Setelah setahun penuh karyawan bekerja, tidak ada salahnya perusahaan memberikan hadiah karyawan berupa outing karyawan. Dengan mengadakan program outing, maka akan membantu meningkatkan performa karyawan, sekaligus membantu mereka me-refresh kembali tubuh dan mentalnya dari banyaknya pekerjaan. 

Outing ini bisa jadi salah satu cara seru yang membantu karyawan bersenang-senang sekaligus memberikan pelatihan yang dibungkus dengan cara yang menyenangkan. Lalu apa saja sebenarnya manfaat outing bagi karyawan dan perusahaan?

Mempererat hubungan karyawan

Outing bukan hanya sekadar untuk bermain dan bercanda. Jika dilakukan dengan tepat, outing juga bisa menjadi momen strategis untuk wadah team-building dan team-bonding karyawan. Saat menyelesaikan permainan atau bersantai ketika outing, karyawan bisa menjalin komunikasi lebih baik serta saling mengenal satu sama lain lebih mendalam.

Ketika outing kantor, tunjukkan juga bahwa perusahaan peduli dengan karyawannya, dengan memberikan kesempatan berdiskusi mengenai sumber stres atau masalah yang dihadapi di kantor. Dengan mendekatkan diri langsung ke karyawan, maka nantinya perusahaan bisa lebih mudah mengetahui apa saja yang sebenarnya dialami karyawan. Sehingga, perusahaan pun bisa menyiapkan strategi dan solusi yang tepat untuk membantu karyawan.

Namun, untuk meminta karyawan membuka diri, pastikan perusahaan melakukannya tanpa tekanan dan paksaan. Pastikan juga karyawan merasa nyaman ketika melakukan outing. Dengan kenyamanan inilah karyawan bisa lebih mudah membuka diri kepada perusahaan yang nantinya pun akan berdampak pada produktivitas dan perkembangan perusahaan.

Memotivasi karyawan untuk mencapai satu tujuan

Salah satu kegiatan yang bisa dibuat perusahaan untuk para karyawan saat outing adalah  memberikan kesempatan menuangkan ide dalam kelompok. Cobalah bentuk kelompok yang terdiri dari beberapa anggota divisi berbeda di perusahaan, dan berikan mereka kesempatan untuk berdiskusi membuat strategi untuk mencapai satu tujuan.

Tiap divisi biasanya memiliki KPI dan metrik berbeda untuk melaksanakan tugasnya. Hal ini juga bisa membantu karyawan untuk memahami lebih dalam mengenai ritme dan alur kerja divisi lain yang tidak bekerja langsung dengan mereka. Cara ini bisa dibungkus dengan membuat games berhadiah. Sehingga, karyawan akan lebih semangat dalam menjalankan tantangan tersebut.

Mengistirahatkan tubuh dan pikiran

Setelah melalui project besar atau melampaui target tinggi, outing inilah yang menjadi momen tepat untuk para karyawan beristirahat dan refreshing sejenak sebelum harus kembali melahirkan ide-ide brilian di project selanjutnya. Kegiatan outing ini juga yang bisa menjadi momen untuk mengistirahatkan otak agar bisa lebih produktif dan mengembalikan kreativitas.

Dengan tubuh yang kembali fresh, maka kreativitas pun akan lebih mudah didapat. Dibandingkan harus dipaksa berpikir dalam keadaan tubuh dan pikiran yang kurang fit karena beban pekerjaan yang selalu menumpuk dan datang tiada henti.

Menyatukan karyawan

Kantor menjadi salah satu tempat di mana setiap orang di dalamnya memiliki hirarki atau posisi tertentu. Sudah menjadi hal wajar apabila ada batasan-batasan yang perlu diketahui dalam berkomunikasi secara profesional setiap harinya. Terkadang, sedikit kelonggaran diperlukan untuk menjaga kedekatan antar level karyawan.

Nah, ketika momen outing inilah, setiap lapis karyawan berkesempatan untuk berkomunikasi secara terbuka satu sama lain, mulai dari level manager hingga officer. Tidak hanya dalam konteks profesional, kedekatan juga perlu dibangun melalui konteks yang lebih kasual. Misalnya, sambil bermain game atau bercanda gurau atau sambil menikmati suasana makan malam bersama ketika di hotel, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa manfaat dari melakukan outing karyawan. Di akhir tahun inilah menjadi waktu yang tepat jika perusahaan ingin melakukan outing. Tidak perlu ke tempat yang jauh, namun buatlah momen outing menjadi momen yang tidak terlupakan untuk karyawan. Dengan begitu, perusahaan bisa dengan mudah mencapai tujuan dari outing itu sendiri.

Selain memberikan outing karyawan, perusahaan juga perlu mulai memikirkan kesejahteraan keuangan karyawan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan benefit akses gaji instan yang akan membantu karyawan dari masalah keuangan darurat. Pastikan perusahaan memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk berikan benefit akses gaji instan tanpa perlu mengganggu anggaran perusahaan.