Sebentar lagi akhir tahun, pasti kamu sudah punya rencana bukan untuk bisa berlibur? Selain bisa melepas penat dan mengisi energi, berlibur juga bisa memberikan pengalaman menyenangkan bagi kamu. Namun, kegiatan berlubur di akhir tahun menjadi momen yang juga menyita banyak biaya. Di mana, di momen ini banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk berlibur, sehingga membuat banyak wisata yang menaikkan harganya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mulai nabung akhir tahun agar momen traveling yang kamu impikan bisa jadi kenyataan.

Untuk membantu kamu mengumpulkkan dana liburan akhir tahun, di bawah ini adalah beberapa tips nabung akhir tahun yang bisa kamu terapkan. 

Tentukan Tujuan dan Buat Anggaran Biaya Traveling

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan terlebih dulu ke mana tujuan traveling kamu bersama keluarga atau teman. Cobalah membuat daftar tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi dan prioritaskan salah satunya. Kamu juga perlu menentukan waktu rencana keberangkatan agar bisa mempersiapkan dana dengan lebih maksimal.

Setelah itu, coba juga untuk  membuat itinerary lengkap untuk memperjelas aktivitas apa saja yang akan dilakukan selama berlibur. Tak hanya sebagai panduan, ini juga akan membantu kamu membuat rincian anggaran biaya traveling.

Setelah membuat itinerary lengkap, cobalah buat anggaran dengan rinci, mulai  dari biaya transportasi, akomodasi, pembuatan visa, makan, dan sebagainya. Pastikan juga untuk mempersiapkan dana lebih sebagai cadangan mengantisipasi hal-hal tidak terduga ketika berlibur.

Dari anggaran inilah, kamu bisa mengetahui estimasi  biaya traveling yang dibutuhkan.  Kamu juga bisa menargetkan berapa uang yang harus disisihkan tiap minggu atau bulan agar target tabungan traveling bisa segera tercapai.

Buat Tabungan atau Rekening Khusus

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah membuat tabungan khusus untuk dana berlibur. Hal ini penting untuk mempersiapkan dana berlibur tanpa harus mencampur dengan tabungan lain, atau bahkan dengan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Banyak pengalaman yang telah membuktikan bahwa ketika mencampur dana traveling dalam satu rekening, ini akan rentan tepakai untuk kebutuhan lain. Kamu  pun dengan mudah terdistraksi sehingga tidak mampu mengontrol dana tabungan. 

Konsisten Menabung dengan Mengurangi Pengeluaran Tidak Penting

Setelah memiliki tabungan khusus untuk berlibur, kamu tentu harus konsisten untuk menabung dan cobalah mengurangi pengeluaran tidak penting agar tujuan travelingmu cepat tercapai. Kamu bisa coba mengurangi kebiasan kurang penting yang sering mengambil banyak pengeluaran seperti kebiasaan merokok, nongkrong di kafe, nonton bioskop, shopping, dan sebagainya.

Selain mengurangi pengeluaran, kamu juga perlu cerdas memilah-milih mana kebutuhan dan keinginan. Utamakan untuk memprioritaskan kebutuhan terlebih dulu, khususnya yang tergolong primer. Selebihnya, untuk hasrat atau keinginan sebisa mungkin bisa ditekan.

Kemudian, bulatkan tekad dan bangun kebiasaan menabung. Misalnya dengan menentukan terlebih dulu berapa target bulanan yang harus dicapai. Atau, bisa juga dengan target harian, misalnya per hari harus menabung Rp20ribu atau Rp50ribu. Yang terpenting, lakukan kebiasaan nabung secara konsisten agar target bisa segera tercapai dan kamu pun bisa pergi traveling.

Sisihkan dari Gaji dengan Melakukan Otomatisasi

Demi mewujudkan keinginan traveling, Kamu juga harus rela menyisihkan sebagian dari gaji setiap bulannya untuk ditabung. Nah, agar bisa konsisten, kamu bisa melakukan otomatisasi tabungan agar di setiap awal bulan gaji kamu terpotong otomatis. Cara ini terbilang efektif dan cocok bagi kamu yang tidak bisa mengontrol keuangan. Dengan pengaturan tabungan otomatis, kamu tidak akan lupa menabung dan bisa menghindari gaji habis untuk pengeluaran tidak penting. 

Jadikan Hobi sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Semakin jauh lokasi travel yang ingin kamu kinjungi, maka kamu butuh biaya yang lebih besar. Sehingga, kamu tentu perlu menyediakan anggaran yang juga besar. Oleh karena itu, kamu tidak hanya bisa mengandalkan gaji untuk menabung. Kamu bisa coba mencari sumber penghasilan lain yang bisa membantu mengisi tabungan agar tujuan segera tercapai.

Misalnya dengan membuat bisnis kecil-kecilan sebagai usaha sampingan yang dapat menambah penghasilan. Atau jika kamu memiliki keterampilan lebih kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah penghasilan seperti keahlian tulis-menulis, fotografi, dan desai.

Tidak hanya itu, pada dasarnya hobi traveling pun bisa mendatangkan pundi-pundi uang jika bisa dikelola dengan baik. Misalnya, kamu bisa menjadi blogger atau YouTuber dengan sering membagikan tips, pengalaman, dan seluk-beluk traveling yang dilakukan. Sehingga, kamu bisa berlibur sekaligus mendapatkan penghasilan dari sana.

Apalagi jika kamu memiliki banyak followers, bukan tidak mungkin pula jika nantinya bisa menerima tawaran endorsement dari berbagai pihak yang terkait dengan dunia traveling. Entah itu dari pihak hotel, restoran/kuliner, pengelola tempat wisata, brand perlengkapan traveling, atau lainnya. Jadi, kamu bisa traveling gratis dan mendapatkan penghasilan secara bersamaan.

Jual Barang yang Tidak Terpakai

Bagi kamu yang memiliki banyak barang yang sudah tidak lagi terpakai dan masih layak pakai, tidak ada salahnya jika itu dijual. Daripada barang tersebut berserakan di rumah, akan lebih baik jika dimanfaatkan untuk  menghasilkan uang. Kemudian nantinya hasil penjualan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau dimasukkan dalam tabungan traveling.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjual barang bekas, misalnya dengan memasarkan melalui media sosial atau bisa juga melalui situs jual beli online atau marketplace.

Itulah beberapa tips nabung di akhir tahun yang bisa kamu lakukan untuk bisa mencapai tujuan travel kamu di akhir tahun ini. Nah, kira-kira cara mana yang paling tepat kamu lakukan? Nah, jika kamu sudah kepepet dan ingin segera traveling di akhir tahun, namun tabungannya belum cukup, jangan berutang ya. Pastikan kamu memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji secara instan tanpa perlu menunggu tanggal gajian.