Mau Punya Rumah? Ini 7 Cara Mengumpulkan DP Rumah dengan Tepat

Siapa yang tidak ingin punya rumah sendiri? Setiap orang pasti ingin memiliki rumah sendiri, namun untuk membeli rumah pertama kalinya, kamu perlu langkah keuangan yang besar. Ketika ingin membeli rumah, tentu agak sulit jika kamu ingin membelinya secara cash atau tunai. Solusinya, kamu bisa memiliki rumah dengan membelinya secara kredit, kamu hanya perlu membayarkan DP (down payment) di awal.

Mahalnya harga jual rumah saat ini membuat nominal yang perlu kamu kumpulkan untuk uang muka pun tidaklah kecil. Oleh karena itu, kamu perlu mengumpulkannya perlahan-lahan untuk bisa membeli rumah. Namun, pastikan keputusan untuk membeli rumah tidak menjadi beban keuangan, karena  membeli rumah secara kredit tidak selesai di uang muka, kamu juga perlu menghitung jumlah cicilan KPR yang ditanggung per bulan. Biasanya, DP besar akan membantu meringankan cicilan KPR.

Nah, bagi kamu yang berencana beli rumah, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan uang DP yang cukup besar agar beban cicilan per bulan lebih ringan.

Tentukan target DP rumah

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan target uang muka (DP) rumah yang ingin ditabung. Biasanya, kamu perlu mengumpulkan DP minimal 20% dari harga rumah yang ingin kamu beli, namun tergantung bank penyedia KPR dan jenis pinjaman yang dipilih. 

Selain mempersiapkan DP, pastikan juga kamu memasukkan anggaran untuk biaya lainnya misalnya biaya akad kredit, biaya sertifikat, biaya provisi, dan masih banyak lagi.

Buat tabungan bulanan 

Jumlah DP rumah bisa bernilai belasan hingga puluhan juta, sehingga penting bagi kamu untuk menabung secara rutin. Kamu perlu membuat tabungan bulanan dengan tujuan khusus.

Untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak yang sebenarnya dapat kamu hemat setiap bulan, cobalah mulai dengan membuat anggaran. Budgeting yang tepat akan membantu kamu mengidentifikasi berapa banyak arus kas ekstra yang kamu miliki di akhir bulan. 

Misalnya, target uang muka yang dibutuhkan sebesar Rp100 juta, dan kamu ingin mencapai tujuan tersebut dalam 2 tahun. Maka, jumlah yang harus ditabung sekitar Rp4 juta per bulan. Pastikan dana tersebut cukup dengan jumlah pendapatan dan pengeluaran kamu saat ini.

Masukkan tabungan DP rumah ke dalam budgeting bulanan 

Setelah mengidentifikasi tujuan penghematan bulanan, kamu perlu menambahkan alokasi untuk tabungan uang muka ke dalam anggaran (budgeting) kamu. Ini berarti kamu akan mulai memperlakukan tabungan DP sebagai pengeluaran rutin dan memastikan dana tersebut dibayar setiap bulannya.

Tentukan kapan kamu akan melakukan pembelian rumah 

Waktu merupakan hal penting saat pembelian rumah. Hal itu mengingat seberapa cepat pasar penjual dapat berubah menjadi pasar pembeli. Semakin disiplin kamu mengurangi pengeluaran dan meningkatkan penghasilan, maka semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk menabung Dp rumah.

Untuk memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menabung, cukup bagi target uang muka dengan target tabungan bulanan. Jika ingin mempersingkat waktu yang diperlukan untuk menabung, temukan cara-cara kreatif untuk mengurangi pengeluaran atau cobalah meningkatkan penghasilan untuk menambahkan uang ekstra ke tabungan.

Buka rekening tabungan terpisah

Terkadang meski sudah masuk ke dalam anggaran, tabungan DP rumah seringkali digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyimpan tabungan uang muka rumah ke rekening terpisah.

Tabungan autodebet 

Untuk memastikan bahwa kamu tidak kehabisan dana untuk menabung DP rumah, cobalah manfaatkan fitur transfer tabungan secara otomatis menggunakan metode autodebit ke rekening tabungan DP rumah. Metode autodebet akan memastikan kamu mengumpulkan uang muka tanpa harus diingatkan. Pastikan juga kamu mengatur tanggal autodebit di awal tanggal gajian, sehingga tidak berisiko habis dan gagal dilakukannya autodebit.

Lebih Hemat

Bukan hanya biaya DP rumah, nantinya kamu juga perlu menabung untuk biaya lainnya mulai dari biaya perabotan, dekorasi, dan/atau renovasi rumah, dan sebagainya. Oleh karena itu, cobalah pertimbangkan untuk mengurangi jumlah yang masukkan ke uang muka sehingga kamu dapat menggunakan sisa uang untuk menutupi biaya lainnya.

Itulah beberapa cara yang  bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan uang muka rumah. Agar impianmu memiliki rumah cepat terwujud, pastikan kamu menabung uang muka rumah dengan rutin. Jika suatu saat nanti kamu tidak bisa menabung DP rumah karena kondisi darurat, jangan panik! Karena kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji secara fleksibel yang nantinya bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan daruratmu. Dengan begitu dana untuk menabung DP rumah tidak akan terganggu dan impianmu memiliki rumah pun bisa lebih cepat terlaksana dan tepat waktu.