Sudah Daftarkan Karyawan ke Asuransi Jiwa? Ini 7 Manfaat yang Bisa Didapat Perusahaan!

Asuransi jiwa merupakan salah satu benefit yang wajib diberikan perusahaan untuk menjamin kesejahteraan karyawan. Dengan menjaga kesejahteraan karyawan, maka secara tidak langsung karyawan dapat merasa bahagia, nyaman, dan akan terus berkontribusi terhadap perusahaan. Sehingga nantinya akan berdampak pada produktivitas bisnis. 

Asuransi jiwa merupakan perlindungan yang diberikan kepada karyawan untuk memproteksi karyawan dari risiko finansial yang akan terjadi di masa akan datang. Lalu, kenapa perusahaan butuh mendaftarkan karyawan ke dalam asuransi jiwa? Apa manfaatnya untuk perusahaan dan karyawan?

Menambah daya tarik perusahaan di mata pencari kerja

Saat ini, mayoritas karyawan di perusahaan adalah generasi milenial dan gen Z yang dikenal dengan tingkat literasi keuangan yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Sehingga, setelah lulus kuliah dan mencari kerja, mereka akan mempertimbangkan gaji dan benefit yang diberikan perusahaan.

Jika perusahaan memberikan benefit asuransi jiwa, ini tentu akan menambah daya tarik calon karyawan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Apalagi, jika jaminan perlindungan tersebut juga mencakup keluarga karyawan. Dengan adanya benefit ini, mereka  tidak perlu khawatir bila sakit, mengalami risiko kecelakaan kerja, atau meninggal, sebab sudah terjamin secara finansial.

Meningkatkan reputasi perusahaan

Ketika perusahaan memiliki reputasi yang baik, tentu para pekerja dan professional akan tertarik bekerja di perusahaan tersebut. Nah, reputasi inilah yang bisa dilakukan dengan cara memperlakukan SDM dengan baik, salah satunya dengan benefit asuransi jiwa untuk karyawan.

Jika perusahaan memberikan benefit tersebut, perusahaan dapat menjaga kualitas karyawan menjadi lebih baik. Hasilnya, produktivitas dan target perusahaan akan tercapai sehingga akan menguntungkan perusahaan. Melalui reputasi yang baik ini juga perusahaan akan terus berkembang dengan baik.

Mempermudah pengelolaan anggaran karyawan

Jika perusahaan memiliki asuransi karyawan, biasanya ia mempercayakan pengelolaan finansial aset karyawan ke perusahaan asuransi. Sehingga, perusahaan tidak perlu repot memikirkan pengelolaan dana karyawannya dan bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih besar. 

Apalagi, pengelolaan anggaran karyawan tersebut biasanya dikerjakan untuk jangka panjang, sehingga membutuhkan karyawan ahli yang konsisten dalam mengelolanya.

Mempercayakan pengelolaan anggaran karyawan dengan membeli asuransi jiwa akan sangat membantu perusahaan. Namun, pastikan perusahaan memilih  perusahaan asuransi jiwa yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dapat meningkatkan loyalitas karyawan

Banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan loyalitas karyawan, salah satunya dengan memberikan asuransi jiwa. Dengan begitu, mereka akan tenang dan nyaman secara psikologis saat bekerja.

Selain itu, karyawan juga bisa menyeimbangkan pendapatannya dan mencapai kesejahteraan hidup. Karyawan akan merasa kondisi keuangannya menjadi lebih stabil atau bisa teratasi jika terjadi risiko yang tidak diinginkan. Misalnya sakit, cacat, atau meninggal dunia.

Oleh sebab itu, karyawan akan berpikir dua kali untuk keluar dari perusahaan dan menjadi lebih loyal kepada perusahaan.

Meningkatkan kesejahteraan perusahaan

Karyawan adalah aset penting yang memengaruhi keberhasilan sebuah bisnis. Tanpa karyawan, perusahaan tidak dapat berjalan optimal. Namun, tidak ada yang menjamin apa yang akan terjadi pada karyawan tersebut. Misalnya saja karyawan sakit atau mengalami musibah, maka perusahaan tidak perlu menguras anggaran perusahaan. Sehingga keuangan perusahaan menjadi lebih stabil dan meningkatkan kesejahteraan perusahaan.

Meningkatkan kualitas kerja karyawan

Asuransi karyawan juga melindungi keamanan ekonomi karyawan. Sehingga, karyawan menjadi lebih bersemangat untuk mencapai target perusahaan dan lebih kreatif dalam mengerjakan pekerjaannya.

Semangat positif ini muncul karena keamanan finansial karyawan tercapai. Oleh sebab itu, karyawan secara sadar bekerja dengan maksimal untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

Mendapatkan karyawan yang berkualitas

Benefit asuransi karyawan yang diberikan ke seluruh karyawan juga akan memperlihatkan terciptanya keadilan di antara sesama karyawan. Dalam kondisi tersebut, karyawan merasa diperlakukan setara dan dapat bekerja dengan maksimal.

Pada proses tersebut, semua karyawan akan terpacu untuk berprestasi dan berkualitas. Tidak hanya pada satu atau dua orang saja tapi seluruh karyawan. Hingga akhirnya, seluruh karyawan akan berusaha menunjukkan prestasi. Prestasi inilah yang akan menunjukkan kualitas baik karyawan, terutama di segi pencapaian target dan hasil kerja.

Nah, itulah beberapa manfaat pemberian asuransi jiwa bagi karyawan sebagai benefit. Namun, ternyata ada banyak lagi benefit karyawan yang bisa diberikan perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan loyalitas karyawan, seperti pemberian akses gaji fleksibel atau gaji instan.

Untuk memberikan benefit gaji instan, perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Di mana, dengan KINI.id, perusahaan tidak perlu repot mengurus anggaran keuangan perusahaan demi memberikan benefit satu ini. Perusahaan hanya perlu membayar gaji yang telah diambil karyawan kepada pihak KINI.id sesuai laporan yang diberikan di akhir periode, kemudian membayarkannya sesuai laporan tersebut. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!