurun waktu tertentu. Training ini merupakan yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan. Misalnya, training mengenai self development atau training mengenai pengelolaan keuangan pribadi.

Dengan memberikan training pengelolaan keuangan pribadi, perusahaan secara tidak langsung bisa menunjukkan kepeduliannya terhadap karyawan. Di mana, dengan memberikan training finansial, perusahaan sudah membantu karyawan untuk bisa mengelola keuangannya, sehingga di kemudian hari akan terhindar dari masalah keuangan.

Selain itu, perusahaan juga bisa mendapatkan keuntungan, misalnya pengurangan pengajuan kasbon karyawan dan berkurangnya jumlah karyawan yang mengajukan pinjaman ke perusahaan. Di mana, jika hal ini tidak bisa ditekan akan mengakibatkan perusahaan mengalami kegagalan bisnis dan arus kas menjadi buruk.

Namun jika sudah diberikan training finansial dan masih banyak karyawan yang mengajukan kasbon, perusahaan tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang ada aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa memberikan gaji di awal kepada seluruh karyawan. Sehingga, bagi karyawan yang membutuhkan dana darurat, karyawan tersebut tidak perlu mengajukan kasbon dan bisa mengambil gajinya di awal dengan jumlah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id untuk bantu penuhi kebutuhan keuangan karyawan perusahaan!