Tips Mengatur THR untuk Liburan Setelah Lebaran!

Mau liburan setelah lebaran dengan uang THR? Tentu bisa asalkan kamu bisa mengatur THR untuk liburan dengan bijak. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengelola THR dengan bijak agar THR mu tersisa dan bisa digunakan untuk liburan setelah lebaran. Penasaran? Simak beberapa tips mengatur THR demi biaya liburan di bawah ini yuk!

Tahan diri untuk tidak beli gadget atau baju

Jika kamu berencana untuk menggunakan THR untuk berlibur, cobalah pikir dua kali sebelum menghabiskan THR untuk beli baju lebaran atau gadget baru. Menggunakan baju lebaran tahun lalu pun tidak masalah dan bisa kamu lakukan agar impian liburanmu terwujud. Selain itu, jika gadgetmu masih layak pakai, pastikan untuk tidak membeli dan tergiur untuk beli gadget baru, sehingga dananya pun bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan liburan.

Siapkan THR untuk mudik sambil wisata

Jika kamu punya rencana untuk mudik menggunakan mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan perjalanan panjangmu sambil beristirahat di tengah jalan. Momen istirahat inilah bisa kamu gunakan sambil berwisata atau berlibur, sehingga mudik dan liburanmu bisa searah.

Baca Juga: 6 Tips Nabung Akhir Tahun untuk Persiapkan Dana Liburan

Misalnya, jika kamu lewat jalur Pantura, kamu bisa melipir dulu ke pantai menikmati suasana. Sedangkan jika lewat jalur tengah, ada beberapa spot istirahat di hutan wisata, candi atau objek wisata sejarah lainnya.

Wisata di kampung halaman

Ketika kamu mudik ke kampung halaman, pastikan kamu tidak hanya berdiam diri di rumah atau ke rumah sanak saudara. Cobalah untuk mencari tau spot wisata di sekitar kampung halamanmu.

Momen ini juga bisa kamu gunakan untuk liburan bersama keluarga, misalnya mengajak para keponakan ke tempat wisata sambil makan di tempat wisata kuliner baru. Atau, patungan bareng sepupu lain sewa kapal keliling danau atau pantai.

Borong oleh-oleh saat mudik Lebaran

Dari pada belanja baju atau gadget, ada baiknya jika THR mu digunakan untuk membeli  sesuatu yang menarik saat mudik lebaran. Mungkin di kampung halaman ada oleh-oleh makanan khas yang lezat. Kamu bisa borong untuk dimakan sendiri atau bersama teman-teman sekantor.

Bisa jadi di kampung halaman ada barang-barang unik seperti batik, kain tenun atau barang-barang dekorasi yang menarik. Pakailah THR untuk belanja barang dan makanan yang kamu senangi.

Itulah beberapa tips mengatur THR untuk liburan yang bisa kamu lakukan. Nah jika dana THR mu kurang untuk berlibur, cobalah untuk memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji lebih awal sesuai dengan jumlah yang kamu inginkan dengan maksimal hari kerja yang sudah kamu selesaikan.